Blog Digital Marketing

DIGITAL

Kesalahan Digital Marketing yang Perlu Kamu Hindari

kesalahan digital marketing

Banyak pengusaha yang mulai masuk ke bidang digital marketing untuk mengembangkan bisnis atau usahannya dikarenakan mudahnya konsep pemasaran hingga jangkauan pasar yang cukup luas.

Dikarenakan kemudahan tersebut di atas, tak heran bahwa banyak pengusaha yang masuk ke dunia digital marketing melakukan banyak kesalahan. Tentunya kesalahan dalam digital marketing ini yang harus dihindari.

Kesalahan Digital Marketing yang Harus Dihindari

Dalam artikel ini akan membahas beberapa kesalahan yang sering dilakukan oleh pelaku industri digital marketing. Berikut kesalahan digital marketing yang sering dilakukan:

Strategi yang Salah Sasaran

Ini adalah kesalahan yang paling sering dilakukan oleh seorang digital marketer atau yang sedang menjalankan digital marketing. Di mana seorang digital marketers kurang melakukan riset dan analisa yang mendalam sehingga strategi dan targetnya jadi jauh dari sasaran yang diharapkan.

Kurang Memahami Keinginan Klien

Sebagai seorang marketers, sebelum melakukan atau menjalakan project, ada yang namanya riset, yaitu menganalisa sebuah produk dari calon klien, tetapi juga memahami keinginan dari klien atau calon klien kita seperti apa.

Saat seorang marketers melakukan meeting untuk mendapatkan insight dari klien, seorang marketers harus terus mengeruk dan mencari secara mendalam keinginan yang klien inginkan. Jangan sampai malah saat project berjalan atau selesai, tidak sesuai dengan keinginan klien.

Riset yang Kurang Mendalam

Dalam menjalankan sebuah project digital, riset yang mendalam adalah langkah yang harus dan wajib dilakukan jika ingin project atau campaign digital berjalan dengan lancar dan mencapai target.

Baca Juga:  Strategi Marketing Secara Online yang Perlu Kamu Tau

Ada banyak cara dan tools analitik untuk melakukan riset atau analisa terhadap sebuah produk. Namun perlu kamu ketahui bahwa tools tersebut ada yang berbayar dan tidak berbayar.

Tentunya tools analitik untuk riset tersebut ada kelebihan dan kekurangannya. Namun jika seorang digital marketers bisa dan mampu membaca tools yang digunakan tentunya hasil riset juga bisa dibaca dengan baik.

Contoh tools untuk riset:

Konten yang Kurang Menarik

Jika kamu ingin menarik seorang konsumen datang dan menggunakan produk atau jasa yang sedang ditawarkan maka buatlah konten yang menarik.

Di sini guna team digital marketing seperti designer, copywriter saling bekerjasama dan seorang Project Manager sebagai pengawas atau supervisor dalam sebuah project digital marketing.

Pembuatan konten yang baik dan menarik adalah sebuah point yang selalu terlewat oleh digital marketers. Apalagi tidak bisa membuat konten yang ‘bercerita’, atau konten yang bercerita.

Banyak orang digital marketing yang ‘memaksa’ dirinya masuk ke dunia digital marketing karena sekedar menjadi ‘keren’ saja. Bahkan dirinya pun bukan berasal dari konten kreator. Itu kenapa konten yang keluarpun akhirnya tidak sesuai dengan apa yang klien inginkan.

Tidak Menghitung Return of Investment (ROI)

Return of Investment atau Laba dalam sebuah usaha digital harus dipikirkan oleh pelaku usaha itu sendiri, di mana keuntungkan tentunya akan menjadi hal yang dipikirkan oleh pelaku bisnis digital marketing.

Jangan sampai saat pekerjaan berjalan malah kamu merugi dikarenakan kurangnya perhitungan saat membuat proposal campaign. Jadi males to~ Wkwk

Kesimpulan

Di atas adalah kesalahan dalam digital marketing yang harus kamu ketahui. Tentunya masih banyak cara agar kamu terhindar dari kesalahan tersebut. Kadang kesalahan kecil di mata orang atau diri sendiri namun jika dibiarkan maka akan menjadi hal yang merugikan kamu sendiri.

Leave a Reply