Blog Digital Marketing

DIGITAL MARKETING

Content Marketing Untuk Bisnis Digital

content marketing untuk bisnis

Content marketing  untuk bisnis atau Konten Marketing dalam dunia digital marketing sering sekali kita mendengar istilah tersebut. Namun kadang orang yang menjalakan digital marketing juga belum bisa memaksimalkan content marketing itu sendiri.

Padahal dalam dunia digital marketing, content marketing itu inti dari keberhasilan sebuah campaign/kampanye yang berada di dunia digital.

Tentunya orang selalu bertanya:

Apa itu content marketing?

Apa sih tujuannya menggunakan content marketing untuk bisnis? 

Macam content marketing untuk bisnis itu apa saja sih?

Mengapa content marketing itu penting untuk bisnis?

Jadi artikel kali ini akan membahas content marketing untuk bisnis, pengertian content marketing serta bagaimana cara menggunakan content marketing agar bisnis digitalmu bisa berjalan dengan baik.

Pengertian Content Marketing

Singkat saja ya..

Content marketing adalah salah satu cara atau teknik pembuatan/distribusi konten agar untuk mendapatkan audiens yang sesuai dan tepat sasaran sehingga mendorong mereka untuk menggunakan produk kita.

Tujuan Content Marketing Untuk Bisnis

Ada beberapa tujuan orang menggunakan cara ini dalam dunia digital marketing. Dalam artikel ini saya hanya membahas sedikit saja penggunaan konten marketing untuk bisnis.

Yang pasti inti dari penggunaan strategi digital konten marketing adalah:

  • Mengajak orang mengenal produk kita
  • Mengajak orang membeli atau menggunakan produk kita

di atas adalah tujuan yang pastinya semua orang ingin menggunakan strategi dalam bisnis digital marketingnya.

Apakah Content Marketing itu Penting?

Dalam sebuah digital marketing campaign, content marketing itu AMAT SANGAT PENTING – sampai saya buat capslock – haha. Kenapa begitu, ya karena jika kamu ingin membuat strategi digital marketing dan campaign digital marketing berjalan dengan lancar tentunya content marketing itu adalah dasar dari hal tersebut.

Seperti melihat tujuan dari content marketing di atas. Bahwa kita ingin produk kita dibeli dan digunakan oleh konsumen, kan?

Nah, tentunya kita harus serius dalam memberikan penjelasan tentang produk dari yang kita jual pastinya.

Baca Juga:  Tema Blog Agar Banyak Pengunjung Untuk Blogger Pemula

Sebelum melakukan strategi pengenalan produk, ada yang namanya penjelasan dari produk itu sendiri.

Contohnya:

Jika kamu mempunyai usaha, dan ingin mengenalkan produkmu di digital dan menggunakan sosial media atau platfrom digital lainnya. Hal yang pertama kali kamu lakukan untuk melakukan strategi content marketing untuk bisnis adalah sebagai berikut:

Mengenalkan jenis usaha, macam usaha, sejarah usaha, asal muasal jenis usaha, mengapa kamu membuat nama toko atau websitemu dllnya.

Setelah orang mengenal dan tertarik dengan filosifi usaha bisnis digital dan jenis serta macam usaha, hal yang kamu lakukan adalah

mengenalkan produk secara detail, tentunya setiap produk ada ceritanya. Di sana seorang konten kreator harus bisa menceritakan bagaimana, dan mengapa produk itu ada sehingga orang akan tertarik menggunakan barang atau jasa yang kamu sedang tawarkan di digital marketing.

Ada faktor kenapa menjalankan content marketing untuk bisnis itu jadi hal yang penting:

Investasi Jangka Panjang

Yang dimaksud investasi jangka panjang dalam konten marketing adalah lamanya pengguna akan mendapatkan informasi terkait produk barang atau jasa yang kamu sedang jalankan.

Berbeda dengan ads atau iklan. Jika kamu melakukan stretegi iklan di sosial media atau Google Ads, sejelek apapun kontenmu maka tayangan akan dilakukan. Beda jika konten yang kamu buat itu tepat. Maka orang yang melihat akan terus mengingat brand atau produkmu.

Meningkatkan Brand Awareness

Brand awareness adalah bagaimana pelanggan akan tertarik. Jika kamu menggunakan strategi digital marketing menggunakan sosial media seperti Twitter. Jika konten yang kamu buat itu menarik, maka orang akan ReTweet dan Like konten yang kamu buat.

Tentunya orang akan aware dengan brand atau produk yang kamu buat. Efek viral karena isi konten yang baik dan menarik akan lebih ‘ngirit’ daripada kamu membayar iklan bukan? hehe~

Meningkatkan Serta Memperbaiki Traffic dan SEO

Traffic atau kunjungan adalah hal yang diinginkan seorang digital marketing yang menggunakan blog atau website. Dengan mengetahui jumlah traffic atau kunjungan maka akan mendapatkan data terkait konsumen yang nantinya akan digunakan sebagai media promosi.

Memperbaiki SEO pun sama dengan traffic. Jika SEO yang ada di website atau blog jelek, maka jumlah kunjunganpun akan rendah pastinya sehingga blog atau website tidak akan berada di halaman pertama dari Google.

Baca Juga:  Ide Tulisan Untuk Blog Agar Banyak Pengunjung

Ada beberapa cara untuk meningkatkan SEO dalam content marketing. Antara lain menggunakan strategi menulis SEO dengan mudah kemudian menggunakan tools SEO untuk website yang tepat sehingga pengunjung blog dan website akan banyak.

Ada banyak macam tools SEO yang bisa kamu gunakan, namun saya hanya memberikan rekomendasi tools SEO yang menurut saya pribadi masih yang terbaik. Ada yang berbayar ada juga yang gratis.

Berikut tools SEO website:

 

Meningkatkan Konversi Penjualan

Ini sebenarnya adalah goals atau tujuan dari menggunakan content marketing untuk bisnis. Jika penggunaan dan strateginya tepat maka hasilnya pasti akan maksimal di mana pengunjung website semakin banyak dan penjualan akan semakin tinggi tentunya cuan akan datang terus~

Macam Content Marketing Untuk Bisnis

Ada banyak macam content marketing untuk bisnis yang bisa dilakukan seorang digital marketing yaitu:

Social Media

Hampir semua orang saat ini mempunyai social media bisa dibilang 80-90% orang yang kita temui di jalan jika ditanya apakah mempunyai sosial media? mereka pasti jawab iya. Meski ada beberapa dari mereka adalah pengguna yang aktif dan tidak aktif.

Nah, di sini kamu bisa menggunakan sosial media untuk berjualan atau mengenalkan produk dari barang atau jasa yang sedang kamu jalankan.

Sebenarnya banyak kok manfaat sosial media untuk bisnis yang bisa kamu gunakan sehingga konsumen akan tau tentang produk yang sedang kamu tawarkan.

Macam sosial media yang tepat untuk membagikan konten antara lain:

  • Facebook Page
  • Twitter
  • Instagram
  • TikTok
  • Pinterest

Di atas adalah rekomendasi yang bisa kamu gunakan untuk meningkatkan brand awareness terhadap produk yang kamu gunakan terkait content marketing untuk bisnis.

Membuat Blog

Sebelum kamu melakukan strategi atau membuat website ada blog, alangkah baiknya kamu mengerti dulu perbedaan blog dan website sehingga saat kamu sudah tau perbedaannya kamu tidak akan salah sasaran.

Buat saya pribadi saat dijadikan konsultan untuk sosial media atau digital activations, saya selalu melakukan riset terlebih dulu, apakah perusahaan tersebut tepat jika saya buatkan blog atau website. Karena banyak hal yang perlu dipertimbangkan saat pembuatan blog atau website.

Baca Juga:  Sosial Media Untuk Bisnis dan Penggunaannya

Hal yang perlu dipertimbangkan dalam pembuatan blog atau website antara lain:

  • Isi konten
  • Biaya pembuatan
  • SEO
  • SEM
  • Hosting
  • Domain
  • Maintenance
  • dll

Hal di atas adalah yang perlu diketahui oleh para pebisnis online yang menginginkan blog sebagai sarana untuk content marketing. Jika dirasa semuanya cukup dan mampu untuk membuat blog untuk konten digital marketing saya rasa blog bisa digunakan kok jadi salah satu sarana content marketing untuk bisnis.

Membuat Video

Di era video seperti sekarang ini memang seorang konten marketing atau digital strategies harus mempertimbangkan video sebagai salah salah satu content marketing untuk bisnis.

Tentu dengan penempatan konten yang tepat dan campaign yang pas maka brand yang menggunakan video sebagai sarana promosi akan lebih tepat sasaran. Untuk platform video yang saya rekomendasikan untuk content marketing antara lain:

  • YouTube
  • Instagram
  • TikTok

Ketiga platform digital video di atas saat ini sedang menjadi trend di dunia digital terkait jumlah penggunanya.

Email Marketing

Untuk email marketing ini bisa jadi alternatif untuk strategi konten marketing yang bisa kamu gunakan. Memang sih, tidak semua orang ‘aware’ tentang email yang masuk. Bisa dibilang hanya sedikit orang yang melihat email mereka.

Tapi ada juga kalangan yang selalu melihat email yang masuk. So, ini jadi ‘target’ market yang bisa kamu sasar. Meski kecil, namun secara awareness mereka lebih tau dan mengerti bagaimana produk digital itu ditawarkan.

Kesimpulan

Demikian artikel tentang content marketing untuk bisnis yang mungkin bisa kamu ketahui dan bisa kamu jalankan jika melakukan digital marketing untuk bisnis. Tentunya ada banyak hal lain yang bisa dilakukan.

Jika tertarik dan ingin menggunakan jasa sosial media marketing, digital marketing atau konsultan digital marketing bisa menghubungi email yang ada di kontak blog ini ya~

Leave a Reply