Blog Digital Marketing

DIGITAL MARKETING

Manfaat dan Strategi Digital Marketing Untuk UMKM

digital marketing strategi UMKM

Dunia UMKM belakangan ini di Indonesia cukup merebak dengan adanya dunia digital. Pelaku UMKM yang sudah melek digital tentunya akan memanfaatkan momentum dengan banyaknya platform e-commerce yang banyak di Indonesia.

Buat pelaku UMKM pemula yang ingin masuk ke dunia digital tentunya banyak kebingungan hal apa saja yang akan dilakukan, sedangkan pesaing sudah cukup banyak.

Nah, artikel kali ini akan membahas bagaimana manfaat digital marketing dan strategi untuk UMKM sehingga usaha UMKM-nya bisa berjalan dan menghasilkan uang.

Manfaat Digital Marketing Untuk UMKM

Manfaat digital marketing untuk UMKM sebenarnya cukup besar.  Dimana UMKM sendiri akan terbantu untuk dikenal orang sehingga hasilnya akan mendatangkan pembeli potensial ke UMKM tersebut.

Berikut manfaat digital marketing untuk UMKM yang perlu kamu ketahui.

Dikenal Banyak Orang

Di dalam dunia digital yang tidak ada batasan seperti sekarang ini, tentunya UMKM ingin usahanya dikenal banyak orang. Dengan masuk ke dalam dunia digital tentunya UMKM yang dimiliki akan lebih dikenal oleh banyak orang.

Dengan memanfaatkan strategi digital seperti memanfaatkan sosial media untuk bisnis tentunya tak hanya secara offline usaha UMKM akan dikenal, tetapi bakal lebih dikenal ke lebih banyak orang secara luas.

Memperoleh Market yang Potensial

Setelah usaha UMKM di kenal banyak orang, tentunya dalam digital marketing UMKM akan mendapatkan manfaat  yaitu memperoleh market yang potensial.

Baca Juga:  Rekomendasi Plugin Wordpress Terbaik

Karena pada setiap sosial media atau alat yang digunakan untuk digital marketing, terdapat data. Nah, data tersebutlah yang akan menjadi alat jual untuk UMKM lebih tepat sasaran dalam menjalankan usahanya.

Stretegi Digital Marketing Untuk UMKM

Setelah membahas bagaimana manfaat digital marketing untuk UMKM, saatnya bagaimana strategi digital marketing untuk UMKM secara tepat.

Buat dan Daftar Google My Business

Google My Business atau Google Bisnisku adalah platform dari Google di mana kamu akan memberikan banyak informasi terkait lokasi bisnismu, jam buka atau operasional, informasi terkait UMKMmu, bahkan sampai review tentang usahamu.

Di sini pentingnya Google My Business untuk UMKM yang juga tersedia usaha offline. Tapi buat hanya usaha online tak ada salahnya juga membuat Google My Business, karena akan membantu SEO di pencarian kok.

Buat dan Manfaatkan Sosial Media

Sosial media saat ini semua orang bahkan anak kecil bisa membuat dan memilikinya. Untuk UMKM tentunya membuat sosial media adalah salah satu strategi yang bisa dibilang wajib untuk dijalankan.

Apalagi melihat persaingan di dunia digital juga semakin tinggi, sosial media untuk UMKM juga harus dimaksimalkan untuk menarik konsumen tentunya dengan konten konten yang baik dan tepat.

Ada banyak platform sosial media yang bisa UMKM jalankan. Antara lain: Twitter, Facebook Page, Instagram, Website bahkan YouTube.

Manfaatkan e-Commerce Untuk Berjualan

Jika UMKM mu adalah usaha jual beli produk, e-Commerce adalah cara termudah dan termurah untuk menampilkan katalog usahamu. Di dalam e-Commerce  usaha jual belimu bisa lebih terjangkau ke banyak orang sehingga usahamu akan lebih tepat sasaran. Tentunya kamu harus memilih dengan tepat e-Commerce mana saja yang sesuai dengan usahamu.

Baca Juga:  Perbedaan SEO dan SEM Untuk Digital Marketing

Membuat Website untuk UMKM

Sebenarnya saya kurang rekomendasikan untuk membuat website UMKM, dikarenakan ada banyak effort atau usaha dari pemilik untuk membuatnya. Namun jika kamu bisa dan pengen sedangkan tidak ada biaya untuk membeli domain dan membayar hosting kamu bisa memanfaatkan hosted website untuk UMKMmu.

Manfaatkan Iklan di Sosial Media

Sosial media sebenarnya penting juga, di mana kamu membuat iklan di portal sosial mediamu untuk menjangkau pembeli potensial sehingga UMKMmu akan lebih dikenal ke banyak orang sehingga bisa meningkatkan pendapatan dari UMKMmu.

Ada banyak cara iklan di sosial media. Antara lain:

  •  FB dan IG
  •  e-Commerce
  •  Google Ads
  • Membayar influencer atau endorser untuk mempromosikan produk UMKM kamu

Kesimpulan

Dari artikel di atas, buat kamu yang sedang menjalankan UMKM dan bingung untuk menggunakan sosial media sebagai sarana promosi produk kamu. Saya sarankan kamu gak perlu ragu untuk menggunakannya.

Jika anda berminat untuk menggunakan jasa digital media marketing untuk UMKM daerah Semarang, Solo, Jogja kamu bisa kirim email atau sekedar konsultasi saja juga boleh ke email [email protected] 

Leave a Reply