Blog Digital Marketing

CERITA-CERITA

Pengalaman Beli Barang di AliExpress

pengalaman beli di aliexpress

Postingan kali ini akhirnya saya bisa menuliskan pengalaman beli di AliExpress yang merupakan pengalaman pertama saya membeli di e-commerce kepunyaan Kokoh Jack Ma.

Ini adalah pengalaman pertama saya membeli barang dari adiknya AliBaba ini. Overall agak sedikit kagok dan was-was sebenarnya, karena banyak yang bilang bahwa banyak penjual yang ‘nakal’ di platform ini.

Akhirnya saya memberanikan mencoba membeli saja. Saya waktu itu membeli sebuah clip pisau dari seorang penjual di sana. Saya melihat jarang banget penggemar pisau di Indonesia mempunyai klip pisau tersebut.

Lalu pede wae, tak beli. Tentunya sebelum saya membayar, saya pastikan dulu rating dari penjualnya kemudian melihat beberapa review-nya. Setelah dirasa oke, saya akhirnya membeli barang tersebut.

Setelah mengisi alamat dan memilih format pembayaran (saya membayar penggunakan Alfamart via Doku)

Akhirnya setelah 2 Bulan, barangnya sampai! Yay!

Ternyata memang lama juga untuk pengiriman. Saya menggunakan yang paling murah waktu itu. Kamu bisa memilih yang tercepat tapi ya harga juga menyesuaikan dong~

Berhubung barangnya murah(sekitar 70ribuan Rupiah), jadi ya saya milih yang paling murah wae. xixi.

Saya membeli dan terkonformasi pembayarannya tanggal 25 Juni 2020. Setelah 2 bulan barang tersebut sampai ke lokasi pada tanggal 12 Agustus 2020. Mayan juga ya.

Saat barang datang, saya harus membayar uang (saya kurang tau itu uang pengganti bungkus atau uang pajak) sebesar 15ribu rupiah.

Buat saya, biasanya pengiriman yang barang ‘China’ ginian biasane maksimal 14 harian maksimal 1 bulan. Ternyata bisa lebih dari 1 bulan. Atau mungkin karena covid ya?

Kualitas

Untuk harga yang murah(kebetulan waktu itu ada diskon cukup besar untuk pembeli pertama kali di AliExpress), saya cukup terkejut dengan build quality-nya cukup oke lho. Bahan juga dari Titanium. Overall PUAS!

Baca Juga:  Pengalaman Belanja di AliExpress Bayar via Alfamart Ternyata Gampang!

pengalaman beli di aliexpress

Ya wis, lah, akhirnya barangnya sampai dengan selamat. Ternyata pengalaman beli di Aliexpress atau dari e-commerce luar negeri ini cukup buat was-was juga ya.  Bisa dibilang tracking dari AliExpress ini juga bagus lho.

Hal yang perlu kamu perhatikan saat beli online dari luar negeri:

  • Cek Rating Penjual
  • Cek Review dari Pembeli
  • Pastikan Pembayaran yang Mudah
  • Komunikasi yang Baik dari Penjual
  • E-Commerce yang  terpercaya

Dari point di atas, kamu sebenarnya gak perlu khawatir jika kamu mau membeli barang dari luar negeri.  Banyak kok penjual yang jujur dan mempunyai barang yang baik.

Kalau kamu pengen dapat potongan hingga 20 dollar untuk pembelanjaan pertama kali, kamu bisa gunakan Kupon AliExpress saya di sini

5 Comments

  1. Untuk pembelian yang Juni kemarin, sampai ke rumah kena biaya pajak ndak, Mas? Atau cuma biaya kantor pos?

  2. Zam

    aku pernah beli dari AliExpress pas jaman dia belum bisa integrasi dengan Doku. terus ini aku juga mulai nyari-nyari barang yang murah-murah, lebih murah dari Amazon.. dan setelah dihitung-hitung ternyata kok jatuhnya hampir sama, (terpaut 1€, lebih mahal di Amazon), akhirnya beli dari Amazon saja. dah jauh lebih cepat dan ra perlu ribet bayar custom lagi. tapi mungkin suatu saat nyoba beli Aliexpress kalo memang selo dan ngga ada di Amazon.

    • Comment by post author

      buat beberapa barang ‘aneh2’, Amazon tidak sekomplit AliExpress nek menurutku. karena beberapa barang dari Amazon juga penjualnya rata2 ambil dari AliExpress (Dropship) dan sebaliknya sih jane. :))

      aku ra wani jipuk Amazon mungkin terkait custom dllnya. Jadi ya, buat wong Indonesia, nek tuku barang murmer aneh2, mending tumbas neng AliExpress. pembayaran juga gampang wisan.

  3. Pac, kenapa situs Cina namanya Ali? Kok bukan LingLing atau WongFeiHungExpress gitu.

Leave a Reply