Blog Digital Marketing

DIGITAL MARKETING

Mengukur Kompetitor Bisnis Online Lewat Sosial Media Analitik

Mengukur Kompetitor Bisnis Online

Di era digital saat ini persaingan dalam bisnis di dunia online amat sangat ketat. Dengan banyaknya orang yang menggunakan platform digital tentunya membuat banyak persiangan di dalam dunia bisnis.

Sebagai pebisnis online atau pelaku bisnis digital tentunya melihat persaingan yang cukup ketat ini akan membuat kamu harus melakukan banyak strategi yang tepat sehingga bisnis onlinemu akan bisa maju.

Kali ini masjun.com akan sedikit mengulas tentang bagaimana mengukur kompetitor bisnis online lewat sosial media analitik.

Sosial Media Analitik Untuk Bisnis Online

Di dunia digital, mempunyai sosial media adalah salah satu cara strategi untuk mengembangkan bisnis yang kamu jalani. Dengan banyaknya pesaing tentunya strategi yang tepat dan analisa yang tajam melalui sosial media analitik akan membuat bisnis kamu akan lebih baik.

Bagaimana Cara Mengukur Kompetitor Bisnis Online

Ada banyak cara untuk mengukur kemampuan kompetitor bisnis online melakui sosial media analitik. Di dalam dunia digital, tiap platform memiliki analitik di dalam sosial media-nya.

Cara Sederhana Untuk Mengukur Kompetitor Bisnis Online Lewat Sosial Media Analitik

Ada banyak tools yang bisa kamu gunakan untuk mengetahui kemampuan dari kompetitormu, sehingga kamu bisa siap untuk menghadapi kompetitor yang mempunyai bisnis atau usaha online melalui sosial media analitik.  Berikut cara dan toolsnya:

Pencarian Keyword

Pencarian keyword di dalam sosial media adalah salah satu cara yang paling sederhana untuk mendapatkan analisa sehingga kamu bisa mengukur kemampuan usaha kamu di dunia digital.

Baca Juga:  Cari Duit Dari Ngeblog? Emang Masih Bisa?

Banyak tools yang bisa kamu gunakan untuk melakukan pencarian keywords untuk bisnis kamu, baik itu free atau berbayar. Keywordtool.io , Neilpatel.com , Ahrefs, MOZ , TubeBuddy dan Google Adword adalah tools yang bisa kamu gunakan untuk mengukur kompetisi bisnis onlinemu.

Riset Kompetitor Melalui Sosial Media dan Media Analitik

Di era sosial media bisa dibilang hampir semua bisnis sudah memiliki akun sosial media baik itu Instagram, Facebook, Twitter bahkan yang lagi ngetrend sekarang adalah TikTok.

Di dalam masing-masing platform sosial media tersebut sebenarnya sudah terdapat tools analitik, tetapi untuk menajamkan sebuah analisa agar strategi dari bisnis yang kamu jalankan bisa semakin tajam, tentunya ada beberapa tools yang bisa kamu gunakan untuk mengukur kemampuan kompetitor di sosial media.

Tools yang bisa kamu gunakan ada berbagai jenis, Hootsuite, Sprout Social, Netray dan masih banyak lainnya. Tentunya semua memiliki banyak kelebihan dan kekurangannya.

Nah, di atas adalah cara sederhana untuk mengukur kompetitor bisnismu di dunia sosial media, tentunya perlu diingat bahwa hasil dari analisa melalui tools yang ada tentunya tidak akan maksimal jika kamu sendiri tidak bisa membaca hasil dari analisa dari masing-masing tools. Dan pastikan juga saat kamu siap bersaing dengan kompetitormu, kamu juga siap untuk mempersiapkan hal yang lainnya seperti biaya, tenaga dlsb.

 

Leave a Reply