Blog Digital Marketing

DIGITAL MARKETING

Manfaat Memiliki Website Untuk Usaha dan Bisnis, Penting Gak Sih?

Manfaat Memiliki Website Untuk Usaha dan Bisnis

Dalam dunia digital seperti sekarang ini, mempunyai website memang jadi salah satu cara untuk media promosi usaha atau bisnis.

Memang, gak semua orang akan mempunyai kemampuan untuk developing atau membuat website sendiri, banyak juga orang yang usaha membuatkan website. Baik website personal, UMKM atau website Profesional. Tentunya  ada manfaat website untuk usaha dan bisnis yang akan membantu anda.

Di postingan sebelumnya saya pernah membahas tentang tidak semua bidang bisnis itu tidak mempunyai website, namun kali ini saya akan membahas pentingnya memiliki website untuk usaha dan bisnis.

Manfaat Memiliki Website Untuk Usaha dan Bisnis

Meningkatkan Kredebilitas Tempat Usaha

Di jaman yang serba digital, saat semua orang mencari sesuatu di Internet, maka saat memiliki website sendiri untuk bisnis adalah cara untuk meyakinkan bahwa tempat usaha kita adalah tempat usaha yang tepat.

Di website bisa juga menjadi bahan promosi saat orang mencari nama atau sebuah produk di mesin pencarian. Dari hal tersebut kredebilitas kita sebagai pengusaha juga akan menjadi lebih baik dibandingkan pesaing yang tidak memiliki website.

Apalagi jika anda memiliki website, anda juga bisa membuat email personal dengan [email protected], tentunya di mata calon customer, perusahaan anda akan lebih kredibel dan terpercaya kan?

Selalu Terhubung Dengan Pelanggan atau Calon Pelanggan

Jika usaha atau bisnis anda mempunyai website, salah satu keuntungannya adalah pelanggan dan calon pelanggan akan mendapatkan informasi yang selalu update tentang produk terkait.

Baca Juga:  Manfaat Sosial Media Untuk Bisnis Yang Perlu Kamu Ketahui

Dengan tampilan atau jenis website yang sesuai, maka anda dan pelanggan atau calon pelanggan akan selalu terhubung. Seperti halnya saat produk anda tersedia kupon diskon atau promosi yang anda ingin pasang di website. Tentunya informasi tersebut akan membuat pelanggan anda lebih dekat dengan bisnis anda.

Dapat Menjangkau Pasar yang Lebih Luas

Internet adalah dunia tanpa batas, maka dengan internet dan website sebagai salah satu cara promosi, maka usaha anda bisa dikenal dan diketahui oleh pasar yang lebih luas tentunya akan terlihat bagaimana  manfaat website untuk usaha dan bisnis anda.

Misal anda usaha furniture, dengan pemilihan nama domain yang tepat serta website yang tampilan serta SEO yang pas, maka Anda akan bisa menjangkau pasar atau calon pelanggan tidak hanya di Indonesia saja, tetapi bisa juga berada di luar negeri juga.

Akan Lebih Menghemat Waktu Dalam Berkomunikasi

Bayangkan jika anda menyebarkan usaha lewat brosur atau pamflet yang hanya menyertakan nomer WA atau telepun, sedangkan untuk jenis produk anda hanya mengirimkan lewat sarana WA saja. Tentunya anda bakal ribet banget kalau selalu ada tanya jawab di WA atau telp hanya untuk menjelaskan produk yang anda jual sehingga manfaat website untuk usaha dan bisnis akan lebih tepat.

Sedangkan, kalau sudah mempunyai website, anda tinggal pasang produk di website anda dengan keterangan yang jelas, cara pembayaran yang jelas juga, anda akan menghemat waktu dan tidak merasa terganggu dengan pertanyaan-pertanyaan yang sekiranya itu akan menggangu waktu pribadi anda, bahkan sampe gak sempat urusan yang lain.  Ya kan?

Menghemat Biaya

Jika anda sudah memiliki website tentunya anda tidak perlu ongkos lagi dalam membuat iklan di media massa surat kabar atau tempat promo lain. Biaya pembuatan website itu bervariasi, banyak tempat pembuatan website murah serta jual beli domain murah terpercaya di Indonesia. Jadi saat pengen buat website kamu tinggal tentukan biaya kamu sendiri dan kebutuhan website mu sendiri.

Baca Juga:  WordPress vs Blogspot: Mana Yang Terbaik Untuk Ngeblog?

Dibanding dengan biaya tahunan, tentunya awal pembuatan website akan lebih mahal, namun jika ditotal dalam membayar iklan di media massa seperti radio, koran yang konversinya kita tidak ketahui berapa orang yang membaca dan melihat, tentunya dengan mempunyai website, semua data akan lebih terlihat.

Kesimpulan Memiliki Website Untuk Usaha dan Bisnis

Dari artikel di atas bisa ditarik kesimpulan apakah penting manfaat memiliki website untuk usaha dan bisnis sebagai berikut.

Kesimpulan

Nah, kesimpulannya adalah, mempunyai website itu penting buat pebisnis yang sedang merintis bisnisnya. Tentunya banyak hal yang perlu diperhatikan jika ingin memiliki website untuk bisnis-nya. Tapi buat saya pribadi, memiliki website untuk usaha atau bisnis itu penting, karena menyangkut kredibilitas dari usaha kita.

 

Leave a Reply