Blog Digital Marketing

DIGITAL MARKETING

Cara Menulis Artikel SEO Mudah Untuk Blogger Pemula

cara menulis artikel seo

Cara menulis artikel SEO friendly mudah bagi seorang blogger yang mulai serius mendalami ngeblog pasti akan menjadi perhatian dalam pembuatan konten tulisan.

Di mana semua akan memikirkan SEO yang baik seperti apa sehingga blog akan menjadi nomer 1 di peringkat pencarian.

Nah, di artikel kali ini akan membahas cara menulis artikel SEO mudah untuk pemula sehingga tulisan kamu akan menjadi baik di mesin pencarian.

Pengertian SEO

Sebelum kepada cara tentang SEO, perlu kamu ketahui apa itu SEO?

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization dimana cara atau usaha untuk mengoptimalkan pencarian di mesin pencarian menggunakan kata kunci

Berkaitan dengan artikel kali ini adalah bagaimana menggabungkan kata kunci dan cara menulis artikel yang baik sehingga akan membuat tulisan akan jadi baik di mata mesin pencarian dan tentunya akan meningkatkan pengunjung di blog kamu.

Cara Menulis Artikel SEO Mudah

Berikut cara menulis artikel SEO mudah untuk pemula:

Tentukan Kata Kunci

Setelah mendapatkan tema penulisan yang blogger selalu lakukan adalah mencari kata kunci atau keywords. Kata kunci atau keywords ini berguna untuk mendapatkan kerangka tulisan terkait judul, isi konten di dalam artikel SEO-nya.

Ada banyak tools atau cara yang bisa kamu gunakan dalam mencari kata kunci atau keywords yang tepat untuk menulis artikel SEO. Rekomendasi tools atau alat pencarian kata kunci antara lain; ubersuggest, google trend, dll-nya

Sesuai Dengan Kebutuhan Pembaca

Mesin pencarian pada Google semakin lama semakin maju dan semakin pintar, tentunya setelah kamu mendapatkan kata kunci yang tepat, kamu juga harus menulis artikel yang sesuai dengan kebutuhan pembaca.

Baca Juga:  Strategi Marketing Online Populer yang Perlu Kamu Tau

Ada beberapa indikator di mana Google akan mengarahkan pembaca menuju tulisanmu di Blog. Salah satunya adalah tema blog yang baik, konten blog yang sesuai, berapa lama pembaca akan membaca artikelmu dlsb.

Perhatikan Elemen dalam Blog

Kadang blogger pemula lupa dalam hal ini, sehingga akan banyak kesalahan blogger pemula dalam mencari uang lewat blog melalui tulisan di blog-nya. Yaitu tidak memperhatikan elemen dalam penulisan blog.

So, di dalam struktur penulisan blog ada yang namanya judul, heading, URL permalink dan lain sebagainya.

Jadi parameter di atas itu penting untuk kamu perhatikan. Banyak referensi penulisan artikel SEO on page yang baik dan benar. Kamu bisa mencarinya di luar.

Google itu akan mengutamakan artikel dengan penulisan yang baik dan terstruktur. Dengan itu, google akan mendahulukan konten yang baik dan terstruktur dan pastinya akan mendapatkan tempat yang utama di pencarian.

Gunakan Penulisan yang Unik dan Menarik

Jika kamu sudah mendapatkan kata kunci yang tepat dan baik dalam artikel, saatnya mengembangkan dan gunakan kata kunci tersebut untuk menulis artikel yang baik, menarik dan unik.

Pengembangan kata kunci atau keywords adalah salah satu hal yang harus penulis blog kuasai dalam penulisan sebuah artikel, seperti halnya jika kamu hanya fokus pada satu konten saja, sedangkan konten yang lain bisa digunakan sebagai penyambung atau membantu kata kunci yang lainnya.

So, jangan hanya fokus pada kata kunci saja. Saat kamu menulis kamu pasti terlintas konten atau hal yang bisa kamu tambahkan di artikel yang sedang kamu tulis. Tentunya dengan menggunakan cara menulis artikel SEO yang tepat.

Buat Tulisan Yang Mudah Untuk Dipahami

Jika ingin tulisan kamu SEO friendly dan blog banyak pengunjung pastikan juga tulisanmu adalah tulisan yang mudah untuk dipahami.

Kenapa? Seseorang yang googling sebuat kata kunci di Google pastilah orang yang sedang mencari solusi dari masalahnya. Nah, pastikan juga selain tulisanmu mudah dipahami pastikan juga tulisanmu tersebut adalah tulisan yang solutif buat pembaca.

Baca Juga:  Tools SEO Untuk YouTube Agar Meningkatkan Subscriber dan Viewer

Perhatikan Panjang Artikel

Artikel yang baik menurut Google adalah sebanyak 300 kata. Nah, jika kamu ingin blog kamu banyak pembaca dan artikel yang kamu buat adalah artikel yang SEO friendly, maka patuhi aturan tersebut.

Memang susah menulis lebih dari 300 kata. Bahkan sebuah riset mengatakan bahwa blog yang ‘baik’ malah katanya bisa lebih dari 2000 kata. Huvt! Susah, memang. Tapi jika sudah terbiasa untuk menulis sebanyak itu, pasti akan lebih mudah kok.

Gunakan Paragraf Singkat

Jika artikelmu bisa lebih dari 1000 kata atau lebih dari 2000 kata, penggunaan paragraf yang singkat adalah hal yang harus kamu lakukan. Bayangkan saja jika kamu menulis 2000 kata namun paragrafnya panjang. Pusing~

Mengapa paragraf singkat? Nah, karena pembaca akan lebih mudah memahami inti dari tulisan dari artikel SEO yang ada di dalam postingan atau konten artikel dari blog yang kamu tulis.

Contoh Penulisan Artikel SEO Lain

Tidak ada masalah jika kamu ingin mencontoh cara menulis artikel dari penulis SEO lain. Kamu bisa mengecek bagaimana menulis judul tulisan, kata kunci tiap artikel, penggunaan link url-nya, struktur tulisan dan lain sebagainya.

Selama kamu tidak mengambil atau meng-copas- konten dari orang lain, menurut saya tidak ada masalah jika memang ingin menulis artikel yang baik. Di mana kita bisa belajar dari para penulis yang baik dan benar. Toh akhirnya ‘pertarungan’ sebenarnya ada di page Google.

Konsisten

Nah, ini adalah hal yang susah. Hahaha. Kenapa? Ya, karena konsisten adalah kunci dari semua usaha. So, jika kamu konsisten dalam menulis konten di blog atau media apapun itu konsisten jadi hal yang selalu jadi PR buat seorang konten kreator. Jadi, tetap kudu dan harus konsisten lho~

Baca Juga:  Cari Duit Dari Ngeblog? Emang Masih Bisa?

Jadi buat kamu yang sedang tiba-tiba tidak bersemangat untuk ngeblog lagi, maka saatnya menyemangati diri untuk mulai ngeblog lagi agar blog yang sudah kamu buat kembali ramai.

Perbanyak Menulis

Seperti pepatah, semakin sering pisau diasah akan semakin tajam #halah. Dalam hal ini adalah kemampuan. Kemampuan akan semakin tajam jika kamu semakin sering menulis artikel.

Tentu dengan tulisan artikel yang baik akan menulis kamu lebih tajam menyajikan tulisan yang bisa dinikmati oleh para pembacamu. Bisa dibilang semakin sering menulis semakin kamu bisa mengetahui alur dan bagaimana minat pembaca yang suka dengan tulisanmu.

Jangan Takut Salah

Seperti pada blogger pemula yang takut untuk menulis artikel. Karena biasanya mereka takut nanti apakah SEO dalam artikelnya akan jelek? Apakah nanti pembaca akan bosan? dan lain lainnya.

Pokoknya dalam hal ini, kamu harus mulai BODO AMAT â„¢ dengan kata analitik atau apa yang membuat kamu pusing. Mesin itu buatan manusia, tentu kamu jangan mau kalah sama mesin kan. So, jangan takut dengan analitik dari pencarian. Terus menulis artikel dan jangan takut salah.

Kesimpulan

Di atas adalah sedikit cara menulis artikel  SEO mudah friendly yang baik untuk pemula. Tentu penggunaan cara penulisan yang tepat dan baik, artikel yang kamu buat atau blog yang kamu sedang bangun akan menjadi blog yang selalu banyak pengunjungnya.

Membutuhkan kesabaran yang extra agar tulisan kamu nyaman dibaca dan pengunjung blog akan berlama-lama membaca tulisan di artikel kamu.

So, jangan pernah patah semangat untuk menulis artikel konten yang baik untuk para pembacamu ya!

Leave a Reply