Blog Digital Marketing

CERITA-CERITA

Ciri Akun Instagram Penipu Yang Harus Kamu Ketahui

Ciri Akun Instagram Penipu

Beberapa hari ini kebutuhan oksigen untuk pasien atau orang yang terpapar C19 sungguh tinggi, namun di sisi lain orang malah memanfaatkan kondisi yang seperti ini untuk penipu orang.

Bahkan  di Jogja pun yang lagi membutuhkan tabung oksigen juga nyaris tertipu dengan akun di Instagram yang berjualan tabung oksigen ini. Saya sendiri malah ‘terpapar’ iklan iklan yang isinya penipu penipu, dikarenakan saya sendiri membahas dan turut mencarikan beberapa teman dan saudara yang membutuhkan oksigen. Ciri Akun Instagram Penipu

pic by IG: @haryfadly

Artikel kali ini mungkin agak #terlaluserius, jadi saya akan membahas tentang ciri-ciri akun instagram penipu, agar temen-temen tidak terkena akun-akun penipu ini. Nah, ini ciri-ciri akun instagram yang memanfaatkan kondisi seperti ini untuk menipu.

 

Ciri Akun Instagram Penipu

Ada beberapa ciri-ciri akun instagram penipu yang harus kamu ketahui:

1. Harga Yang Tidak Wajar

Ini adalah ciri yang harus diketahui, bahwa harga yang tidak wajar bisa jadi salah satu indikator (halah) bahwa akun tersebut adalah akun penipu di Instagram. Apalagi kondisi di mana barang yang ada sedikit tetapi harganya masih di bawah harga pasar.

Kamu bisa ngecek harga pasaran itu di marketplace. Jika harganya < dari 50% dari harga pasar, sudah bisa dibilang 70% akun instagram tersebut adalah akun penipu yang hanya memanfaatkan kondisi saja.

2. Kolom Komentar Dimatikan atau Dibatasi

Nah, ini juga kamu bisa jadi patokan atau tanda bahwa akun Instagram tersebut adalah akun yang akan menipu kamu. Kenapa? karena jika harga yang dijual miring, pasti orang akan bertanya terus.

Sedangkan untuk para penipu ini, hanya memanfaatkan ‘kepanikan’ orang saja yang berharap orang tersebut akan menghubungi nomer yang ada di profile kontak instagram.

3. Testimonial Yang Mencurigakan

Kalau ini kamu membutuhkan ‘keahlian’ atau ‘kepekaan’ khusus untuk mengetahui ini. Namun secara langsung sebenarnya kamu bisa mengetahui itu, kok. Bahasa testimonial yang terlalu ‘lengkap’ dan terlalu formal, malah terkesan bahwa akun tersebut adalah akun penipu.

4. Feed Instagram Yang Tidak Rapi

Pengusaha yang ‘serius’ dalam menggunakan sosial media dalam berbisnis, adalah pengusaha yang niat dalam membuat konten, memang, tidak semua pengusaha mempunyai kemampuan dalam hire orang untuk mengurusi sosmednya.

Tapi ciri yang bisa kamu liat bahwa akun tersebut adalah akun penipuan adalah tampilan feed yang berantakan dan tidak tertata rapi.

Dengan gambar yang kualitas rendah. Meski pemilik akun menggunakan HP untuk upload, namun jika konten tersebut pernah diupload oleh akun lain, gambar yang sudah diupload maka kualitasnya akan menurun.  Bahkan gambar yang dipakai itu-itu terus, dan watermarkpun tampak amatiran.

 

Ciri Akun Instagram Penipu

CONTOH PENGGUNAAN GAMBAR YANG BERULANG OLEH PENIPU DI INSTAGRAM

5. Tidak Mau COD (Cash On Delivery)

Ini juga jadi salah satu ciri akun yang bisa dibilang adalah akun penipu. Kenapa? Karena jika memang dia jujur dan memang mempunyai toko offline, maka dirinya akan bersedia untuk  melakukan proses COD jika memang berlokasi di kota yang sama.

6. Tidak Mempunyai Toko di Marketplace

Saat ini platform Instagram sih sebenarnya hanya untuk etalase saja kok. Bisa dibilang sudah jarang banget ada akun atau toko yang 100% bertransaksi di platform Instagram.

Kenapa? Karena trust-nya orang Indonesia sudah terbentuk untuk bertransaksi aman. Jadi, kalau memang penjual itu tidak bersedia untuk bertransaksi di marketplace, mendingan kamu sudahi saja kontak-kontakan dengan penjual tersebut. Cari aman saja. Duit susah carinya sekarang. Kamu bukan dinsos yang hanya memberikan uang ke orang lain dengan cuma-cuma~

7. Akun Sering Ganti Username

Orang yang selalu menipu adalah orang yang selalu lari jika ketahuan #pitikih. Nah, ciri-ciri akun instagram yang sering menipu adalah selalu berganti-ganti username-nya. Lalu, bagaimana cara ngecek akun yang selalu mengubah namanya? Caranya begini:

  1. Buka Profile Akun IG
  2. Cek di pojok kanan atas, ada titik tiga.
  3. Pilih About This Account
  4. Cek former usernames

Nah, jika di akun tersebut sudah sering diganti-ganti namanya dengan jualan yang tidak ada korelasi atau yang lagi ngetrend tapi selalu berganti dengan jarak yang terlalu pendek jaraknya, maka bisa dibilang bahwa akun tersebut adalah akun yang akan menipu. Skip! Cari yang lain saja.

Di atas adalah ciri ciri akun instagram penipu, pokoke hati-hati ya! Jangan hanya tergiur harga murah malah kamu dirugikan. Kalau kamu menemukan akun seperti di atas yang hanya memanfaatkan kondisi seperti ini untuk menipu, jangan lupa report saja. Brengs*ek memang orang orang seperti ini. Mau didoakan yang jelek saja. biar nanti keluarganya butuh oksigen dan kapusan lagi. Ben, mati sisan!

Leave a Reply