Blog Digital Marketing

DIGITAL MARKETING

Cara Jualan di Instagram Supaya Laku Untuk Pemula

cara jualan di instagram

Cara jualan di instagram  saat ini sudah menjadi hal yang biasa di era digital saat ini. Dulu instagram saat dibuat hanya sebagai tempat berbagi foto saja. Namun dengan berjalannya perkembangan teknologi semua berubah.

Facebook yang akhirnya menjadi ‘pemilik’ dari Instagram tampaknya tahu peluang di mana pengguna sudah menggunakan instagram untuk berjualan. Di sini lah para penjual dan pengguna bisa memanfaatkan Instagram sebagai sarana berjualan online.

Ada banyak cara dan strategi untuk berjualan di Instagram. Nah, di artikel kali ini akan membahas bagaimana cara berjualan di Instagram untuk pemula.

Cara Berjualan di Instagram

Berikut tips dan cara berjualan di Instagram Supaya Laku:

Buat Akun Khusus Jualan atau Bisnis

Langkah pertama untuk memulai bisnis di Instagram adalah dengan menggunakan akun khusus berjualan atau akun bisnis. Di sini kamu jangan pernah mencampur dengan akun pesonal kamu.

Langkah selanjutnya adalah memilih nama yang tepat untuk akun jualanmu. Di sini kamu juga harus melihat dulu produk barang atau jasa apa yang kamu jual lewat instagram.

Setelah mengetahui produk barang atau jasa yang kamu akan jual di Instagram, saatnya memilih nama akun instagram untuk jualan. Jika kamu berjualan kopi, maka sebisa mungkin username instagrammu juga ada mengandung kata kunci kopi juga.

Kenapa seperti itu? karena saat orang akan mencari kopi di kolom pencarian Instagram, mereka akan memulai dengan kata atau keywords dari produk tersebut.

Sedikit rahasia: Gunakan kata kunci atau produk yang kamu jual di awal kalimat kemudian disusul dengan nama brand kamu.

Contoh: KopiMasJun, KopiXXX dst.

Setelah kamu buat nama untuk akun bisnis di IG, langkah selanjutnya adalah mengubah akun IGmu menjadi akun IG untuk bisnis. Kenapa menggunakan IG untuk bisnis? Karena kamu akan bisa menggunakan fitur yang lengkap dari IG yaitu fitur iklan.

Berikut cara membuat instagram bisnis:

  • Masuk ke profile kamu
  • Cari  pengaturan > Account > ubah ke Business Account
  • Pilih jenis bisnis yang sesuai dengan kamu.
  • Buat akun FB Page.
Baca Juga:  Cara Menulis Artikel SEO Mudah Buat Blogger Pemula

Di atas adalah cara setting instagram bisnis. Disarankan nanti kamu akan membuat FB Page juga, tapi jika tidak, tidak ada masalah. Namun saya secara personal akan menyarankan untuk membuat FB Page karena terkait dengan fitur setting iklan di dalamnya yang lebih komplit dari IG. Nanti saya akan bahas terkait jualan di FB di artikel selanjutnya.

Buat Profile yang Lengkap

Setelah menemukan nama yang tepat untuk akun Instagram, maka langkah selanjutnya adalah buat profile instagram yang lengkap. Profile yang lengkap akan memudahkan calon konsumen untuk mencari informasi terkait produk barang atau jasa yang kamu tawarkan ke mereka.

Isi Profil lengkap untuk Instagram adalah:

  • Buat avatar atau DP menarik
  • Kontak email
  • Website/Link Toko Online
  • Contact Person
  • Directions atau arah toko offline

Profil instagram itu juga jadi hal yang kamu perhatikan sebagai cara jualan di Instagram, karena profile Instagram juga cerminan dari ‘muka’ atau halaman depan toko online kamu.

Upload Foto Jualan

Setelah kamu membuat akun bisnis dan melengkapi profile dari IGmu, nah, saatnya kamu upload foto jualanmu.

Foto atau design dari  jualan adalah cara terbaik untuk menarik konsumen agar mau follow/mengikuti akun IGmu. Perlu kamu ingat, Instagram adalah platform yang mengandalkan visual sebagai inti dari platform mereka.

Jadi, sebisa mungkin kamu buat konten foto, video atau design semenarik mungkin. Kemudian kamu bisa memikirkan captions yang ada dalam konten yang kamu upload tersebut.

Ada banyak aplikasi untuk membantu kamu berjualan di Instagram. Untuk design, kamu bisa menggunakan Canva, untuk video kamu bisa memilih banyak aplikasi video editor untuk kamu gunakan.

Seperti yang saya jelaskan di atas, bahwa Instagram adalah platform media, jadi design, video, foto adalah sebagai hal yang diperhatikan. Tentu captions juga kamu pikirkan juga.

Berikut cara membuat diskirpsi Instagram yang baik:

  • Jelaskan diskripsi dari produk
  • Harga
  • Keuntungan
  • Cara membayar
  • Nomor yang bisa dihubungi

Ada kecenderungan orang +62 ini males untuk membaca captions atau diskripsi memang, tapi gak ada masalah, kamu bisa menambahkan diskripsi harga dan kontak lewat design yang kamu upload.

Tentukan Jadwal Posting

Setelah lengkap, maka kamu harus menentukan jadwal posting yang tepat untuk produk barang atau jasa yang kamu jual di IG. Kamu bisa menentukan jadwal posting dari melihat insight akun IG Bisnismu.

Baca Juga:  Cara Mendapatkan Uang Dari Sosial Media Untuk Pemula

Setelah jadwal sudah diketahui, maka kamu bisa upload secara rutin konten yang kamu ingin upload. Tentu dengan design yang rapi agar feed di IG terlihat rapi.

Ada banyak alat design online atau gambar online gratis :

Pilih Hashtag yang Tepat

Nah, ini juga jadi hal yang kamu harus pelajari juga lho. Di dalam Instagram untuk mencari sesuatu kamu akan menggunakan hashtag atau tagar. Di situ kamu disarankan untuk menggunakan tagar yang tepat agar orang bisa mencari dan menemukan produk atau jasa yang kamu jual.

Cara membuat hashtag jualan di Instagram yang tepat:

  • Buat hashtag khusus untuk brand kamu.
  • Cari hashtag populer
  • Buat hashtag turunan dari hashtag populer
  • Buat hashtag dari yang ada di sekitar konten.

Gunakan Influencer atau Paid Promote

Cara banjir orderan di Instagram itu juga ada banyak caranya kok. Setelah dirasa kamu sudah melakukan postingan sebanyak 30 kali dengan cara di atas tapi belum ada hasil dari penjualan maka kamu bisa menggunakan influencer atau paid promote.

Memilih influencer juga harus kamu ketahui, jangan asal memilih influencer/endorser yang tidak sesuai dengan produk barang jualanmu. Nanti akan tidak tepat sasaran kan malah repot~

Cara memilih endorser untuk produk Instagram:

  • Lihat akunnya.
  • Cek postingan apakah sesuai dengan produk kamu.
  • Lihat jumlah komen, like-nya.
  • Cek kolom komentar.
  • Cek user yang komen dan like.
  • DM akun tersebut jika dirasa cocok.

Jika kamu sudah tau endorser atau influencer itu sesuai dengan produk barang atau jasa yang kamu sedang jual, maka, gunakan saja. Namun jika biaya-nya dirasa masih terlalu tinggi, kamu bisa menggunakan iklan di IG sendiri.

Buat Promo Produk

Promo produk juga jadi andalan jika ingin closing di instagram, di samping itu kamu juga bisa menggunakan promo produk itu untuk meningkatkan followers di IG kamu.

Contoh: Beli #kopimasjun 1 kilo dapat free 250gr kopi atau free ongkir

atau dengan cara give away produk. Ini sih yang lagi ngetrend di kalangan digital marketers untuk meningkatkan penjualannya.

Contoh: Give away #kopimasjun 1 kilo. Caranya: Follow akun > Like > Share dan mentions 3 teman kamu.

Baca Juga:  Mengukur Kompetitor Bisnis Online Lewat Sosial Media Analitik

Nah, di atas bisa jadi cara jualan yang kamu bisa gunakan nih di akun instagram kamu.

Soft Selling

Teknik soft selling ini salah satu cara penting jualan di Instagram. Pengguna atau followersmu gak ingin kalau feed atau timeline mereka berisi dengan jualan terooos! nah, soft selling ini jadi cara untuk menarik konsumen juga.

Contoh soft selling di Instagram:

  • Gunakan cerita lain tentang produk kamu
  • Berikan quotes terkait dengan produk kamu.
  • Buat design jokes, meme yang terkait dengan produk kamu.
  • Dst

Cara di atas adalah cara soft selling, di mana akunmu akan mendapatkan interaksi yang tinggi, dengan fitur instastory juga bisa kamu gunakan untuk mendapatkan penjualan dengan teknik soft selling.

Bagikan Testimoni

Jualan online adalah jualan yang menyangkut kepercayaan antara penjual dan pembeli di mana penjual dan pembeli tidak pernah atau saling bertatap muka. Di sini testimoni adalah cara terbaik untuk mendapatkan kepercayaan.

So, kamu harus membuat Instastory tersendiri terkait dengan testimoni atau video  atau konten di feed terkait testimoni barang atau jasa yang sudah pernah digunakan orang lain.

Tapi perlu diingat bahwa buatlah secukupnya saja jika ingin membagikan Instastory atau postingan di feed terkait testimoni. Jangan berlebihan, nanti followers-mu akan risih dan males liatnya.

Kesimpulan

Dari tips dan cara jualan di Instagram di atas bisa kamu lakukan buat kamu yang baru masuk dan belajar menggunakan instagram sebagai sarana mencari uang di internet.

Tentu ada banyak riset dan cara yang tepat agar jualan kamu jadi yang paling laku di Instagram. Pengalaman jualan di Instagram juga bisa kamu bagikan kepada followers kamu juga agar bisnis onlinemu jadi bisnis yang terpercaya.

Jika ingin jualan di instagram dan kamu ingin menggunakan Jasa sosial media marketing instagram di Jawa Tengah, Semarang, Jogja dan sekitarnya kamu bisa menghubungi email yang ada di profile ya.

Leave a Reply