Blog Digital Marketing

DIGITAL MARKETING

Cara Cepat Untuk Menjadi Blogger Sukses

Cara Menjadi Blogger Sukses

Menjadi blogger sukses adalah harapan semua orang yang menekuni bidang tulis menulis dalam dunia blogging. nah, jika kamu membaca tulisan ini bukan berarti saya akan ‘menggurui’  atau menjadi senior dalam dunia blog, saya hanya membagikan pengalaman saya dan beberapa pengalaman dari temen-temen blogger senior yang saya tau dan pernah berbagi dengan saya.

Dalam dunia blogging, banyak cara supaya kamu bisa mendapat “gelar” sebagai blogger yang sukses. Tentunya untuk mendapatkan predikat blogger yang sukses banyak cara dan banyak usaha untuk mendapatkannya. Tidak gampang bero!

Nah, di tulisan ini saya membagikan sedikit tips agar kamu yang baru mulai dan serius dalam dunia blogging, bisa segera sukses. Nah, disimak ya!

Cara Menjadi Blogger Yang Sukses

Berikut tips tricks agar kamu bisa jadi blogger sukses menurut masjun.com

Tentukan Konten Blog

Dalam pentuan konten blog, akan menentukan juga siapa yang akan menjadi target dari konten blog kamu. Banyak blogger yang masih campur campur alias gado-gado dalam membuat konten blognya(contohnya saya 😐 ), tapi ada juga yang sudah membuat konten blog yang sesuai dengan nichenya.

Contoh:

  • Dzofar dengan konten di blognya membagikan tutorial vector
  • PanduanIM dengan konten tentang panduan dalam berinternet marketing
  • Pakde Blontankpoer dengan konten kritik sosial dan pemerintahannya
  • IwanBanaran dengan konten otomotifnya
  • dan masih banyak blogger blogger yang lainnya.

Kenapa kok pentuan konten saat akan mulai ngeblog itu penting, ya karena You Are What You Blog jadi ya nantinya kamu sendiri adalah pencerminan dari blog kamu.  Kan gak lucu kalau kamu yang kurang paham dengan apa yang kamu jalani tapi kamu tulis. Nanti isi tulisannya juga gak jelas.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Jun (@iwnjw) on

Menentukan Platform

Dalam menentukan platform blogging juga penting. Saat kamu ingin membuat blog atau tulisan, kamu juga akan memilih platform mana yang tepat untuk kamu. Banyak platform online blogging kok sekarang.

Baca Juga:  Cara Menulis Artikel Blog yang Baik dan Berkualitas

Plaform Blogging

  • WordPress :  Platform ini cukup familer di saat sekarang tentunya di dalam wordpress juga ada pilihan yaitu wordpress hosted atau self-hosted.
  • Blogspot: Platform ini adalah platform yang dulu cukup populer. Di dalam Blogspot kamu juga bisa memilih Blogspot dengan Hosted atau dengan Self-Hosted
  • Medium: Medium ini sebenarnya agak baru di dunia tulis menulis blog. Jadi memang agak kurang populer dalam dunia tulis menulis dibandingkan dengan WordPress atau Blogspot.

Menentukan Nama Domain

Menentukan nama domain ini juga penting. Seperti halnya sebuah brand, nama blog kamu akan menjadi nama yang sebisa mungkin melekat di dalam dirimu. Jadi setiap orang tau kamu di offline maka teringat nama blog kamu. Nah, penentuan nama domain juga kudu dipikirkan.

Banyak penyedia jasa jual beli domain kok. Kalau domain saya masjun.com ini saya beli di name.com . Sedang saya ada beberapa domain untuk klien saya yang lain saya berlangganan di rumahweb.com.

Memilih Penyedia Layanan Hosting Yang Tepat

Setelah kamu menentukan nama untuk blog kamu, saatnya kamu ‘merumahkan’ blog kamu. Ada 2 jenis blogger. Blogger Hosted dan Blogger yang Self-Hosted. Nah, apa itu?

  • Hosted adalah nama domain kamu itu menumpang dengan platform orang lain, jadi kamu juga tidak bisa punya website atau blog sendiri.Contoh: namablog.wordpress.com atau namablog.blogspot.com
  • Self-Hosted adalah kamu mempunyai domain sendiri dan kamu juga bisa memodifikasi website kamu sesuai dengan apa yang kamu inginkan. Bukan berarti kamu tidak bisa memodifikasi blog kamu kalau hosted domain lho, tapi akan lebih ultimate dan maksimal jika kamu menggunakan self hosted. Tapi kamu harus sedia uang untuk membayar domain dan hostingnya ya!
Baca Juga:  Manfaat Memiliki Website Untuk Usaha dan Bisnis, Penting Gak Sih?

Ada banyak sekali penyedia hosting untuk kamu pilih saat ini. Mau model VPS atau shared hosting. Kalau saya sendiri menggunakan VPS dari Digital Ocean untuk beberapa blog dan project kerjaan. Kamu bisa menggunakan Digital Ocean di sini.

Rajin Membuat Konten

Ya, rajin membuat konten. Kalau kamu ingin menjadi blogger yang sukses tentunya kamu harus terus menerus membuat konten. Di mana kamu juga diharapkan selalu update untuk menulis di dalam blog kamu.

Apalagi cara menjadi blogger sukses juga tidak gampang, banyak blogger yang melakukan kesalahan dalam awal-awal ngeblog. Dengan keinginan agar dirinya bisa mendapatkan uang dari ngeblog atau mendapatkan uang dari  sosial media yang akhirnya lupa mana prioritasnya. Mau ngeblog hanya menulis curhatan saja atau serius cari duit dari ngeblog atau cari duit dari Adsense? 

Kesimpulan

Nah, di atas ada cara-cara agar kamu bisa menjadi blogger yang sukses. Untuk kunci jadi blogger yang sukses memang tidaklah mudah, jadi banyak cara dan pengorbanan baik itu waktu, tenaga dan biayaya yang cukup sehingga kamu bisa jadi blogger yang sukses. Terus semangat menulis, terus semangat ngeblog ya!

Leave a Reply