Blog Digital Marketing

DIGITAL MARKETING

Internet Marketing Untuk Bisnis Yang Perlu Kamu Tau

internet marketing untuk bisnis

Internet marketing untuk bisnis memang jadi satu hal yang mulai dipikirkan buat kamu yang masuk ke dunia digital.

Tentu banyak cara dan strategi yang bisa kamu gunakan untuk memperkuat bisnis yang sedang kamu jalankan. Apalagi kondisi sekarang adalah era 4.0 yaitu era di mana semua teknologi informasi di semua bidang.

Bagaimana cara menjalankan internet marketing agar bisa sukses di bidang bisnismu? Kamu bisa simak artikel di bawah ini.

Pengertian Internet Marketing

Internet marketing seperti namanya adalah pemasaran menggunakan internet sebagai medianya.

Namun, sebenarnya internet marketing ini akan mudah jika kamu sudah terbiasa dengan hal yang ‘berbau’ internet. Tentu buat kamu yang sedang belajar dan belum tau begitu dalam tentang internet memang akan sedikit memusingkan.

Dasar Internet Marketing

Ada banyak dasar dasar internet marketing yang perlu kamu pelajari lebih dalam. Jika memang kamu seorang pemula yang sedang belajar internet marketing untuk mengembangkan usaha yang masuk di bidang digital.

Berikut dasar-dasar Internet Marketing yang perlu kamu ketahui:

Riset Produk

Riset adalah dasar dari ilmu internet marketing lho. Kenapa begitu? Karena dari riset kamu bisa mendapatkan banyak insight terkait dengan produk barang atau jasa yang ingin kamu pasarkan.

Ada banyak cara untuk melakukan riset produk barang atau jasa. Yaitu dengan menggunakan tools-tools yang bisa gratis atau berbayar. Tools untuk riset yang bisa direkomendasikan antara lain:

Baca Juga:  Tema Blog Agar Banyak Pengunjung Untuk Blogger Pemula

Di atas adalah tools yang bisa kamu gunakan untuk melakukan riset pasar atau produk menggunakan kata kunci atau keywords sesuai dengan produk kamu. Namun di atas ada beberapa tools yang berbayar, sih. Hehe.

Riset Pesaing

Selain riset produk, kamu juga harus melakukan riset terhadap pesaingmu. Di mana kamu harus sudah mempetakan pesaing atau kompetitor mana saja yang kamu jadikan target.

Perlu kamu ingat bahwa jika kamu sedang menjalakan usaha baru, jangan pernah atau mencoba bersaing dengan pesaing yang sudah lama berdiri. Di samping kamu akan tampak tidak berdaya, kamu hanya akan membakar uang saja.

Namun jika kamu merasa PEDE dengan semua kemampuan (SDM, Produk dan Biaya) tentunya tidak jadi masalah sih. Hehe. GAS!

Media Internet Marketing Untuk Bisnis

Ada banyak media untuk bisa kamu gunakan sebagai sarana untuk menjalankan internet marketing untuk bisnis.

Berikut media internet marketing yang bisa digunakan:

Blog

Blog memang jadi salah satu media internet marketing bisa bisa dibilang cukup lama digunakan dan bisa jadi masih bertahan di era video yang sudah ada sekarang ini.

Buat seorang internet marketing, membuat blog adalah langkah awal. Memang untuk membuat konten blog yang baik membutuhkan kemampuan cara menulis artikel SEO yang baik.

Kemudian untuk internet marketers sendiri harus bisa tau perbedaan blog dan website. Sehingga saat menjalankan campaign internet marketing untuk bisnis akan lebih tepat sasaran.

Sosial Media Marketing

Selain blog, ada juga platform yang bisa jadi penunjang internet marketing atau sebagai media dalam menjalankan campaign digital yaitu Sosial Media.

Sosial media sekarang jadi hal yang bisa kamu gunakan untuk menjalankan campaign digital yang sedang kamu jalan.

Baca Juga:  WordPress vs Blogspot: Mana Yang Terbaik Untuk Ngeblog?

Platform social media yang bisa digunakan internet marketing untuk bisnis antara lain:

  • Facebook
  • Twitter
  • Instagram
  • TikTok
  • Pinterest
  • YouTube

SEO dan SEM

SEO dan SEM juga jadi salah satu penunjang atau sarana internet marketing untuk bisnis yang baik. Tapi sebelumnya kamu harus bisa membedakan dulu apa itu SEO dan SEM.

Seperti halnya konten blog, strategi atau media ini juga harus dikuasai oleh internet marketers. Bahwa SEO dan SEM juga memiliki pengaruh dalam campaign yang sedang dijalan.

Video Marketing

Perlu diingat bahwa sekarang video jadi salah satu media yang paling populer di dunia. Tentunya buat kamu seorang konten maker atau internet marketers harus paham dan tau tentang trend digital marketing yang sedang berkembang saat ini.

Video marketing kamu bisa menggunakan beberapa platfrom yang tepat. Platform video marketing saat ini adalah:

  • YouTube
  • TikTok
  • Instastory

Influencer Marketing

Sudah lama kalau influencer menjadi media untuk internet marketing. Tentu dengan memilih influencer yang tepat dan sesuai dengan brand yang dibawa, maka campaing pun akan bisa berjalan dengan baik.

Marketplace Marketing

Jika kamu menjalankan sebuah produk yang sekiranya perlu menggunakan marketplace, maka marketplace marketing bisa kamu gunakan.

Ada banyak keuntungan jika kamu menggunakan marketplace marketing, di antaranya adalah kamu tidak perlu membuat website, kamu tidak perlu memikirkan SEO dllnya.

Kamu hanya tinggal memanfaatkan fitur yang ada dalam marketplace itu sendiri, maka kamu akan bisa maksimal mendapatkan penjualan dari barang yang kamu jual di sana.

Content Marketing

Ini adalah inti dari media yang sudah saya tulis di atas. Content marketing atau konten marketing adalah konten atau isi dari sebuah strategi marketing.

Baca Juga:  Cara Sukses Berjualan di Sosial Media Dengan Mudah

Isi dari content marketing berupa gambar, video, tulisan, design dllnya. Tentunya dengan konten marketing yang sesuai dengan campaing dari brand atau produk yang dijalankan, maka strategi digital dari internet marketers akan berjalan dengan baik. Seperti pepatah anak konten. “Content is A King” Hehe.

 

Kesimpulan

Dari artikel di atas bisa diambil kesimpulan bahwa internet marketing untuk bisnis memang sudah harus jadi hal yang dipikirkan.

Tentu dengan dibantu seorang digital marketing strategist yang tepat maka internet marketing untuk bisnis dari barang atau jasa yang sedang kamu jalankan akan lebih maksimal.

Jika ingin menggunakan jasa internet marketing atau digital marketing strategist di Semarang, Jawa Tengah dan sekitarnya kamu bisa hubungi email yang ada di profile depan ya.

Leave a Reply