Blog Digital Marketing

DIGITAL

Cara Sukses Berjualan di Sosial Media Dengan Mudah

berjualan di sosial media

Ada banyak cara berjualan di sosial media juga bisa mendatangkan uang, tentunya dengan strategi yang tepat sehingga pelaku usaha bisa mendatangkan pelanggan untuk membeli barang atau jasa yang ditawarkan.

Berikut Cara Berjualan di Sosial Media

Ada banyak cara agar jualan kamu di sosial media bisa laku dengan mudah, namun perlu diingat bahwa cara ini juga gak semua bidang usaha akan sama perlakuannya.

Menentukan Target Market yang Potensial

Ini langkah pertama yang wajib dilakukan sebelum membuat akun sosial media untuk bisnis. Ada banyak cara dan strategi yang bisa dijalankan untuk menentukan target market yang potensial.

Kamu bisa melihat kebutuhan dari orang sekitar kamu dahulu. Dengan melihat kebutuhan orang yang di sekitar kamu, kamu bisa tau, kamu bisa berjualan apa melalui sosial media.

Ada banyak tools atau alat untuk mengetahui kebutuhan dari market. Ada yang berbayar ada juga yang gratisan. Tapi saya akan merekomendasikan tools atau alat analisa yang gratis saja.

Membuat Konten yang Menarik

Tidak semua orang bisa membuat konten yang menarik agar pembeli mau membeli barang atau jasa yang diposting di akun sosial media. Tak ada masalah, kamu tinggal olah kemampuan dari diri kamu sendiri. Buat kalimat yang menarik dan seunik mungkin sebagai ajakan untuk membeli.

Jika kamu tidak bisa membuat gambar foto produk atau design, sekarang sudah banyak apliasi gratis untuk membuat design. Untuk foto memang menjadi hal yang ‘tricky’, tidak semua orang bisa menyajikan foto yang menarik.

Baca Juga:  Strategi Marketing Secara Online yang Perlu Kamu Tau

Bangun Komunikasi yang Baik

Ini adalah modal dasar berjualan juga sih, dengan komunikasi yang baik dengan calon pembeli sebenarnya akan membuat kamu mendapatkan nilai tersendiri oleh calon konsumen.

Pembeli adalah Raja, tapi jadilah Raja yang bijak.

Quote tersebut adalah prinsip dasar komunikasi antara penjual dan pembeli. Memang pembeli adalah raja, tapi jika Raja tersebut tidak bijak tentunya penjual akan merasa susah sendiri.

Jadi memang dasar dasar komunikasi yang tepat dengan menjelaskan ketersediaan produk, jenis barang, harga, ongkos kirim dllnya jadi hal yang biasa dalam proses jual beli.

Kamu gak perlu marah-marah kalau pembeli tidak jadi membeli barang jualanmu. Biar saja, ajak terus berkomunikasi dengan baik. Namanya jualan, bertanya itu wajar ko~

Jika komunikasi sudah terjaga antar penjual dan pembeli maka yang penting dijaga adalah kepercayaan.

Update Konten Secara Rutin

Mengunggah atau mengupload konten secara rutin adalah cara dari penjual untuk memberikan informasi bahwa akun sosial mediamu masih berjualan barang dagangan.

Tentunya dengan cara tersebut, calon pelanggan akan tahu bahwa ada ada barang jualan terbaru yang mungkin sebelumnya tidak tertarik, dengan upload konten baru mereka akan tertarik membelinya.

Konsisten dengan Barang Jualan

Konsisten sebenarnya jadi cara terbaik untuk meraih kesuksesan. Dalam hal berjualan, kamu harus konsisten juga dengan barang yang kamu tawarkan. Konsisten dalam hal ini adalah: Harga yang baik tidak berubah sewaktu-waktu. Kualitas yang dijaga selalu dlsb.

Kesimpulan

Dari 5 cara berjualan di sosial media di atas bisa ditarik kesimpulan bahwa hal terpenting dari berjualan lewat ranah digital adalah komunikasi antara penjual dan pembeli.

Dengan komunikasi yang baik dan menjaga kepercayaan dari pembeli adalah cara yang tepat untuk sukses mendapatkan uang di sosial media dengan cara berjualan.

Leave a Reply