Blog Digital Marketing

DIGITAL MARKETING

Kelebihan dan Kekurangan Facebook Ads, Tiktok Ads, dan Instagram Ads?

Kelebihan Facebook Tiktok Instagram Ads

Salah satu fitur dari sosial media saat ini adalah adanya iklan atau ads di dalam platform mereka. Jadi saat kita ingin mempromokan sebuah konten di sosial media tersebut, kita bisa dengan mudah mendapatkan audience atau target market dari membayar iklan di platform yang kita sedang jalankan.

Sosial Media yang mempunyai platform ads atau beriklan adalah Facebook Ads, TikTok Ads, Instagram Ads. Namun rasanya tidak adil jika saya membanding-bandingkan antara platform tersebut di atas, karena memang pengguna dari platform tersebut berbeda-beda karakternya.

Jika kita bisa memahami bagaimana karakter dari pengguna masing-masing platform sosial media tersebut maka kita akan bisa menggunakan fitur tersebut dengan baik dan apa yang menjadi tujuan dari kita beriklan akan tercapai.

Berikut poin dari platform tersebut di atas. Biar kamu yang sedang bingung untuk mencari mana yang tepat untuk hal yang kamu promosikan bisa tau kudu beriklan di mana saja.

Facebook Ads

  • Pengguna Facebook aktif sendiri rata-rata usianya adalah generasi X yaitu generasi yang lahir dari tahun 1961 – 1980.
  • Sebagian penggunanya adalah sebenarnya early adopter technology atau pengguna teknologi yang awam, jadi bisa dibilang Facebook mayoritas berisi orang yang baru bermain sosial media dan kurang begitu paham macam sosial media lain.
  • Gaya beriklan di Facebook sendiri menggunakan gaya story telling, jadi memang jika ingin mendapatkan audience dengan tepat maka kamu harus bisa membuat iklan dengan gaya ‘bercerita’, agar audience yang menjadi targetmu dapat tercapai.
  • Pengguna aktif Facebook sendiri bisa dibagi menjadi banyak karakter atau kriteria. Dari poin ke dua di atas bahwa pengguna Facebook adalah early adopter ditambah dengan rata-rata usia pengguna adalah generasi X, maka bisa dibilang secara Ekonomi, status Sosial dan Pendidikan juga dari golongan menengah. Meski tidak bisa dibilang semuanya ya.
Baca Juga:  Cara Menulis Artikel Blog yang Baik dan Berkualitas

TikTok Ads

  • Pengguna TikTok sendiri mayoritas adalah generasi Z, yaitu generasi yang lahir tahun 1995 sampai 2010.
  • Pengguna TikTok bisa dibilang lebih ‘maju’ dan ‘paham’ bagaimana bersosial media, setidaknya jika kamu bertemu pengguna TikTok maka setidaknya kamu bisa menemukan ada banyak macam sosial media yang sudah terpasang di gawai mereka.
  • Pengguna TikTok sendiri bisa dibilang berada di semua kalangan pendidikan, sosial dan ekonomi.
  • Untuk konten TikTok sendiri adalah konten video. Jika kamu ingin mendapatkan audience yang tepat maka kamu sendiri harus bisa membuat konten video secara tepat sesuai dengan audiencemu.

Instagram Ads

  • Hampir sama dengan pengguna TikTok, mayoritas pengguna Instagram adalah generasi Z, yaitu generasi yang lahir dari tahun 1995-2010.
  • Berbeda dengan Facebook dan TikTok, kalangan pengguna platform  Instagram ini berasal dari kategori Sosial, Pendidikan dan Ekonomi berada di kalangan menengah ke atas.
  • Konten yang bisa kamu gunakan di dalam Instagram bisa berupa video ataupun visual berupa gambar.

Di atas adalah poin-poin dari analisa pengguna sosial media baik itu Facebook Ads, TikTok Ads ataupun Instagram Ads yang saya amati tanpa adanya tools analitik-nya. Jadi kalau ada salahnya ya mohon dikoreksi.

Kenapa Twitter tidak saya masukkan sebagai salah satau poin di atas, karena Twitter untuk mengiklankan sebuah produk atau menjalakan campaign agak sedikit ‘susah’ dibanding dengan ketiga platfrom di atas.

Semoga penjelasan dari saya tentang poin-poin di atas cukup jelas. Jika ada salah atau kurang bisa komentar di kolom komen di bawah ya~

Leave a Reply