Blog Digital Marketing

DIGITAL

Panduan Sederhana Sosial Media Marketing Untuk Pemula

sosial media marketing

Sosial media adalah bukan hal yang baru saat ini di Indonesia. Hampir semua orang di Indonesia mempunyai sosial media, tapi tidak semua orang bisa memanfaatkan sosial medianya untuk berjualan.

Postingan kali ini masjun.com akan sedikit mengulas tentang panduan sederhana sosial media markerting untuk pemula.

Apa itu Sosial Media Marketing?

Sosial Media Marketing seperti namanya bahwa kita memanfaatkan platform sosial media kita untuk berjualan atau mempromosikan sebuah produk atau brand.

Upaya untuk meningkatkan penjualan dan brand awareness kepada khalayak melewati kanal sosial media sehingga akan meningkatkan penjualan atau brand awareness dari brand kamu.

Strategi Sosial Media Marketing yang Efektif Untuk Pemula

Memilih sosial media yang lagi ngetrend dan sosial media yang cocok untuk jualan online kamu. Di sini kamu harus pintar pintar memilih platfrom sosial media mana yang cocok untuk kamu berjualan atau memasarkan produk atau brand kamu.

Kenapa seperti itu? Karena saat kamu bisa mendapatkan sosial media yang cocok untuk jualan online maka kamu akan lebih tepat mendapatkan target dan hasil  yang maksimal.

Gunakan Tools yang Tepat untuk Sosial Media Marketing

Kalau ngomongin target, pastinya kamu diarahkan untuk mencari tools sosial media yang tepat untuk project yang kamu akan jalankan. Banyak tools lokal Indonesia yang bisa kamu manfaatkan. Baik itu tools untuk sosial media monitoring, news monitoring, youtube monitoring atau website monitoring untuk mencari keywords dllnya.

Baca Juga:  Tema Blog Agar Banyak Pengunjung Untuk Blogger Pemula

Ada berbagai macam contoh tools sosial media yang bisa kamu gunakan, berikut 3 rekomendasi tools untuk sosial media marketing dan monitoring dari saya:

  • Netray.id : adalah tools sosial media monitoring dan news monitoring buatan Indonesia. Berbasis bahasa pemrograman dan menggunakan AI atau kecerdasan buatan, tools  berbayar dari Netray ini akan saya jadikan rekomendasi untuk kamu yang pengen memonitor brand kamu melalui sosial media. Netray bisa memonitor FB, Twitter, IG dan portal berita online.
  • Ahrefs : Ahrefs sendiri sudah bisa dibilang tools yang ‘wajib’ untuk dimiliki buat kamu yang ingin menguasai keywords atau kata kunci terkait SEO dari brand yang kamu handle atau brand kamu sendiri. Di Ahrefs kamu bisa mencari volume keywords, rekomendasi keywords dllnya. Memang untuk harga Ahrefs ‘agak’ sedikit mahal, tapi kalau kamu ada budget di sana, gak ada salahnya kamu memanfaatkan produk ini. Pada Ahrefs kamu bisa memonitor web, backlinks, keywords idea dllnya.
  • Hootsuite: Siapa yang tidak mengenal nama Hootsuite ini. Aplikasi untuk membagikan postingan di berbagai kanal sosial media ini juga bisa memberikan kamu cukup banyak data untuk brand kamu, sehingga kamu bisa memaksimalkan startegi sosial media marketing kamu.  Pada Hootsuite kamu bisa memonitor beberapa kanal sosial media yaitu: FB, YouTube, IG, dan banyak lainnya.

Selain tools di atas ada juga tools untuk memaksimalkan akunYouTube kamu  atau plugin dari wordpress yang bisa kamu manfaatin untuk memaksimalkan sosial media kamu. Banyak lah tools yang bisa kamu manfaatin.

Membaca Data dan Mengolahnya

Jika kamu sudah memilih tools untuk mendukung sosial media marketing yang akan kamu lakukan, di sini kamu ‘diwaijbkan’ untuk bisa membaca data dan mengolahnya. Kenapa begitu? Ya karena di dalam data sendiri itu terdapat banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan penjualan kamu.

Baca Juga:  Pilihan Sosmed Untuk Jualan Online Yang Cocok Untuk Pemula

Mengolah data tentunya bukan hal yang mudah jika ngomongin sosial media marketing untuk pemula, namun dalam hal ini sebagai sosial media marketers atau seorang yang sedang memegang brand atau sedang menjalankan sebuah brand, tentunya dengan data yang didapat dari tools sosial media marketing dan monitoring tersebut kamu akan mendapatkan hasil yang maksimal.

Strategi Sosial Media Mana yang Pas?

Cukup banyak stratregi yang bisa kamu jalankan untuk sosial media marketing yang pas. Sebagai permulaan, kamu bisa menentukan dulu target audience dari produk kamu.

Beberapa platform sosial media menawarkan banyak hal yang bisa kamu manfaatin untuk berjualan. Ada yang berbayar ada yang gratisan. Tentunya semua ada kekurangan dan kelebihannya. Semua tergantung dari budget yang kamu siapkan.

Jika kamu sudah menentukan budget dan platform yang sudah kamu pilih, hal terakhir yang harus kamu jalankan adalah dijalankan! Kenapa gitu? Karena jika semuanya hanya wacana tanpa ada ekseskusi maka semuanya adalah hampa~ tak ada gunanya~ kwkw.

Sukses selalu!

 

Leave a Reply