Blog Digital Marketing

DIGITAL MARKETING

Cara Menulis Artikel Blog yang Baik dan Berkualitas

Cara Membuat Konten Blog Menarik dan Berkualitas

Cara menulis artikel blog baik dan berkualitas tentu jadi harapan dari semua penulis, Isi konten atau tulisan yang baik untuk mendatangkan pengunjung bukan perkara yang mudah.

Untuk blogger dengan daya jam terbang yang rendah atau baru tentunya membuat konten yang baik sehingga pengunjung akan datang ke blog kamu akan menjadi PR yang cukup berat.

Bahkan untuk blogger ‘senior’ pun membuat konten tulisan di blog juga bukan perkara mudah. Ada  beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat artikel di dalam blog yang baik dan berkualitas sehingga akan mendatangkan banyak pengunjung ke blog kamu.

Artikel kali ini akan membahas bagaimana cara menulis artikel yang baik sehingga blog kamu kan terus didatangin oleh pengunjung dan kamu juga bisa mendatangkan uang dari blog dengan gampang kalau pengunjungnya banyak. hihi.

Cara Menulis Artikel Blog yang Baik dan Berkualitas

Ada beberapa cara biar kamu bisa membuat konten tulisan di blog yang baik dan berkualitas sehingga pembaca akan terus datang dan mengunjungi blog kamu. Berikut caranya:

1. Buat Konten Original

Ini sih hal yang WAJIB untuk seorang konten kreator. Konten orisinal adalah konten yang selalu dan pasti akan dicari sebagai seorang penulis konten. Google selalu menjamin seorang konten kreator dan menempatkan konten yang orisinal itu sebagai prioritas dalam pencarian.

Tentu tidak mudah, saya sendiri mengakuinya kok, namun jangan pernah sekali-kali mencoba untuk copy-paste konten orang lain. Kamu masih bisa mendapatkan ide dari konten orang lain. Namun dalam penulisan dan penyampaiannya kamu harus selalu memberikan hal yang orisinal.

Tentunya kamu bisa mencari banyak referensi dan ide konten blog agar banyak pengunjung dengan menggunakan banyak tools.

Tools pencarian dari gratis dan berbayar juga banyak tersedia kok di luar sana. Tentu dengan tools tersebut kamu bisa mencari tema yang cocok dan tulisan yang sesuai dengan isi konten blogmu.

Contoh Tools pencarian konten yang saya bisa rekomendasikan antara lain: Google Trends, UberSuggest dan masih banyak tools yang lain.

Ada pepatah kuno yang berbunyi

Nihil Sub Sole Novum

atau

There’s new under the sun

atau

Tidak ada hal yang baru di bawah matahari

Itu jadi pegangan saya dalam membuat konten atau menulis artikel. saat sudah mentok, kita bisa mencari insiprasi dari konten orang lain, namun yang perlu diingat adalah bagaimana cara membuat dan idenya. Ide konten untuk blog itu gampang-gampang susah memang.

Baca Juga:  Meningkatkan Pendapatan Google Adsense lewat nge-Blog

Jika kamu sudah bisa melewati proses konten yang seperti apa dan konten yang kamu orisinil sehingga orang lain meniru atau menjadikan kamu sebagai sosok yang bisa diikuti, maka buat saya itu adalah pencapaian tertinggi dari seorang konten kreator.

2. Buat Artikel yang Mencerahkan dan Menyelesaikan Masalah

Dalam sebuah konten yang berkualitas adalah konten yang mencerahkan #halah. Konten mencerahkan adalah bagaimana kamu bisa memberikan jawaban dari sebuah masalah yang orang lain sedang cari di mesin pencarian.

Tentunya dengan konten yang mencerahkan dan menyelesaikan masalah, blog kamu selalu menjadi tempat mencari dan mendapatkan ilmu dari konten yang kamu buat. Dengan hal itu maka pembaca akan selalu datang ke blog kamu.

3. Buat Konten yang Selalu Update

Konten yang update akan selalu mendapatkan prioritas dari mesin pencarian. Tentunya dengan konten  update ada banyak usaha dan tenaga untuk mendapatkan hal ini.

Seorang blogger itu selalu ingin menjadi yang pertama dalam pembuatan konten. Tentu dengan menjadi yang pertama, konten itu akan selalu awet di pencarian. Konten update dan konsisten adalah cara terbaik untuk mendatangkan pengunjung ke blog kamu.

4. Sertakan Konten Infografis

Trend konten sekarang adalah menggabungkan konten gambar, video dan tulisan. Jaman dulu blogger hanya membuat tulisan saja untuk pembuatan konten.

Kemudian masuk era infografis gambar dan sekarang adalah treand konten video blogger atau vlogger.

Dengan menambahkan konten infografis dan video yang menarik, orang yang kurang paham dengan tulisan bisa melihat melalui gambar atau video. Tapi buat saya yang kurang bisa gambar dan video, saya tetap akan membuat konten blog saja. 🙁

5. Konten Singkat Padat Jelas

Tidak semua orang bisa dan sanggup membaca konten tulisan blog yang panjang, maka jika kamu seorang penulis konten blog, membuat konten singkat padat dan jelas akan membuat blog kamu akan menjadi blog yang berkualitas dan menarik.

Dengan bahasa yang menurut kamu baik dan mudah dicerna, tentu pengunjung akan paham tentang apa yang kamu tulis. Pokoke jangan berbelit-belit aja deh. Jangan seperti blog ini. 🙁 Maaf~

Ciri-ciri Konten Blog yang Menarik dan Berkualitas

Di atas adalah cara menulis artikel blog yang baik, bagus menarik dan berkualitas. Berikut ciri ciri konten blog yang menarik dan berkualitas:

1. Mudah Ditemukan

Nah, ini sih jadi salah ciri apakah kontenmu berkualitas atau tidak. Dengan mudah ditemukannya di mesin pencarian berarti kontenmu sudah bisa masuk ke konten yang berkualitas.

Kenapa gitu? Karena google itu tidak serta merta memberikan traffic kepada blog yang tidak berkualitas. Tentunya konten blog kamu juga sudah sesuai dengan kata kunci yang kamu gunakan sehingga kontenmu pasti mudah ditemukan di Google.

Baca Juga:  Mempunyai Website Untuk Promosi Bisnis Online

2. Mudah Dibaca

Konten yang mudah dibaca adalah salah satu ciri konten yang berkualitas. Tentunya karena orang paham dan mengerti dengan tulisan yang kamu buat. Ada banyak cara untuk konten kamu agar mudah dibaca. Pahami struktur menulis.

Buat blogger pemula yang mulai menulis, kamu tidak perlu takut apakah kontenmu mudah dibaca atau tidak, yang penting sih menulis dulu saja. Sambil belajar bagaimana menyampaikan ide tulisan yang ada di kepala menjadi tulisan,

3. Mudah Dibagikan

Jika kontenmu sudah mulai mudah ditemukan dan orang paham akan tulisanmu, maka ciri konten yang baik dan berkualitas adalah konten yang selalu dibagikan.

Konten yang informatif dan menyelesaikan masalah atau konten konten update yang membuat orang berhasrat ingin membagikan adalah konten yang berkualitas.

Tapi jangan terlena ya. Konten viral itu tak selamanya baik, kamu harus bisa memilih dan memilah dalam pembuatan konten  yang mengundang viral.

Karena bisa jadi nanti kamu yang membuat konten lalu ada masalah di kemudian hari. Jadi, kudu hati hati dalam menulis artikel konten ya~

4. Mudah Diingat

Konten yang mudah diingat adalah sebuah pencapaian dari seorang penulis di blog. Siapa yang tidak ingin diingat sebagai seorang penulis atau webnya sebagai tempat yang selalu mendapatkan kunjungan.

Pencapaian ini tentunya tidak mudah dan membutuhkan waktu yang lama. Setiap orang pasti akan menemukan masalah yang berulang, jika saya sebagai blogger, saat akan menyelesaikan masalah tapi stuck, saya tau harus menuju blog siapa tanpa harus googling.

Cara Menulis Artikel Blog Dengan Mudah dan Cepat

Berikut cara menulis artikel blog dengan mudah dan cepat:

1. Tulis Ide Langsung

Memang perkara ide ini selalu jadi awal untuk penulis artikel, kalau ingin segera mendapatkan ide agar tulisan segera dapat ditulis, setiap kamu mendapatkan ide, sebisa mungkin kamu harus segera menuliskan. Terserah sih, mau ditulis di media apa.

Bisa kamu tuliskan ke buku dulu sebagai ide awal, atau kalau mau langsung menulis ya, langsung tulis apa adanya dulu. Ga ada masalah sih kalau memang ingin langsung ditulis. Sebisa mungkin kamu harus mempunyai patokan waktu. 2 menit adalah patokan waktu untuk kamu segera menulis ide.

2. Riset Kata Kunci Artikel

Setelah kamu mendapatkan ide untuk tulisan kamu, langkah selanjutnya adalah segera riset kata kunci. Kata kunci yang tepat untuk tulisan kamu, akan berpengaruh kepada jumlah pembaca.

Ada banyak tools untuk mencari kata kunci yang tepat untuk artikel kamu. Waktu yang harus kamu tentukan untuk mencari kata kunci adalah 5 menit.

3. Cepat Mengumpulkan Data

Setalah kata kunci yang sudah kamu cari ditemukan, hal yang harus kamu lakukan adalah mengumpulkan data segera. Data yang dimaksut adalah segala hal yang berhubungan dengan artikel dan kata kunci yang sudah kamu tentukan. Waktu untuk mengumpulkan data adalah 5 menit.

Baca Juga:  Cara Mendapatkan Uang Dari Blog Untuk Pemula

4. Tentukan Gaya Bahasa Tulisan

Setelah kata kunci dan data sudah didapat, saatnya memikirkan bagaimana gaya bahasa penulisanmu. Tiap penulis mempunyai gaya bahasa sendiri sendiri dalam penulisannya.

Tentu dengan gaya bahasa yang sudah disepakati oleh semuanya, kalau kamu menulis untuk blogmu sendiri, gaya bahasa juga bebas saja.

Tapi kalau kamu menulis artikel untuk blog atau website milik orang lain, tentunya gaya bahasanya juga harus menyesuaikan dengan gaya bahasa yang mereka inginkan.

Dalam penentukan lamanya gaya bahasa, kamu harus segera mendapatkan waktu dalam 2 menit.

5. Mulailah Menulis

Setelah 5 point di atas sudah dilakukan, ya hal yang harus kamu lakukan adalah segera menulis! Pokoknya tulis aja semua dari data, kata kunci dan lain sebagainya, sehingga terbentuk paragraf yang orang lain bisa baca dan paham. Waktu menulis sebaiknya 15 menit.

6. Koreksi Kembali Tulisan

Setelah melakukan penulisan, ini hal yang penting juga. Kamu harus mengecek kembali dan mengkoreksi tulisan yang sudah ada. Perhatikan typo kalimat, atau kesalahan dalam penulisan dan susunan, penggunaan kata kunci dllnya. Koreksi dalam waktu 5 menit.

Tips Cepat Menulis Artikel

Nah, ini adalah poin penting selain poin di atas tersebut. Biar proses menulismu bisa lancar. Kamu harus perhatikan hal-hal sebagai berikut.

1. Singkirkan Hal Yang Mengganggu

Ini sih jadi hal yang selalu membuat penulis artikel itu selalu lama dalam pengerjaannya. Adalah banyak gangguan yang membuat mereka(penulis) itu selalu lama dalam menulis artikel.

Singkirkan atau matikan dulu gawai atau gadget, setidaknya tidak usah dulu nyecroll2 sosmed, atau matiin TV dlsb. Pokoknya kudu konsen sob!

2. Tentukan Deadline

Ini hal yang jadi penulis kudu persiapkan dari awal. Deadline harus sudah bisa ditentukan oleh penulis itu sendiri, jadi memang kedisiplinan dalam menulis artikel kudu dijalankan dengan baik. Biar konten atau artikel yang kamu tulis segera selesai. Kalau udah selesai kerjaan mau ngapain aja juga enak kan. Hehe.

Kesimpulan

Di atas adalah bagaimana cara menulis artikel blog atau konten yang baik menarik dan berkualitas berserta ciri-cirinya dan tips menulis artikel dengan cepat dan mudah.

Memang bukan perkara yang mudah akan butuh waktu yang banyak, tenaga yang extra dan juga biaya yang cukup lumayan. Sehingga kamu tidak mengalami hal kesalahan yang dilakukan blogger pemula.

Yuk, belajar bereng,  biar kita bisa menulis artikel yang baik. Sehingga konten yang kita buat akan selalu menjadi konten yang bermanfaat untuk orang lain.

Leave a Reply