MY ONLINE NOTEPAD

DIGITAL

5 Kesalahan Blogger Pemula Yang Sering Dilakukan

Kesalahan Blogger Pemula

Postingan ini adalah konten berbau curhat sebenarnya, bukan bermaksut untuk menyindir siapapun di luar sana kok dan ini sebenarnya adalah rangkuman dari apa yang saya rasakan dan lakukan selama blog ini berdiri sekitar 2013 dan mulai internetan dari 2001-an.

Buat sebagian orang, ngeblog ini sebenarnya hal yang sudah lama sekali dilakukan, namun buat para pemula yang baru konsen ngeblog rasanya hal hal yang selalu jadi kesalahan blogger pemula ini harus diperhatikan.

5 Kesalahan Blogger Pemula

Di sini saya tidak menyalahkan bagaimana ngeblog itu kudu sesuai SOP atau apa, di artikel di bawah ini saya akan menuliskan kesalahan blogger pemula yang biasa sekali terjadi dan dilakukan.

Copas Artikel Punya Orang Lain

Ini adalah kesalahan paling mendasar dari seorang blogger pemula. Jika memang dirasa susah untuk menulis sendiri dan dirasa kurang begitu memiliki kemampuan menulis sendiri ya mendingan stop keinginan untuk jadi blogger.

Karena sejatinya menjadi Blogger itu kegiatan mengasah otak dan menulis dengan apa yang ada di otak kamu. Karena kedatangan visitor dari blogging itu ya karena tulisan kita kok.

Padahal banyak tersedia layanan untuk mencari keywords yang bisa kamu jadikan acuan untuk mengembangkan artikel sehingga kamu bisa menulis dengan baik dan gak perlu copas dari artikel orang lain.

Hanya Ingin Mendapatkan Uang dari Blogging

Tidak ada yang salah sebenarnya jika kamu ingin mendapatkan uang dari blogging, karena dari blogging itu juga salah satu cara mendapatkan uang dari internet kok. Tapi ya, akhirnya ini juga jadi kesalahan blogger pemula.

Jadi saat kamu hanya mengejar uang dari blogging, kamu lupa bahwa ngeblog ini butuh proses yang cukup lama sehingga kamu bisa dilirik oleh brand atau blog kamu bisa mendapatkan penghasilan  dari Google Adsense, lalu pemilik blog itu melakukan kesalahan pertamanya yaitu copas artikel dari orang lain!

Hanya Memikirkan Hal Teknis

Ummm. Ini sebenarnya jadi hal yang khas banget dari kesalahan blogger pemula. Hal-hal teknis yang saya maksut adalah: memilih server atau hosting terbaik, theme, page speed, plugin dll secara terus menerus.

Memang secara teknis, blog dengan loading cepat dan tampilan baik akan menjadi blog ‘kesayangan’ dari Google, tapi alangkah baiknya buat blogger pemula hal ini jangan dulu deh dipikirin, konsen di menulis saja dulu.

Terserah nanti kontenmu mau gado-gado, soto, sate, bakso atau campur campur  bebas! Yang penting nulis dulu, nanti juga ketahuan kok selera dari penulis dan pengunjung seperti apa.

Tidak Ada Traffic Lalu Malas nge-Blog

Ya, ini adalah kesalahan blogger pemula yang selalu jadi masalah terbesar. Konsistensi menulis. Saya sebenarnya merasakan ini kok, belum lama ini konten blog saya bisa dibilang hanya 1-2 bulan sekali 1 postingan, tapi setelah saya pikir-pikir, kenapa juga saya sampe beli VPS hanya untuk postingan yang 1-2 bulan sekali ini. Saya rugi dong. Akhirnya saya putuskan untuk setidaknya 1 hari 1 postingan. Bebas tentang apa saja. Yang penting konten selalu ada. Perkara traffic sepi, bodo amat.

Hanya Ingin Hal Instan Saja

Nah ini, juga hal yang selalu jadi kesalahan buat blogger pemula. Semua serba pengen instan. Pengen instan berada di page 1 lah dll. Sedangkan blog juga bisa dibilang umurnya muda, memang bisa blog umur muda akan berada di nomer 1 tapi butuh usaha yang sangat amat amat amattttt extra untuk berada di page 1 Google. Kamu harus sabar pokoknya. Google akan memberikan traffic atau peringkat jika artikel atau blog kamu sudah sesuai dengan keinginan Google.

Kesimpulan

Di atas adalah sedikit curhatan saya saat saya memulai menulis dan memiliki domain sendiri untuk ngeblog. Jaman dulu sih saya sering melakukan hal hal yang di atas itu semua, namun berjalannya waktu saya paham semua usaha itu memang butuh proses, jika tidak bisa belajar dari kesalahan maka kita tidak akan bisa jadi lebih baik. Happy Blogging ya!

Leave a Reply