Blog Digital Marketing

DIGITAL MARKETING

Cara Mendapatkan Uang Dari Blog Untuk Pemula

Agar Blog Menghasilkan Uang

Mendapatkan uang dari blog itu ada banyak caranya, tentunya dengan strategi dan ide yang blog yang harus kamu persiapkan terlebih dahulu supaya tulisan kamu bisa dibaca banyak orang yang kemudian blog kamu bisa mendapatkan uang.

Artikel masjun.com kali ini akan membahas cara mendapatkan uang dari blog untuk pemula. Tidak akan membahas secara teknisnya, hanya akan memberikan tips saja untuk blogger pemula yang mulai serius mencari dan mendapatkan uang dari blog.

Sebelum membahas tentang cari uang di blog, ada beberapa hal yang perlu kamu persiapkan terlebih dahulu.

Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Membuat Blog

Nah, ada beberapa  hal yang kamu harus pesiapkan sebelum mencari uang di blog atau mendapatkan uang dari blog. Berikut hal yang harus dipersiapkan sebelum kamu membuat blog.

Yang harus dipersiapkan sebelum membuat blog sebagai berikut:

Tentukan Platform

Di dalam blog ada 2 platform favorit para blogger. Platform tersebut adalah WordPress dan Blogspot.

Kebetulan platform yang saya gunakan adalah platform WordPress. Ada perbedaan WordPress dan Blogspot. Nah, ini dulu yang harus kamu siapkan sebelum membuat blog.

Kenapa penentuan platform ini penting? Karena terkait dengan settingan yang akan kamu gunakan.

Blogspot dan WordPress memiliki karakter yang berbeda. Tentu dengan perbedaan antara Blogspot dan WordPress, pengguna juga harus membiasakan diri.

Jika kamu lama sebagai pengguna Blogspot lalu pindah ke WordPress, kamu akan merasa kesulitan begitu juga sebaliknya.

Untuk saran saya, sekarang trend pengguna WordPress lebih banyak dari Blogspot. Jika kamu belum terlanjut untuk menggunakan Blogspot sebagai media platform konten blog. Saya sarankan untuk membuat blog dari WordPress.

Baca Juga:  Cara Cepat Untuk Menjadi Blogger Sukses

Namun jika sudah menggunakan Blogspot sebagai media menulis konten, gapapa dilanjut saja. Itu juga baik kok.

Pilih Domain Yang Tepat

Setelah menentukan platform untuk blog kamu, saatnya kamu mencari nama domain yang tepat untuk web blog kamu.

Memilih nama domain yang tepat dan baik adalah salah satu kunci untuk memudahkan pencarian sehingga pengunjung blog akan datang ke web blog kamu.

Menggunakan nama domain yang baik juga jadi salah satu cara menuju mendapatkan uang dari blog. Ingat, nama yang sesuai dengan tema konten blog adalah yang terbaik.

Jangan kamu asal membuat nama yang tidak sesuai dengan niche atau tema blog kamu.  Nanti akan membuat kesan tidak serius atau nanti akan dibatin “bener ndak sih ini domainnya?”

 

Memilih Hosting yang Terbaik

Setelah mendapatkan nama domain, alangkah baiknya segera mencari hosting terbaik untuk domain web blog kamu.

Ada banyak hosting terbaik dan murah yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Tinggal kamu memilih saja sesuai dengan budget yang kamu miliki.

Cara memilih hosting yang baik:

  • Cek atau cari informasi terkait penjual hosting tersebut.
  • Pastikan pembayaran yang mudah.
  • Customer Service yang baik.
  • Paket sesuai dengan harga.
  • Bandingkan dengan jasa yang lain.

 

Pilih Design Tampilan Blog

Design blog atau themes itu harus segera ditentukan, pastinya disesuaikan dengan selera dan target dari website kamu.

Ada banyak situs untuk menampilkan design themes website WordPress. Saya merekomendasikan Theme Forest sebagai tempat mencari theme WordPress terbaik.

Tentukan Tema Konten Blog

Setelah domain dan hosting sudah ditentukan dan design website sudah ditentukan, maka ini adalah hal yang terpenting. Yaitu menentukan tema konten blog.

Tema konten blog terbaik adalah hal yang harus dipikirkan, dikarenakan kunci kesuksesan dalam blogging adalah tema dan konten blog agar blog banyak pengunjungnya dan bisa mendapatkan uang dari blog.

Berikut cara memilih theme atau tema blog kamu:

  • Pilih yang mobile friendly
  • Harga yang sesuai
  • Tema yang responsif
  • Support kepada mobile browser
  • Speed loading baik
  • SEO Friendly
  • Keamanan
  • Developer terpercaya
Baca Juga:  Kesalahan Digital Marketing yang Perlu Kamu Hindari

Konsisten Membuat Konten

Kunci sukses agar blog banyak pengunjung selain tema konten yang baik tentunya adalah terus membuat konten.

Konten yang selalu dibuat secara konsisten akan memberikan traffic atau visitor untuk blog kamu. Yang tentunya pengunjung akan banyak datang.

Cara menulis konten blog yang menarik dan berkualitas juga perlu kamu perhatikan. Kalau tulisan kamu kurang menarik pengunjung, tentunya blog kamu juga akan sepi dari pembaca.

Pastikan kamu tau bagaimana menulis artikel SEO untuk konten blog kamu. Jika memang belum paham bagaimana menulis artikel SEO mudah, kamu bisa lihat cara menulis artikel SEO mudah untuk pemula pada tautan berikut:

Cara Mudah Menulis Artikel SEO Untuk Blogger Pemula

Macam Pendapatan Uang dari Blog

Ada banyak sumber pendapatan yang bisa kamu dapat dari ngeblog. Memang era ngeblog sudah agak ditinggalkan, tetapi orang yang mencari artikel melalui blog atau website juga masih banyak.

Berikut macam sumber pendapatan dari blog:

Iklan

Buat blogger, iklan adalah pendapatan yang dicari dari para blogger. Iklan yang dimaksud adalah dari Google Adsense. Siapa sih blogger yang gak ingin disetujui untuk mendapatkan iklan di Google AdSense.

Selain Google AdSense ada juga MGID yang menjadi platform untuk mendapatkan iklan di website. Tentunya tinggal kamu ikuti saja aturan main dari mereka. Kalau saya merekomendasikan 1 sumber iklan saja. Meski sebenarnya bisa dicampur cuman ya, daripada dan daripada yee kaaan~

Selain iklan dari AdSense dan MGID ada juga iklan dari brand2 yang mau memasang  banner ads di web kamu.

So, nanti brand mau menempel banner di web kamu, pastikan kamu sudah mendapatkan niche atau tema yang sesuai agar blog kamu banyak pengunjung.

Program Afiliasi

Program affiliasi ini juga bisa jadi sumber pendapatan dari blog kamu. Cuman memang blog yang tepatlah yang bisa mendatangkan uang dari afiliasi.

Baca Juga:  Memilih Nama Domain Yang Tepat Untuk Web atau Blog

Memang tidak banyak hasil yang didapatkan cuman memang jika volume, strategi dan cara yang tepat, program afiliasi ini bisa menjadi cara untuk mendapatkan uang dari blog.

Tema blog dan target audience yang sesuai dengan tema blogmu juga akan menentukan jumlah pendapatkan yang didapat dari program afiliasi dari blog.

Konten Berbayar

Jika blog kamu sudah cukup terkenal, maka konten berbayar atau paid post adalah cara yang cukup oke  agar kamu mendapatkan uang dari blog.

Tentu dengan usaha dan tenaga yang cukup ekstra agar blog kamu selalu ada dalam pencarian sehingga orang atau brand akan meminta kamu untuk membuat paid post di blog kamu.

Ikutan Event atau Kuis

Dalam setiap kegiatan selalu ada yang namanya event atau kuis untuk para blogger. Memang kamu harus selalu mencari cari informasi terkait kuis atau event yang melibatkan para blogger.

Dan pastikan juga, event atau kuis yang kamu ikutin sesuai dengan tema blog kamu. Jangan malah ikut lomba blog yang tidak sesuai dengan tema blog yang kamu miliki.

Kesimpulan

So, di atas adalah artikel mendapatkan uang dari blog.  Tentunya dengan banyak cara dan strategi agar blog kamu bisa banyak pengunjung dan akhirnya kamu bisa mendapatkan uang dari blog.

Dengan cara dan strategi yang tepat, maka kamu bisa mendapatkan uang dari blog atau monetasi blog kamu. Menulis blog juga bisa menghasilan uang juga. Selamat ngeblog ya!

 

Leave a Reply