200

Pengalaman Mengirim Paket Ke Luar Negeri Menggunakan EMS Kantor Pos Indonesia

Berbagi pengalaman ah, ini adalah pengalaman pertama saya mengirim paket ke luar negeri jasa EMS dari kantor pos Indonesia. Sebelumnya jika saya mengirimkan barang ke luar negeri saya selalu menggunakan jasa pengiriman seperti FedEx atau DHL. Tetapi karena keinginan dari bos saya yang tidak terlalu buru-buru menerima barang, maka akhirnya saya mencoba menggunakan jasa EMS dari Kantor Pos Indonesia.

Sebelum saya melakukan pengiriman barang tersebut, saya mencari-cari informasi tentang EMS Kantor Pos tersebut di beberapa blog. Ada beberapa blog yang menulis pengalaman buruknya menggunakan jasa pengiriman luar negeri menggunakan jasa Kantor Pos. Ada juga yang menuliskan pengalaman yang baik ketika menggunakan jasa EMS ini.

Setelah meyakinkan diri, akhirnya keesokan harinya saya ke Kantor Pos Besar Surakarta untuk menanyakan harga jasa pengiriman ke luar negeri. Alamat yang saya tuju adalah Amerika, Negera Bagian Massachuset(nulis ini saja tak kopas, soalnya susah 😐 )

Setelah ke meja Customer Servise, saya disambut oleh 2 orang pegawai kantor pos. Saya menanyakan berapakah harga pengiriman ke alamat yang hendak saya kirim. Sayangnya proses mendapatkan harga cukup lama, karena di Meja CS Kantor Pos Besar Surakarta hanya adaΒ  1 buah komputer sedangkan ada 2 orang pegawai, kebayang bagaimana wagunya mereka ini berebut komputer hanya untuk mengecek harga. Kebetulan saat itu bukan hanya saya saja yang sedang menanyakan harga pengiriman, ada 2 orang. Wagu tenan pokoknya saat mereka saling berebut mengecek harga. Saya cuman bisa senyum saja. Memaklumi bahwa inilah wajah asli dari kantor buatan pemerintah. Gak berubah ternyata.

Ok, akhirnya saya mendapatkan harga pengiriman itu. Harga yang saya dapat ternyata LEBIH MURAH dari pada harga jasa pengiriman seperti FedEx dan DHL.Jika saya menggunakan jasa FedEx atau DHL, estimasi barang sampai ke tempat tujuan adalah 3-4 hari. Jika menggunakan EMS kira-kira 7-10 hari. Bahkan bisa sampai 1 bulan lebih.

Akhirnya pada hari itu juga setelah rekan saya setuju dengan lamanya pengiriman, sayapun memberanikan diri untuk menggunakan jasa Kantor Pos, meski jane deg2an juga.

 

Sayapun tanya ke CS tersebut bagaimana prosedur pengirimannya.Mereka menyuruh saya mengisi form pengiriman rangkap 3. Sebelumnya saya ditanya oleh CS, barang apa yang akan saya kirim. Saya waktu itu hanya mengirim sample jaket batik untuk toko rekan kerja saya yang ada di Amerika. Setelah mereka menyatakan bahwa barang tersebut ok. Saya disuruh ke bagian pembungkusan. Karena memang waktu itu saya hanya memang tidak berencana untuk mengirim sehingga jaketnya ya ndak dibungkus dan dikemas dengan baik.

Form Pengiriman

Form Pengiriman

Kemudian saya segera bergegas ke bagian pembungkusan paket. Saya pun dikenai biaya sekitar 5000 rupiah, karena memang hanya 1 buah jaket saja dan pembungkusannya pun hanya menggunakan karung plastik beras yang dijahit pakai rafia. Oke, ini pengalaman saya yang baru. Ndak biasanya saya membungkus paket ini dengan model beginian. Kalau menggunakan jasa yang lain pasti menggunakan kantung kertas atau box yang bagus dan menarik. Dalam hati saya, “wong murah, yo wis”

Packing Barang Di Kantor Pos Menggunakan Karung Goni :))

Packing Barang Di Kantor Pos Menggunakan Karung Goni :))

Setelah itu saya kembali lagi ke meja CS untuk menyerahkan form pengiriman tersebut. Setelah semua tampak sudah terisi dengan benar, maka paket saya dikasih stiker ‘SECURITY CHECKED” oleh mereka.

Setelah itu, saya disuruh untuk ke meja pembayaran. Setelah saya sampai ke meja pembayaran ternyata saya disuruh nulis lagi form pengiriman karena kata mbaknya yang jaga tulisan saya kurang tembus. asem ik.

Setelah menulis lagi form pengiriman tersebut, saya menyerahkan barang yang akan saya kirim untuk ditimbang, kemudian saya membayarkan uang untuk jasa pengiriman tersebut dan akhirnya saya pulang.

Setelah 2 hari dari pengiriman, saya ngecek resi pengiriman saya di web: http://www.posindonesia.co.id//, ternyata barang yang saya kirim sudah sampai Semarang. Lega ternyata barang saya bisa di-tracking di web-nya.

Try Shopify 14-Days For Free (No Credit Card Needed)

Setelah 4 hari, saya cek lagi. Ternyata barang kiriman saya masih tetap di Semarang. Hadeh. Piye sih iki. Wis, aku pasrah wae.

Hari ke 7 saya cek. Barangnya masih di Semarang juga. Saya mikir tambah pasrah saja. Nanti kalau ndak sampai saya tak ngirim lagi dengan jasa pengiriman yang bener.

Hari ke 10 saya tanyakan ke rekan kerja saya di Amerika sana. Ternyata barang kiriman saya sudah sampai. Tapi kok di web Pos Indonesia barang tersebut masih di Semarang yo? Wah, payah iki Kantor Pos. Ndak update trackingnya. Beda dengan jasa pengiriman yang namanya terkenal(terkenal karena memang mahal) Saya pun semakin paham. Seperti pepatah jawa “ono rego, ono rupo” atau dalam bahasa Inggrisnya adalah “There is a price, There is a face”.

Tracking Yang Masih DI Semarang. Pengiriman tanggal 16.

Tracking Yang Masih Di Semarang. Pengiriman tanggal 16 dari Solo. Nyantol terus statusnya. Padahal barang sudah sampai.

Nah, buat temen-temen yang pengen kirim barang via EMS Kantor Pos ada beberapa hal yang patut diperhatikan, yaitu:

  1. Pastikan Barang yang mau dikirim sudah dipacking dengan baik dan benar. Nanti kalau ndak dipacking dengan baik maka akan dipacking lagi di sana.
  2. Pastikan barang yang ditulis di form pengiriman sesuai dengan barang yang dikirim. Jangan sampai nanti ngirim jaket ditulis daster.
  3. Simpan resi pengiriman anda. Jika nanti ndak disimpan, gimana nge-trace di web.
  4. Pastikan sering berkomunikasi dengan orang yang anda kirim barang-nya. Ada kebiasaan bahwa barang sampai tapi tidak dikabari. Yang ngirim kan was-was.
  5. Pastikan alamat yang dituju itu benar. Jika salah bukan tanggung jawab dari jasa pengiriman.

Try Shopify 14-Days For Free (No Credit Card Needed)

Nah, segitu saja sih pengalaman saya mengirim barang menggunakan jasa EMS Kantor Pos. Memang lebih murah dari yang lain. Sampai saat ini yang saya sesalkan adalah kenapa trackingnya tidak real-time. Jadi orang yang mengirimpun jadinya malah was-was. Semoga Kantor Pos bisa memperbaiki kekurangannya yang lain dan jadi lebih baik, karena banyak dari warga negara yang membutuhkan jasa pengiriman yang baik. Mungkin nanti saya bakal menggunakan jasa dari Kantor Pos lagi. Mungkin… Adakah teman-teman mempunyai pengalaman mengirim barang ke luar negeri menggunakan jasa Kantor Pos?

Mas Jun

Working In Silence & Move When The Time Is Right. | Live Slow, Die Whenever. | A Motorcycle & A Mission | Lucky Bastard | Drink Too Much Coffee | me@masjun.com

200 Comments

  1. au taune ngirim mesin nggo pos.
    abote 53kg entek 500rbu. trus kon jipuk neng kantor pos besar :
    jane nek kurang seko 50kg malah murah tenan, :(( iso tekan nggon,

    • kl puluhan kilo mending pake cargo mas. saya biasanya pake indah logistik. itu pengalaman sy kirim utk domestik , blm ada pengalaman kirim keluar negeri

      • Saya dah 2x krim baju dan obatan2n ke arab pke ems. Dh seneng udh smpai di jeddah dr jkrta k jeddah 7 hri. Stlh d jeddah d cek lg mlah balik lg k jkrta d stu sya kecewa

        • Aku dapat kiriman dari indo baju sama obat”an,,udah 2 minggu ini blm sampai juga,,,padahal aku cek via Internet barang udah nyampai taiwan…biasanya klo barang kembali ke indo ada pemberitahuan ke pihak penerima gak sih..

  2. Sa dulu sering biyanget kirim pake jasa Kantor Pos.. Ngurus ngirim kontainer juga sering.. πŸ™‚
    Tapi cen gitu kog nek nganggo jasa KP ki.. Suwi dan nggawe was was soale re update jarang.. Tapi rapapa.. So far so good. KP Jogja nek ngirim barang di timur Toko Progo itu, dan sekarang mereka ada jasa jemput barang dirumah jika yang dikirim berat lebih dr 20kg dan banyak πŸ™‚

  3. Nek kutho2 cilik koyok Nganjuk iki, ngirim nganggo kantor pos malah cepet sampe. Murah pisan. Nek JNE sering nyasar soale biyen ndik Nganjuk durung enek cabang JNE ne. Hhahaa. Nek saiki wis enek. Dadi saiki kabeh aman. Cuman nek Kantor Pos pancen luwih murah.

  4. Tadi ngecek ke website POS Indonesia mau ngecek tarif pengiriman ke US tidak ada link untuk pos internasional. Kirim paket ke Massachussets habis berapa mas kalau boleh tahu ?

  5. Bener banget nih Mas soal nggak real time-nya tracking. Kebetulan saya lagi kirim hadiah CD ke temen di Tunisia dan pake EMS. 260 gram kena 382 ribu sekian. Dikirim dari tanggal 8 tapi sampe sekarang kalo di track statusnya “departed from export office” melulu. Kata petugas pos waktu saya kirim sih maksimal 7 hari. Semoga aja sampe yah dalam 7 hari itu

    • Itu kira2 barangnya udah sampai gak sekarang mbak,?, soalnya saya juga mau coba kirim ke korea, takut gal sampe

  6. Way kebetulan saya lagi cari-cari jasa pengiriman ke US (tepatnya Ohio) terus ketemu blog nya si Mas xD. Mas kalau boleh tau, itu paket dikirim ke alamat Si penerima atau orangnya disuruh ambil ke kantor pos? Soalnya saya mau kirim hadiah ulg tahun kan ga lucu jg kalo ga surprise dan orangnya disuruh ambil. Terus Mas penerima disuruh bayar sesuatu ga nantinya? Denger2 jasa pengiriman tertentu mengharuskan penerima bayar sejumlah uang juga pas nerima barang x.x

    • saya kurang tau waktu itu rekan saya sampai di rumah atau dia yang ambil di kantor postnya, tapi waktu saya tanya petugasnya, kalau alamatnya mudah dijangkau maka barang itu akan sampai di alamat pengirimnya.

      untuk jasa pengiriman tertentu iya, saya dulu waktu menerima barang dari luar negeri, nilai total barangnya hampir 200 dollar, kemudian saya diminta uang untuk menerima barang tersebut(jika barang lebih dari 50 dollar), untuk mensiasatinya kita bilang saja sama si pengirim bahwa barang tersebut hadiah(gift), jadi ndak kena bea masuk. πŸ˜€ *trik nakal jangan dicontoh*

      kalau kita mengirim nilai di luar negeri saya juga kurang tau, tapi saya selalu bilang bahwa harga barang tersebut di bawah 100 dollar. Tergantung juga nanti barang tersebut akan dijual lagi atau tidak.(non profit), nah, kalau barangnya jelas barang mahal, pasti pihak cukai tau bahwa harganya bakal lebih dari itu. biasanya sih harus mencantumkan harga asli(total produksi jika barang produksi), nanti di dalamnya include insurance biasanya. setau saya sih gitu. hehe.

      • saya kemaren juga kena pajak byr 100ribu pdahal sudah bilang itu barang hadiah dr teman lagian isinya makan dan buneka tapi ko kena pajak gede banget..
        tapi past dapat paket dari lain isinya cuma kaset dan beberapa barang tidak kena pajak pake jasa lain sih beda sama yang dapet pket boneka kena pajak 100ribu

  7. Sebenernya pake EMS itu untung-untungan πŸ˜€ Saya sering kirim paket pakai RLN yang tarifnya jauh dibawah EMS, nyampenya juga bisa cepat kok. Terakhir ke Sweden pakai RLN cuma 10 hari dah nyampe. Nah cuma kalau kita ke kantor pos, seringkali langsung “ditodong” suruh pakai EMS. Ya mungkin untuk memaksimalkan pemasukan haha.

    Kalau mau cek barang dah sampai atau belum, misalnya website pos indonesia gak update (dan seringnya memang gak update haha), bisa di cek di website kantor pos dari negara yang bersangkutan. Contohnya, saya biasa kirim pakai RLN ke Amerika, bisa di cek di website nya USPS (biasanya beberapa hari setelah barang kita kirim udah muncul datanya di USPS). Trus kemarin pas kirim ke Sweden, bisa di cek di posten dot se. Kalau mau gampang nge cek dari website pos negara asal dan tujuan, bisa pakai website semacam track-trace dot com.

      • mas jun ,selain pos ,fedex dan DHL ada lagi ga cargo di kota medan ? saya sring krim ke taiwan n malaysia. mau cari cargo yg murah ni. paling berat brgnya 1 kg doank.

      • Mas jun…..klo kirim obat eksim/penyakit kulit ke singapur bisa gk mas…dan kira” brp ongkirnya ya

    • Apakah bisa kirim paket/barang dengan RLN? Ataukah hanya untuk surat2 berbentuk kertas saja?
      Apakah ada ukuran maksimalnya?

      • Kak kalo misal kirim hp ke hongkong gitu bisa gak ya dari indo ke hongkong nanti di kira penyelundupan gak si kak .
        Makasi

    • mas ,mau tanya RLN itu ada di kota medan ? saya posisi di medan sering kirim dr pos ke taiwan n malaysia. kira kira ada yg lebih cpt dr pos n jgn trlalu mahal jg.

    • mas akoso selain RLN adakah paket pengiriman lain yang lebih murah melalui jasa pos indonesia?. apakah RLN ini nama lainnya paket reguler/biasa Internasional?

      Thanks

    • sepertinya bisa, asal ada keterangannya obat apa, kegunaan buat apa, soalnya pas kirim barang kemarin itu ada barengan saya kirim semacam obat ke sodaranya.

  8. tracking via post Indonesia cuma sampai kantor pos di Indonesia, begitu barang keluar dari Indonesia ga bisa lagi dicek pake web pos indonesia, harus di cek di web kantor pos negara tujuan. atau menggunakan http://www.track-trace.com/post

  9. Mas saya dikirim hadiah oleh teman saya dari Amerika. Saya kepikiran sama tarif pajak dan bea yang harus saya bayar. Bagaimana yah mas agar saya tidak dikenai biaya mahal secara ini barang hadiah. Terima kasih sebelumnya

    • maaf baru bales, kalau barang berstatus “gift” kayaknya tidak dikenakan pajak bea masuk setau saya :). nanti biasanya di jasa pengiriman biasanya di tanya barang ini barang apa. profit/gift. begitu. biar amannya sih mendingan anda pastikan ke teman anda kalau nanti barang yang mau dikirim itu diberikan status “Gift”.

  10. Kira kira kalau ngirim tembakau iris Dari Indonesia ke India yang beratnya 1 kg bisa nggak ya gan?
    Maklum saudara saya yang di India kangen sama tembakau Indonesia..😊

  11. Ko q bli barang d indo trus kirim k taiwan blum jga sampai.. n di cek mlh disitu kiriman tidak ada.. gmna yah

      • saya kirim barang ke taiwan..tp barangnya tidak sampai malah suruh ambil lagi dikantor pos…
        apakah benar ongkis kirimnya tidak kembali .pdahal ongkirx habis 500 rb lebih

  12. permisi, mau numpang nanya, untuk pengiriman ke usa, kira kira kalo saya mau kirim 2pcs t-shirt itu kena berapa ya? saya coba cek di web, tapi kurang ngerti… terimakasih

    • kalau saya waktu itu mengirim 1 jaket dikasih harga 300 ribuan mas. kalau 2 kaos paling tidak jauh dari itu. atau, mendingan tanya dulu saja biar jaga2 ndak kekurangan uang pas di Kantor Pos. πŸ™‚

  13. Mas aku lagi mau kirim barang ke istriku di macau-china, isi paket nya itu ipad, alat kecantikan nano spray trus ada minyak angin dan obat magg. Kalo isi paketnya kayak gitu kira2 bisa gak dikirim lewat kantor pos, dari kemaren aku mau kirim lewat jasa yang terkenal maju mundur, karna tarifnya mahal banget

    • saya kurang tau kalau mengirim barang elektronik menggunakan EMS, setau saya barang elektronik itu nanti ada packing kayu, sekalian saja minta asuransi buat barang jika barang rusak sampai tujuan.

  14. Mau nanya mas.. aq mw kirim paket ke netherlands kira2 beratnya 2kg.. kena biaya brp yah?? Aman jg ga? My first time..:)

    • waduh, ndak tau mbak πŸ™ mendingan tanya dulu aja kira2 berapa di kantorpos, tanyanya gratis kok. cuman parkir kendaraannya bayar :))

        • penulisan alamat minta alamat jelasnya, alamat rumah biasanya ada kode state-nya, misal massachuset itu MA, kode pos dan no telp

        • Maaf sy mau tanya nih mungkin ada yg lebih berpengalaman dalam bisnis online.ketika buyernya dari luar negeri dan proses pembayarannya menggunakan rekber apakah aman jika kita menggunakan jasa EMS? Dari pengalaman teman2 utk tranckingnya suka gak bener statusnya.saya agak bingung jadinya karena pihak buyer mintanya jasa EMS agar biayanya ringan.perlu di ketahui barang yg mau dikirim berupa kamera digital yg harganya juga lumayan.mohon pencerahannya kawan…trims.

          • itulah, kekurangan dari EMS karena trackingnya ndak bener. kalau saya sarankan sih, biar aman, mending pake jasa yang lebih bisa ditracking. mahal dikit ndak masalah, asal jelas trackingnya. apalagi nominalnya besar. kalau tidak mau, kan bisa dijajal dijual ke orang lain yang resikonya lebih rendah daripada nanti nekat pake EMS trus tracking bermasalah dll.

  15. Mas brarti olshop kirim barang ke luar negeri ada biaya tambahan karena barang yg dikirim termasuk barang profit? Besaran tambahan biaya profit brp % mas? Makasih

  16. 7-10 hari itu termasuk hari libur ga mas? Saya udah ngirim semingguan lebih pas di tracking masih di NY aja ga berubah2..Padahal udah nangkring di NY 6 hari. πŸ™

  17. Mas Jun, aku tadi cek pengiriman dari Bali ke US Amerika. Ada EMS merchandise sama paket biasa. Mas pake yang mana? Yang deket sama harga yang mas sebutin (300rb) cuman paket biasa. Makasih sebelumnya….

      • Mas kalo boleh saya tau mas kirim jaketnya dengan berat berapa ya? soalnya saya sudah tanya langsung ke kantor pos di medan katanya buat menggunakan paket biasa harus di atas 10kg. sedangkan saya hanya mau mengirim satu buah jaket saja sekitar 500gram. dan pegawainya malah menawarkan EMS merchandise itupun harga 500gram sama dengan 1kg. apa setiap kota beda” ya masketentuannya? mohon balasnya ya mas

        • saya dulu pakai yang biasa, ketika kirim memang di atas 1 kilo, karena bahannya juga berat sih. tapi ndak sampai 2 kilo, saya lupa tepatnya, tapi masih di bawah 1.5 kilo-an.

          • berarti kantor pos di kota mas paket biasa bisa di pakai ga mesti 10kg kan mas? makasih atas responnya mas

  18. Mas aku jual phonecase dan akan kirim ke Canada. 10pcs sih. Aku masing bingung mau pake jasa apa ? Kira-kira kena pajak eksport ga ya ? Karena kemungkinan besar bakal dijual lagi disana.
    Thanks.

    • kalau ada kemungkinan dijual lagi, mendingan omong apa adanya saja sama buyer. Amannya mbak Ellen cari info dulu, kemudian diomongkan ke buyernya.

  19. Saya kirim dokumen STNK Motor asli, hilang di pengiriman. pengalaman yg nggak asik.. tp untung nya mereka mau membayar sebesar uang pertanggungannya. waktu itu maks 1jt. akhirnya dr uang itu sy urus lagi STNK baru dan dpt ganti nya. Kantor Pos bagus sbnarnya tp tidak professional. web sering tidak update, jd kl cek tarif pengiriman susah, hrs tlp k kantornya.

  20. Mas, contoh pembungkusan paket yang baik itu gimana, ya? Apa harus dibikin waterproof? Saya rencana mau kirim pakaian, pernak-pernik dan beberapa macam permen gitu, lebih baik dikirm dalam bentuk amplop besar yg waterproof gitu atau dus kecil gitu, ya? Aku kok mandek di situ. Soalnya siapa tahu kalo pake dus malah kena charge biaya lebih dibanding amplop gitu. Makasih ya, mas. πŸ™‚

    • kalau paketan kaos satuan mendingan dikirim dalam plastik(bisa dibeli di toko plastik) dan diamplopin besar kemudian dikasih isolasi.

      Kalau permen dan makanan saya belum pernah coba, cuman memang kudu rapet sih, biar ndak rusak di jalan, karena resiko makanan itu lebih besar rusak ketika dalam proses pengiriman.

  21. Saya mau tnya….apa memang prosedurnya sprti itu….tmn saya yg berada di amerika mengirimkan sy barang tp kok tdk lgsg ke indonesia…malah barang itu ada dimalaysia dan org disana menghub saya utk membyr sebanyak 7juta agar barang tersebut kayanya bisa dikirim ke indonesia…..mohon infonya…

    • ATI2 mba… tu modus penipuan.. temen ane jg banyak yg gitu… tapi ujung2nya uang hilang. barang ndak ada. cek di lembaga pengiriman.. dengan no kodenya resi.

    • Saya sering dapat kiriman dari luar negri (dari Eropa barat & USA) karena suami saya seorang WNA, selama ini cuma kena bayar 3000-10.000 perak doang ko setelah tanda tangan resi bukti penerimaan. Barang dikirim sampai ke rumah, ngga ditahan apalagi suruh bayar jutaan.

      Itu sih scammer mau nipu nguras uang dikau kalau nerima kiriman disuruh bayar jutaan. HatiΒ² kalau ada kenalan yg cuma sebatas dunia maya ngejanjiin mau ngirim hadiah mahal & ujungΒ²nya disuruh bayar, udah pasti itu scammer alias penipu.

  22. Baru saja td kirim paket isi makanan kering dan kopi ke Amerika buat saudara. Karena sudah searching, jadinya langsung aja minta jasa RLN karena info yg aku baca itu yg termurah. Ternyata memang benar itu yg termurah lebih murah dari EMS, tapi maks berat hanya boleh 2 kg. Untuk paketku yg beratnya 1,5 kg biaya Rp. 432.500 dan menurut petugas pos Cikini (Jak-Pus) barang akan sampai di US sekitar 2 minggu, sementara menurut petugas bila pakai EMS biaya Rp. 613.000 dan bisa sampai sekitar 5 hari. Pelayanan petugas bagus dan informatif.

    Mudah2 an barangku bener sampai dalam waktu 2 minggu. Oh iya ini aku baru buka web nya mau ngecek lagi tarif, ternyata tarifnya memang sama dgn yg aku bayar tadi, Jadi kalau sebelum kirim barang, bisa cek dulu tarifnya di http://ems.posindonesia.co.id/ratepiol.php trus coba tracking lagi ternyata belum ada data, tadi petugasnya juga kasih info, mungkin baru bisa di tracking sekitar 2-3 hari lagi.

    Gitu aja sharing pengalaman kirim paket ke LN dgn paket pos.

    • mantab! terimakasih shareing-nya Mbak Semoga tracking-nya bener dan ndak bikin was-was pengirim ya. Makasih sudah berkunjung di blog saya. πŸ™‚

    • Cuma share sedikit, saya baru saja menelepon ke pos Indonesia karena bingung, saya baca dimana-mana, berat maks RLN adalah 2kg, tapi saya baca di websitenya, maksimalnya ada 5 kg, jadi saya tanya mana yang benar. Kata petugas posnya, untuk RLN maksimalnya adalah 5kg, sementara 2k adalah maksimal untuk EMS.

      Semoga membantu.

    • mbak Almeta,
      aku juga mau kirim kopi ke amerika. apa benar mesti ada license kopi nya? aku sudah tanya customer service TNT dan DHL mereka bilang untuk ekspor kopi mesti ada license kopi nya berhubung kopi termasuk di dalam peraturan obat2an dan makanan, karena di custom amerika nya pasti di cek license nya.
      kalau mbak Almeta kemarin ada license nya gitu juga nggak?
      trims

    • Setelah 2 minggu aku cek ke temenku di Amrik ternyata barang benar sudah sampai, hanya saja waktu petugas pos dateng tidak ada orang di apartemen temanku, dan ditinggali pesan harus ambil sendiri di kantor pos. Akhirnya temanku ngambil ke kantor pos, dan barang diterima dalam keadaan baik.

  23. aku pengen kirim kaos jersey ke india,,,kira2 abs brpa ya biaya nya..blm prnh kirim k luar negri dan ga tau pke jasa yg mana :-\ ..tx

  24. Maaf mas, saya boleh tanya?
    Saya mau kirim paket berupa hadiah ke teman saya di tunisia. Nah, saya gak ngerti cara kirim nya gimana dan lewat jasa apa, bisa bantu ?:s

  25. Mas apa bs mnt tlg dijelaskan scr singkat yg dmksd jasa pengiriman EMS dan RLN itu apa? Teman saya byk yg menyarankan utk mengirim barang via EMS (kl yg RLN br denger), drpd dengsn UPS, DHL jauh lbh mahal. Terima kasih

  26. Saya mau tanya kak.
    Kalau mau mengirim paket berupa kaos sebanyak 3pcs tujuan ke Taiwan kira2 kena ongkos kirim berapa ya kalau pakai EMS?

  27. Maaf mas Jun tau ndak kalo semisal kirim document ke Canada gitu apakah tarif nya sama dengan kirim paket barang gitu?

  28. Mas jun kirim jaketnya dikenakan tarif brp?
    ( bukan pas packing ya )
    Dan itu jaketnya brp kilo mas?

    • wah, yang di tunisia ya? sudah tanya kantor pos belum? kalau harga dll, saya kurang tau, soalnya saya juga bukan CS-nya kantor pos. maaf πŸ™

  29. Ems masih mahal, saya ada pengalaman beberapa kali kirim paket ke usa dengan berat yang sama barang yang sama,ternyata paket ems memang lebih mahal,dengan berat 20 kg teman saya mengirimkan barang ke saya domisili saya di bandung menggunakan us pos dengan biaya 259 usd, dan kerika saya memgirim balik barang tersebut berat sama dimensi sama biayanya 467 usd.ini menggunakan ems merchandise. Pantas saja kita susah maju semuanya lebih mahal dari negara lain

    • Betul mas resha gmana mau maju…..padahal….kalau SAJA SAJA DAN SAJA pos indonesia kita murah, pengiriman cepat (tidak berbulan2), tracking gampang, pekerjanya professional, barang tidak hilang alias sampai dengan selamat …..mungkin di indonesia ini ngak akan ada lagi yang mau jadi pegawai dan ngak akan ada lagi yang takut di PHK karna akan banyak pengusaha2 online dan expor barang berkembang….untuk negara pasti OTOMATIS devisa negara meningkat, OTOMATIS dengan begini secara tidak langsung mengurangi penganguran….SEMOGA POS INDONESIA MAKIN LEBIH BAIK.

  30. Maaf mas jun tanya, kalo kirim rokok ke inggris pakai EMS bisa ga? Mungkin ada persyaratanya gitu? Rekanan saya pernah ke indo dan kangen rokok sini, jadi rencana mau kirim. Kalau tau infonya mas. Makasih

    • Mau dg info kalau mau kirim rokok ke USA ada syarat apa gt.. kena bea cukai atau ada aturan apa… saya sempet denger boleh kalau jumlah dikit. Tapi barusan ke kantor pos d bilang sama sekali ga bisa kirim lwt EMS jadi saya bongkar package keluarin rokoknya…karena ragu2

      • kalau gak salah, tiap negara ada batas maksimal mengirim rokok. kalau gak salah lho ini. nah, beberapa temen yang rindu tembakau Indonesia, biasanya 1 slop gitu dikirim dengan barang dari Indonesia. Kenapa? Karena selain irit pengiriman juga dan kalau gak salah cuman 1 slop. Dan kalau gak salah beda aturan tiap negara perkara rokok ini. :))

        • Hi mas.. kmrn jadinya aku ga kirim dah to rokok1slop soalnya petugas nelp rekannya d bilang ga bisa lagi paketin pos. Dulu sempat masi bs kirim ke amerika atau Canada satu slop. Skrg sama sekali ga bisa kata petugasnya. Barang scarf dompet foto sama asesoris aku paketi RLN nyampe sebelah 2minggu. Dr 10juni sampe 25juni kmrn or NY. Pas record cek di usps keliatan kok ya tgl berapa tiba d sanfransisco trus ke N.Y.. rada2 deg2an karena cm RLN ga EMS. Tp syukur aman dan nyampe

  31. mas iku linknya ngecek paket via pos ke luar negeri gimana cz punyaku tak cek kok gag ono pemberitahuan lengkap kaya punyamu mas..

  32. Maaf mau nanya donk mas
    Kalau pengiriman dr amerika ke indo(jkt)
    Pakai jasa apa ya?soalnya tmn bingung
    Barangnya berupa tas sama dompet
    Cm temen bingung biayanya kena brp
    Makasih

  33. Mas jun mo tanya ,apakah jauh dekatnya negara tujuan pengiriman berbeda biayanya.misalnya ke malaysia n usa beda pa sama biayanya?.thanks

  34. Mau sekedar sharing aja. Aku waktu tahun lalu kirim paket isinya foto2 kirim ke Filipina pake EMS. Itu aku kirim tgl 26 bulan 6. Nah mba2nya sih bilang 3-5 hari bakal sampe. Aku bener2 stay tracking setiap harinya. Udh smpe atau belum. Soalnya ini pertama kali kirim ke luar negri. pas hari ke 3 atau ke 4… Paketnya udh sampe di filipina! tapi masih status apa gitu aku lupa setidaknya, aku lega dong. Akhirnya sampe. Eh……tiba2 pas udh lewat 5 hari org yg ku kirim paketnya ini mulai panik krn barangnya blm sampe dirumah. Aku berusaha tenang dan nenangin dia. hampir menjelang 1 bulan. Wah parah dah, dia mulai mikir yg engga2. Smpe dia cerita sama temannya, kl Aku nipu. Padahal pas aku kirim paketnya habis itu ku kasih no. Tracking sama linknya. aku berusaha sabar dan kecewa bgt sama EMS. Dan gamau lagi kirim2 paket ke luar negri. Org filipina itu kesannya bener2 aku jelek bgt dah, aku smpe ikutan jengkel. Ya aku bilang “mungkin paketnya masih di bea cukai atau ketahan” dia ya udh gimana gitu. Pas bulan 11 tgl 8 tahun kemarin, dia email aku. dia bilang paketnya udh sampe dan minta maaf ke aku. HAHAHA GILA AJA LAH YA. paket yg dikirim dari bulan 6 baru sampe bulan 11. Disitu bener2 aku gamau lagi. Dan krn aku jualan juga, byk yg minat dari filipina dan amerika cuma aku say noo γ… γ…  takut begitu lagi.

    • sebenarnya sebagai seller kasih aja alternatif shippingnya, kalau mau murah pake EMS, dengan resiko A,B, C dll. kemudian kalau mau cepet pake expedisi seperti FedEx dll yang realtime tapi mahal. gitu aja sih kalau saya sebagai seller. semua ada resikonya.

      Murah ndak bs cepet, kalau maunya cepet ya mahal. hehe.

      • saya pakai EMS udah dari tahun 2009 an, semua sampai tepat waktu, sesuai yg disebut sama pegawai posnya, lama bentar nya gimana posisi negara, ke singapur cuma makan 3-4 hari kerja, diluar libur (ditekankan : waktu tempuh tsb dari pt pos indonesia ke pt pos singapur BUKAN ke penerima) nah tapi bisa diterima sama penerima bisa sampai 1 minggu lebih, kenapa? bisa jadi ditahan di customs singapur masalah item value yg diwajibkan dikenakan pajak…kira2 gitu..hehehe

    • salahkan pt pos nya filipina, atau mungkin lebih tepatnya bagian customs nya filipina, ketahan tidaknya barang yg kita kirim hampir 90% adalah karena nilai barang yg kita (pengirim) cantumkan, biasa disebut item value, tiap negara punya kebijakan berbeda, sama kayak disini, kalo kita impor barang dari luar, item value diatas 50$ pasti kita kena pajak, dibawah itu kemungkinan besar enggak…..kalo mas/mbak cess declare item value nya diatas itu, kemungkinan besar di filipine nya dikenakan pajak..jadi gak langsung diantar ke penerima..biasanya sih dari post officenya suka kasih notifikasi ke penerima..

      nah yg 10% lagi adalah kelalaian SDM biasanya..

      tapi ada keculasan sistem di pt pos indonesia, sekarang sudah diberlakukan item value + ongkos kirim > 50 usd PASTI disikat pajak juga…..padahal kan harusnya cuma item value saja atau nilai barang yg kita impor, gak termasuk ongkirnya dong hahaha ini yang saya maksudkan keculasan sistem, cuma hal itu juga dipicu oleh kekreatifan orang indonesia juga,,bisa dibilang sama culasnya wkwkwk kadang orang yg impor barang meminta ke sellernya untuk declare item value dibawah 50 $ untuk menghindari pajak…padahal anggap saja barangnya adalah kamera seharga 600$..pt pos juga gak bodo2 amat kok, makanya mereka menerapkan cara tadi hehehe…

    • Mau tanya mba, dulu pas kirim paket ke LN mba kan jualan ya, trus mereka yg beli kirim uangnya pakai apa

  35. ancen e kabeh seng ambu2 BUMN lelet kerjane koyok sloth e zootopia,
    aq intuk paket EMS soko china tulisane tekan china nang indonesia 12 dino, nginep nang kantor pos e 15 dino,
    total sak wulan paling paket ku digawe bantal disik karo petugas e pos

  36. Kalau kirim ke malaysia 20 KG bisa ngak ya kira2

    dan isinya coin 100 Kaka Tua yang sekarang ini tahun 1999 apakah akan bermasalah???

    mohon infonya thanks

  37. mas mau tanya. aku mau kirim jamu traditional ke sodara yang tinggal di Atlanta, USA kira2 bisa ga ya? barang si kecil ga nyampe setengah kilo. dalam kemasan isinya bubuk gitu jamunya.

  38. Mhn infonya, td saya ke kantor pos utk kirim paket ke saudara sy di Australia, ketika sampai di tanya2 isinya apa? Sy jwb mukena, baju2 dan obat cair utk anak2, seperti stimuno dan sanmol ada beberapa kosmetik jg. Kata si mbk pos’nya sy disuruh ke BPOM dulu utk mnt surat pengantar utk obat2 td.. Waduuh macem2 pula ini.. Pdhl ini kan kiriman paket perdanaku. Dan lagi td tanya2 klo berat 4,3kg hbs berapa? Skitar 1,2 jt.. Oh my god!! Lemes mendadak.. Yg pny pengalamn seperti sy mhn dishare.. Thx before!

    • Halo, Mas Anjar. Mau sedikit menanggapi saja. Saya pribadi belum pernah kirim barang ke luar sih, baru sempet tanya2 sama CS EMS krn mau coba kirim barang ke Singapur.

      Setiap paket yg diterima oleh bea cukai negara penerima, pasti akan melewati screening terlebih dahulu (bahkan ada yg bilang kl paket pasti bakal dibuka utk mengecek kesesuaian produk dgn manifes pengiriman & menghindari pengiriman produk2 terlarang).

      Nah, di website Pos Indonesia sudah dicantumkan (bisa didonlot) produk2 terlarang dan produk2 dgn catatan utk setiap negara tujuan. Jd bs saja produk fabric boleh masuk negara A, tp terlarang di negara B. Atau sebaliknya, boleh masuk di negara A tp harus dgn ijin otoritas yg berwenang di negara tsb.

      Tempo hari saya mau kirim selai karamel susu ke Singapur. Krn produk yg saya kirim mengandung susu, dan produk susu beserta turunannya termasuk produk pengiriman terbatas, maka saya harus memperoleh permit dulu dari otoritas kesehatan Singapur agar produk saya bisa diterima oleh buyer di Singapur.

      Menurut saya pribadi sih, kebijakan ini masuk akal banget, krn pemerintah lokal pasti ingin melindungi keamanan warganya dari produk2 produksi luar wilayah negara yg bersangkutan. Mungkin ini jg yg terjadi pd pengiriman obat yg Mas Anjar alami. Selain itu, setau saya bukan cuma obat via pos yg harus ada surat keterangan kepemilikan & kegunaan. Bahkan kl kita terbang & mau masuk suatu negara dgn posisi membawa banyak obat, pihak imigrasi pasti jg akan mencegat dan menanyakan surat2 dokter buat obat2 tsb.

      Untuk harga sendiri, saya rasa wajar kok, mas. Tempo hari saya jg dikenakan tarif +/- 200rb per kg ke Singapur. Jd yaa beda2 tipis lah sama tarif ke Aussie paket Mas Anjar. Tarif dan produk yg blh/terbatas/terlarang masuk suatu negara selalu bs dicek di website Pos Indonesia.

      Semoga berkenan dan bs sedikit mencerahkan ya, Mas Anjar πŸ™‚

      • Terima kasih infonya mbk lya, betul sekali mmng masing2 negara memiliki otoritas utk menerima atau menolak jenis barang yg masuk dinegaranya.. Sekedar info, akhirnya sy berhasil mengirim paket ke saudara sy setelah mencoba di kantor pos lain, Alhamdulillaah setelah menjelaskan isi paket saya mbk/masnya lngsng memproses paket sy via EMS, dan paket diterima 5 hari kemudian, tracking numbernya jg update terus. setidaknya sdh pengalaman lah klo mau kirim paket berikutnya. Thx you kantor pos!
        Thx you sharingnya!

  39. Aku sering banget kirim barang ke usa (wisconsin) pke jasa EMS. Murah dan cepat. Ya bgi kbnykan orang kirim barang via kantor pos bikin was was. Tapi aku ok aja, barang sampe dngn selamat dlm waktu 10 hari. Aku biasa kirim kaset dvd film indonesia (bajakan) *ini jngn di tiru ya, resiko penjara kalo sampe ketahuan*, kirim batik, kirim novel bhsa indonesia, kirim summer dress, dll. Paling bnyk aku kirim sampe 5 kilo itu di hargai 1,8 jt 10 hr nyampe. Dan aku juga sering dapat kiriman paket dr wisconsin usa berupa gadget, suplemen, baju2, mainan dan tidak di kenai ongkos bea cukai or pajak krn d paket sdh d tulis barang bebas pajak (gift for wife). Klo kiriman obat2an hrs ada surat keterangan bhwa obat tersebut terdaftar di badan kesehatan negara tersbut. Waktu itu aku dpt kiriman suplemen kesehatan tubuh juga di sertakan surat keterangan itu dr lembaga kesehatan wisconsin amerika.

    • terimakasih sharing-nya mbak. memang, setau saya perkara mengirim obat2an banyak yang harus dilampirkan, apalagi buah, karena di beberapa negara ada buah yang dilarang. karena mereka takut nanti buah itu nanti ditanam dan malah merusak ekosistem lingkungan mereka. saya pernah liat di NatGeo.

  40. menurut pengalaman mas saya mau tanya ,,,saya dapat kiriman kaka dari malaysia sebuah HP iphone, setelah sampai di tempat saya mereka mengenakan biaya tarif bea cukai yg sangat mahal untuk pengambilan barang tersebut….. yg sya tanya kan apakah bea cukai memeriksa harga barang dan keaslian barang tersebut???terima kasih.

    • setau saya barang elektronik memang mahal. dan memang, bea cukai pasti mengecek keaslian barang dll. banyak kemungkinan, karena dikira nanti diselundupkan dll dll. kenapa tidak diberi status gift saja kalau memang itu hadiah dari kakak?

  41. teman saya yang di kanada mau kirim hadiah ke saya berupa hp, tapi dia ngga tau cara kirimnya.. terus saya ngambilnya kena pajak ga ya? ~terimakasih

    • biar gak kena pajak, minta temennya membuka dulu hapenya, kemudian dibungkus lagi, dan diminta memberikan keterangan sebagai gift

  42. saya juga kmren hbis kirim barang ke luar negeri…tapi udah 5 hari status tracking masih posting/collection. saya merasa was2 juga. Kata petugas pos, barang nyampe 3-7hari …jadi deg2an barangnya nyampe atau enggak

  43. Maaf Mas ada pengalaman kirim ke china republik gak? Apa kalo pakek EMS ke china bisa dijamin nyampek dan gak nyantol lama? Cuma kirim flashdisk sih. Mohon share pengalamannya mas, suwun

  44. Mas sy kirim hp baru ke India buat gift teman via EMS tgl 25 April. Sampai di tangan penerima kemaren 18 Mei 2016. Yg bikin kecewa berat hpnya udah diganti dg hap jadul banget sony ericson dg box nya nokia 105 dan ada kartu garansi Indonesia. Mohon kasih jalan keluar pengaduan ke kantor pos mana atau ke dept bea cukai nih. Galau berat. Kecewa pakai bgt.

    • Alhamdulillah…hari ini langsung tertangani. Selain complain ke kantor asal juga ke pngaduan pust. Hari ini full dah di ganti rugi. Semoga bs mnjd plajaraan brtmanfaat u semua.

    • Mbak uniek waktu ngirim HP ke India pakai paket ems jasa pos? Terus mbak kirin hpnya beserta battery nya atau gimana car anya? Saya mau kirim HP tapi masih binging cara kirimnya

  45. Mas, Klo kirim buah2an bisa Ga? Temen sy di India Pengen banget bush naga merah. Disana Ga Ada katanya

  46. Mau tanya, saya kan ini mau kirim barang. Gelang bracelet harganya 47rb nah itu kalau dikirim ke Libya mahal ngak ongkirnya /?

    • Karena info harga per-kilonya ada di kantorpos mas, dan di web kantorpos juga harganya menyesuaikan dollar dan gak jelas juga. Hehe.

  47. Mas aku mau tanya kalau kirim barang scarf batik, asesoris handmade manik2, foto dan kartu ucapan, sama rokok 10ea itu lewat pos EMS Ke newyork masalah ga kalau ada rokoknya? Apa kena beacukai?

    • kalau gak salah ada batasan untuk rokoknya, tiap negara beda-beda aturan. setau saya, kalau di singapura itu 1 pack saja, dan kudu dibuka. kalau ndak salah info sih.

      • Owalah… kmrn ga nemu di mbah Google ketentuan kirim rokok pake EMS dan bea cukai ke amerika sana. Brgkl ada mas mbak nya yg ada pengalaman baru2 ini

  48. Saya juga pernah kirim barang ke luar negeri pake RLN…Alhamdulillah sekitar 15 hari uda sampai ke teman saya yg brada di Jepang 😊

  49. Berbagi cerita aja
    Bbrp bulan yg lalu pernah beli flashdisk 64GB murah meriah 55rb (sepertinya KW, tp entahlah apakah fungsinya normal atau tdk, blm ane pakai maksimal)
    Dari salah satu website toko online terkemuka di Indonesia yg dimiliki oleh China (barang dikirim dari sana)
    Rincian tanggalnya saya lupa
    Saya pesan bulan Februari namun saya baru dpt pemberitahuan dari pos bulan Maret atau April saya lupa πŸ˜€ (memang saya ga peduli sih, iseng doang aslinya, wkwkwk)
    Disuruh ke kantor pos pusat di kota saya sambil bayar 7rb
    Ya Alhamdulillah barang diterima dgn baik, namun sayangnya saat saya ke sana utk ngambil barangnya, petugas posnya nyarinya lama bgt
    Tp ya emg sih di website toko online bilang pengiriman butuh waktu 50 hari

  50. Mau nambahin aja, tracking paketnya di http://ems.posindonesia.co.id dan itu selalu update.
    Saya sangat puas pakai jasa EMS, kirim tanggal 22 Juli sore dari Kantor Pos Pondok Aren, tanggal 24 Juli sudah sampai di Post Office Amerika (belum ke alamat tujuan yah). Tapi harusnya sih besok udah sampai.

  51. mass tulung dibantu, saya mau order barang dr cina, kalo pakai dhl itu nanti kita byar lagi bukan ? bayar seperti pajak bea cukai, nah kalo pakai ems kita perlu bayar lg engak ?

  52. aslkum.
    saya rencana kirim 1 pres rokok ke gabon afrika. kalo lwt rln ems prosedure niku pripun ?? trus kisaran pinten biayane ? tekane suwe nggeh mboten nopo2 sg penting sampai.. hehehe.. suwun. wassalam

  53. Mau nanya dong mas, aku kirim dokumen ke Jerman tanggal 30 Agustus kemarin. Sama seperti yang lain, nomor resi berawalan EE cuma stuck di Jakarta dengan keterangan Departed.

    Pas aku cek via track-trace juga sama aja, bilangnya masih di jakarta. Dan saat cek via pos germany (dhl) baru sampai step 2 ‘item has left the import center’ dari 5 step.

    Yang harus ditrace itu yg resi dengan kode awal EE kan ya? Was was aku, soalnya dokumen buat ke universitas, ngejar deadline juga. Aku kira seminggu bisa sampai.

  54. Halo kak.
    Tanggal 18 kemarin aku ngirim surat ke teman aku di Jepang kak.
    Berhubung suratnya gak mendesak jadi aku ngirimnya bukan paket khusus tapi paket biasa nih, kata mba2nya sampainya lamaa. Kalo dari harganyasih emang beda jauh, kalo paket khusus 200ribuan terus kalo paket biasa 60ribu aja.
    Menurut kakak kira2 surat aku nyampainya kapan yah kak?

  55. Mas Jun,
    aku mau ngirim paket mainan ke perusahaan di Ohio amerika,

    itu kira2 bisa tho kirim paket via EMS buat ngirim ke perusahaan gt? udh konfirmasi sm perusahaannya juga kok, tp aku blm bilang kl mau kirim via EMS, yang jelas barange tak kirim kesana..

    • sebenarnya ndak ada masalah sih, kalau alamat tujuan mau ke rumah atau perusahaan. yang penting jelas saja. dan si penerima juga sudah tau.

  56. Selamat siang mas Jun,
    Maaf saya mau tanya, soalnya belum pernah kirim paket ke luar negeri ke Singapore. Saya mau kirim paket jenis Cream muka, kira-kira bisa tidak ya karna dari info yang aku dengar katanya klu paket cair tidak bisa.
    Trimakasih..

    • halo, iya, setau saya untuk cairan untuk masuk ke beberapa negara agak susah, apalagi kalau obat-obatan. memang agak susah untuk masuk ke sebuah negara, banyak dokumen yang harus disiapkan.

  57. Saya sih biasanya cuma kirim-kirim kartu pos atau surat, tapi ga pernah dikasih resi (apa harusnya ada resinya?) tapi kayaknya nyampenya lama deh.
    Kalau mau kirim barang juga masih belum berani yang besar-besar karena mahal :”)
    Kemarin banget nanya ke mbak-mbak kantor pos kalau ngirim 500gram berapaan bisa sampe 260rb.

  58. saya punya pengalaman yang sangat BURUK, saya mengirim barang ke Belanda menggunakan ems express dan beranya 1 kg lebih dan tidak sampai 1,5 kilo dengan biaya 700rban sudah include asuransi, barang yang saya kirim adalah 4 t-shirt TIPIS , yang saya sangat kecewakan ketika barang sampai di belanda mereka meminta biaya pengiriman dan cusoms lagi sebesar 60 euro, menurut saya itu sangat tidak FAIR apa jadinya jika orang yang saya kirim tidak mempunyai uang, dan itu adalah hadiah, apakah menerima hadiah juga harus bayar??? saya sangat Kecewa sekali. jika memang ada biaya mengapa ems tidak charge dengan si pengirim, saya pikir EMS sangat TIDAK PROFESIONAL. lalu sekarang barang itu mengantung di belanda, karena penerima tidak bisa membayar barang yang saya kirim. SANGAT KECEWA DENGAN EMS !!!

    • wah, sedih dengernya. πŸ™ waktu saya mengirim barang pun sepertinya tidak dikenakan biaya oleh penerima. saya waktu mau kirim pun tanya kepada petugasnya, apakah si penerima bakal dikenakan biaya juga.

    • Sori, kalo ada customs di negara tujuan kayaknya bukan salah EMS tapi emang policy di negara tujuannya yg kayak gitu.

  59. kebetulan saya mau kirim barang ke bahrain barupa 1 bh agenda, mau kirim pake RLN gimana cara ngecek ongkirnya ya mas. soalnya saya coba cek link web nya, alamat yg saya masukkan not found gitu. trus better saya tulis gift kali ya di amplopnya biar ga kena bea tambahan. tks infonya

  60. Mas.. terimakasih untuk posting blog nya
    saya mau minta keluarga mengirim baterey handycam dari Solo, indonesia ke Bangkok, Thailand. Bisakah mas??

    • halo,

      saya kurang tau kalau battrey apakah bisa apa tidak, tapi waktu saya beli batre dari situs luar negeri untuk HP saya waktu itu bisa terkirim dan sampai tujuan. jadi, ada kemungkinan bisa dikirim.

      emangnya di Thailand tidak ada batre seperti yang dicari ya?

  61. Ka jun mau nanya bedanya paket biasa sama paket khusus itu gimana ? Ko harganya beda jauh banget saya baca di postingan atas yang kirim Surat ke jepang

  62. Liat komen segitu banyak mas Jun selalu beri komentar, its Nice..
    Mas meh tanya… kiriman dari luar negri produknya baterai itu bisa masuk ke indonesia ndak? terus kalau mengimpor lewat kargo udah ada pengalaman belum?

    • hahaha. kalau gak dijawab nanti susah mas.

      saya pernah beli batre dari luar negeri, waktu hape saya rusak, saya beli ke aliexpress sih. kalau mereka bisa kirim satuan, mungkin juga mereka bisa kirim dalam jumlah banyak. saya belum pernah pengalaman ngambil barang luar negeri via kargo, tapi saya ada ipar yang punya jasa kargo, kalau tertarik bisa kirim ke email saya me@masjun.com untuk informasi lengkapnya.

  63. Wah dapat pencerahan. terimakasih mas jun. Saya baru cek tarif di http://ems.posindonesia.co.id/tarifems.html . Saya mau kirim gift kemeja batik ke turkey. Saya cek habis 35.90. Biasanya tarif yang di kenakan pengirim sesuai jarak atau berat dan jarak nya ya? Apakah 35.90 termasuk mahal? Saya hanya kirim satu buah saja. Mohon jawabannya.

    • coba cari batas maksimalnya mbak. misalnya, kalau harga segitu berapa potong. kalau dihitung sekilo, dan bisa dipake untuk kirim 2-3 potong. kan lumayan. mahal atau tidaknya itu relatif menurut saya. ada banyak jasa yang bisa dipakai kok. EMS mungkin saat itu saya pakai adalah harga pengiriman termurah jika saya mengirim banyak dibandingkan dengan yang lain.

      • Kalo saya mo krm paket ke South Carolina kira2 bisa kena biaya berapa y? Berat paket kurang lebihnya 2kg an

  64. Maaf tolong tanya. kalau dari luar negri kirim pakai ems ke indonesia itu 7-10 hari (sudah termasuk waktu pemeriksaan di bea cukainya kah?)

    • kalau kaya gitu, tidak ada estimasi pastinya, banyak hal yag buat barang itu agak tertahan cukup lama, salah satunya dicek di bea cukai. kalau barangnya yang dikirim tidak ada masalah, atau melanggar aturan biasanya cepat. tapi banyak hal yang buat lama sih. barang numpuk dll.

  65. Share saja, nih! Selama ini saya belum pernah mengirim barang ke luar negeri (seringnya beliin hadiah di Amazon US yang langsung dikirim ke alamat penerima) tapi saya sering menerima paket dari luar negeri.
    Dan jujur saja, ada plus minus dalam pelayanan Pos Indonesia. Seringkali paket yang datang, memang masih tertahan dulu di kantor pos di kota kita, bukan di Jakarta. Apalagi paket yang judulnya ‘gift’ dan dikirim dengan kecepatan standar alias bukan paket kilat. Yang ada kecantol dulu di kantor pos seminggu, 2 minggu, bahkan berbulan-bulan. Saya pernah dapat paket yang dikirim dari US bulan April dan sampai di rumah (di Malang) bulan Oktober. OKTOBER, rek. 6 bulan sendiri. Padahal kalo dari cap bea cukai-nya, paket sudah diperiksa dan di-ACC di Jakarta bulan Juni. >< Pengirimnya waktu saya kabari kalau paketnya baru sampai, lumayan shock nggak karu-karuan karena dia nyangka paketnya ilang. Huhuhu.
    Tapi di satu sisi, kalau sudah biasa berurusan dengan Pos Indonesia dan sudah tahu ritmenya gimana, pasti lancar-lancar aja. Yah, mungkin karena saya jarang kirim barang dan lebih sering nerima aja, jadi *belum* ada masalah yang berarti. Saran saya, BANYAK BERTANYA. Dan jangan bertanya sama sesama pengguna Pos Indonesia, tapi langsung saja tanya sama petugasnya. Tidak dilayani dengan baik? Ganti petugas yang lain. Intinya sih jangan malas bertanya karena lebih baik banyak nanya daripada sesat di jalan, kan?
    Dan harus sabar. Berurusan sama surat-menyurat harus sabar. Kan yang dikirim nggak cuma punya kita aja. Hehehe. πŸ™‚

    • Sama deeh, paketan saya dr malaysia dari awal February juga blom sampai2, saya sering telf ke ems di 161, tengah February saya sudah mulai telf k ems dan jawabannya selalu masih tertahan di kantor pos, telf 3 hari berikutnya dibiilang masih tertahan di bea cukai semarang, telf lagi masih aja ketahan di bea cukai, gemes deh, lama bgt kerjanya. Kmrn pakai DHL saya dapat kiriman dari Amerika vitamin rambut cepet bgt ga nyampe seminggu, tapi ya gt deh mahal, sampai di kita tetep dipalakin handling fee 200rb. Indonesia oh indonesia πŸ˜„πŸ˜„

  66. agak menyedihkan, menyesal dan kecewa baru pertama kali make EMS, pas tracking via web JAKARTA- USA tapi 7 hari status gak berubah ngirim dari tanggal 16 feb ampe sekarang masih di Soeta, udah telpon 161 sampe dateng kekantor pusat alasan gak memungkinkan, mungkin barang keselip dan minta di maklumin human error katanya ada kemungkinan barang gak ke scan, suruh nunggu 1 minggu lagi tanpa kepastian barang aman atau ilang, mesti gimana ya, apa harus telponin ke kantor pusat tiap hari gitu ?

  67. Selamat pagi

    Mas saya mau tanya
    Saya ini mau kirim dokumen berupa passport dri indonesia ke filipina , kira2 yg nerima disana pos filipina nya atau pos swastanya ya? Klo yg nerima pos filipina , namanya apa ya?

  68. saya sering kirim barang ke US, Canada, Kuwait, Qatar, dll. Paling mantap ya ems itu, lebih murah dan ada trackingnya. jangan lupa sebelum dikirim barang difoto baik itu kondisi barang dan setelah paking dahulu juga scan resinya buat bukti ke pembeli di sono. Malah istriku sering kirim roti bolu dan roti kering ke hongkong.

  69. Gan, tanya..

    Saya kan mau kirim kado ultah ke temen. Nah, nanti waktu di kantor pos kita kudu nunjukin barangnya kah? Soalnya saya niat bungkus sendiri dari rumah. Kan ga lucu kalo uda dibungkus, lalu sama orang kantor pos dibuka (untuk dicek) dan diganti sama bungkusan mereka.

    Thanks in advance.

  70. Mba/ mas mau taunya nih, saya mau kirim barang (2 baju) ke birmingham, usa. Kira2 biayanya berapa ya klo via EMS dan via pos?.
    Tolong cantumkan link tarifnya ya mba.
    Oh ya, kalo misalkan pake via tersebut, ketika barang sampai ke negara yg dituju, orang yg nerima bakal dikenakan pajak juga atau tidak?
    Terimakasih πŸ™‚

  71. Mas, mau numpang nanya nih. Apakah ada ekspedisi selain Pos Indonesia yang dapat mengirim barang dari kota Medan ke Manila (Filipina)? Dan juga selain TNT, DHL, Fedex karena jasa mereka lumayan mahal, sedangkan barang yang mau dikirim harganya gak segitu mahal.

    • duh, saya kurang tau kalau itu, setau saya sih yang paling murah itu, coba cari info tentang termudah di kantorpost apa aja?

  72. kalo kirim obat ke jepang gimana carana melalui EMS ini??ada yang berbagi pengalamannya kah!!

    FYI obat yg mau saya kirim sebenarnya harus dengan resep dokter,tp kalo beli d kimia farma tanpa resep jg bisa

  73. siang mas, saya urgent butuh informasi, mau kirim 1 handphone pribadi saya ke brunei, sya tinggal di bandar seri begawan, mau kirim dari jakarta, jasa apa yang bisa saya pakai, handphone saya battery nya ga bisa dilepas, built in, bisakah menggunakan jasa kantor pos? atau jasa ekspedisi lain? mohon bantuan infonya.. juga biaya nya kalo boleh tau sekitar berapa.. terima kasih banyak mas

  74. kak mau tanya juga dong. kalo kirim ke korea gitu, pas di korea nya ada biaya tambahan gitu ngga? kaya kita kalo dapet kiriman barang dari luar ketahan sama bea cukai jadi harus diurus lg + biaya pajak tambahan etc

  75. Wah kebetulan baca ini…. Karena saya baru akan mengawali kirim barang ke luar negeri

    Dalam minggu2 ini, saya rencana kirim barang ke teman saya di Russia, berat sekitar 9 kg. Saya cek tarif EMS di situ ada 3 macam biaya :
    EMS Barang : 4 – 10 hari
    Paket pos cepat LN : 10 hari
    Paket pos biasa LN : 70 hari

    Yang saya tanya kalau untuk barang berupa biji2an itu pakei tarif yang mana dari 3 macam tarif yang saya sebut di atas tadi? Dan misalnya kirim barang pakei tarif yang ke 3 (paket pos biasa LN) apa juga bisa?

    Mohon infonha nggeh…. Maturnuwun

  76. Assalamualaukum wr.wb.
    slmt mlm..
    kirim brg dari Jogja Ke Malaysia Sbrt 2 Kg Vi Pos..
    brp hri yg smpe ke alamt tujuan..?
    trimaksih..

  77. Mas June,aku mau kirim pakaian untuk suamiku di London UK.Ada sepatu,jaket dan bbrp kaos.Mungkin bobot sktr 3kg.Sbnrnya Desember aku keaana tp suami ga sabar minta segera di kirim pakaiannya.Yg aku khawatir jangan2 nanti brg sampe sana ternyata dikenai pajak.Gimana menurut mas Jun?
    Dan Bln April lalu aku dr London kirim 2 buah STNK yg ga sengaja masuk ke tas tangan lalu aku kirim ke Indonesia.Post di London bilang sampai di Indo dlm 5 hari tp prakteknya sampe di Solo hampir 2 bln sampe aku was2 mungkin hilang.

    • Halo, Mbak. Maaf, slow response.

      untuk barang yang sekiranya penting, mending kirim pake jasa yang ‘agak mahal gapapa, asal sampe dan aman’, itu menurut hemat saya sih, mbak. karena takutnya kalau pake jasa yang murah ya resikonya seperti itu. untuk jaket dllnya asal itu barangnya tidak baru/tidak ada transaksi jual beli di sana, aman sebenarnya. kalau hanya mengirim sepertinya si penerima aman, gak kena pajak, bisa dikasih keterangan itu untuk suami.

  78. Hallo mas jun, aku masih newbie dalam pembelian barang di luar negri, rencananya mau beli baju di china. Mau tanya kalo pake jasa ems itu paketnya langsung nyampe rumah apa gimana ya?

    • halo!
      Iya, kalau pake EMS langsung sampe rumah. Tapi tergantung juga kerjasama dengan pihak ekspedisinya. Saya pernah dapat Expedisi EMS dari China, sampai Indonesia kita akan dikirim via JNE.

  79. halo mas. halo guys.
    ada yg uda pernah ngirim ke US ke alamat po box? itu kira2 bisa ngga ya lewat pos?

  80. Pertama-Tama terimakasih banyak buat informasi nya,, saya mau tanya; bila ingin mengirim makanan yang sudah dipak secara mekanis (indomie, kripik,permen) dan sudah bermerek seperti itu dalam jumlah kurang dari 1kg, butuh Surat” keterangan atau Surat” izin ekspor nya tidak? Tujuan ekspor saya soalnya Amerika Serikat … mohon bantuannya

  81. Mas mau nanya nih, saya mau kirim barang sm kerupuk 1 kg ke korea pake jasa EMS, tapi kata petugas kantor Posnya, saya harus ke kantor bea cukai dulu untuk periksa barang-barangnya, emang harus gitu ya? Tapi kok saya baca di blog orang yang pernah kirim paket gak pernah bahas harus ke kantor bea cukai, mereka langsung kasih di kantor pos dan tinggal bayar biaya pengiriman.
    Saya jadi bingung.

  82. Kak mau nanya. Saya mau ngadoin orang di turkey. Penulisan alamat nya di tulis pake bahasa indonesia/inggris? Terus apa aja yang harus di tulis dalam penulisan alamatnya? Dan kira” nyampe nya berapa hari ya?terimakasih.

    • penulisan sesuai alamat saja, kan sudah pake bahasa sana pastinya. gak perlu diterjemahkan. sampainya sih saya kurang tau, bisa tanya ke kantorpos.

  83. Mas..mau tanya.jika saya mau kirim uang koin lama indonesia/ uang kertas lama negara lain ke amerika buat hadiah teman di disana.kira2 bermasalah nggk?
    Saya browser tidak ada hukum/undang-undangnya sih..pengennya sih pake pos indonesia.mohon informasinya..makasih

  84. Aku blm pernah kirim apapun k luar negri tapi aku pngen nanya aku mw kirim makanan sperti snac biskuit dgn jlah banyak apakah barang itu akan sampai k tmpat tujuan atw engga.trus atau kena pajak?klo kna pajak aku hrus bayar pajak dmn?ksih tau donk caranya gmn pngen kriman saya bisa di terima sm org yg saya kirim di luat negri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *