0

Mudik Untuk Silaturahmi Dengan Kerabat Dan Sahabat Atau Pamer Pencapaian?

Lebaran Sebantar Lagi~ Hari Yang Dinanti-nanti~ Sebuah potongan lagu dari sebuah lagu yang saya tau(saya lupa siapa yang menyanyikan), Lebaran itu hari di mana kemenangan itu dirayakan dengan suka cita dengan kerabat dan sahabat di tanah kelahiran setelah lama merantau untuk mencari sesuap nasi di tempat yang jauh di sana.

Selain untuk silaturahmi, menyambung tali silaturahmi dengan kerabat, tentunya akan ada acara di mana kita berkumpul atau reuni dengan teman-teman sekolah dulu. Nah, ini juga kegiatan yang sebenarnya agak nganyelke menurut saya.

Selain pertanyaan kapan yang selalu malas untuk didengar, akan ada di mana satu teman yang ‘umuk’ alias pamer pencapaian. Nah, kalau ini sih sudah paling malesin sebenarnya. Adalah sebaiknya untuk ‘menahan’ diri untuk ‘pamer’ ke kerabat dan teman dekatmu, tidak salah sih sebenarnya cuman buat beberapa orang situasi yang mengasikkan di saat kumpul ketawa-ketawa saat kecil di reunian itu akan membuat kondisinya tidak asik dan malah membuat krik~

Buat beberapa orang, akan tidak menyenangkan ketika dibanding-bandingkan atau merasa dibanding-bandingkan. Ya gimana lagi, pencapaian setiap orang itu berbeda-beda. Ya, gak? Karena proses itu juga butuh waktu menurut saya. Saat anda sudah mencapai titik yang lebih baik dari yang lain(sudah punya rumah mewah, mobil mewah, jabatan yang awesome dll) maka bersyukurlah. Mungkin teman atau kerabatmu itu belum berada di titik tersebut.

Biar asik gimana sih? Ya jagalah hati dan perasaan sebenarnya, jika dirimu merasa sudah cukup ke titik yang awesome, mendingan rendah dirilah. Rendah diri itu bukan untuk meningkatkan mutu kok, tapi untuk membuat kondisinya lebih nyaman. Enaknya lagi, saat berkumpul itu membicarakan hal-hal yang netral saja, seperti membicarakan bagaimana kondisi kota tempat kelahiran yang semakin macet, membahas project2an yang bisa dikerjakan bareng-bareng atau lebih enaknya membahas romantika jaman kecil di mana kita bisa ejek-ejekan.

Ya gimana lagi, lebaran itu momen kita kangen-kangenan kok, bukan untuk membandingkan sudah sampai mana dirimu sekarang, tapi saatnya yuk, kita bareng-bareng untuk menjadi lebih baik bersama teman, sahabat dan kerabat. Apalagi dulu pernah susah bareng. Akan lebih menyenangkan jika susah bareng kemudian memikirkan bagaimana untuk sukses bareng. Bagitu?

Mas Jun

Working In Silence & Move When The Time Is Right. | Live Slow, Die Whenever. | A Motorcycle & A Mission | Lucky Bastard | Drink Too Much Coffee | me@masjun.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *