Blog Digital Marketing

DIGITAL MARKETING

Perbedaan SEO dan SEM Untuk Digital Marketing

Perbedaan SEO dan SEM

Perbedaan antara SEO dan SEM buat kamu yang bekerja di bidang digital marketing pasti mengerti, tapi buat yang baru memulai masuk ke dunia digital marketing bingung membedakan antara SEO dan SEM

Artikel kali ini akan membahas perbedaan SEO dan SEM dan kapan SEO dan SEM akan bisa digunakan untuk bisnis digital yang kamu jalankan.

Pengertian SEO dan SEM

Pengertian SEO

Apa itu SEO? SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization di mana cara atau usaha untuk mengoptimalkan pencarian di mesin pencarian sehingga website agar berada di posisi pertama di mesin pencarian.

SEO sendiri berfokus pada kata kunci yang tepat, kecepatan loading website, konten yang menarik hingga bisa mendatangkan visitor atau kunjungan ke website secara organik.

Pengunjung organik sendiri di mana pengunjung diarahkan untuk datang hanya dengan menggunakan kata kunci tanpa dibantu dengan iklan.

Ada beberapa tools SEO untuk website yang bisa kamu gunakan untuk mengotimalisasikan konten website. Namun tools SEO juga harus didukung dengan konten website yang menarik juga.

Pengertian SEM

Apa itu SEM? SEM adalah singkatan dari Search Engine Marketing.  Di mana SEM adalah salah satu strategi digital marketing untuk mengoptimalisasikan website di pencarian dengan menggunakan cara promosi.

Promosi yang dimaksud adalah menggunakan iklan dalam pencarian sehingga mendapatkan kunjungan ke website dengan kata kunci tertentu.

 

Perbedaan SEO dan SEM

Dari penjelasan di atas, maka bisa bisa diketahui perbedaan antara SEO dan SEM. Jadi SEO sendiri adalah bagian dari SEM itu sendiri. Sehingga kedua cara ini memang tidak bisa dipisahkan satu dengan yang lain.

Baca Juga:  Cara Mendapatkan Uang Dari Blog Untuk Pemula

Secara tujuan, SEO sendiri lebih berfokus kepada pencarian secara kata kunci secara organik sehingga pengunjung datang ke website.

SEM adalah salah satu metode yang menggunakan SEO menjadi bagian dari strategi meningkatkan kunjungan.

SEO memang akan lebih lama mendapatkan pengunjung dibanding jika menggunakan SEM dalam digital marketing. Itu kenapa SEO dan SEM itu tidak bisa lepas satu dengan yang lain.

Kapan SEO dan SEM Digunakan?

Jika kamu sedang membangun usaha atau bisnis yang masuk ke dunia digital saatnya mengetahui kapan SEO dan SEM digunakan. Tentunya ada strategi yang kudu diperhatikan.

SEM digunakan saat kamu sedang membangun website yang ingin segera mendapatkan kunjungan dengan cepat. Yaitu menggunakan iklan di Google AdWord.

SEO digunakan jika kamu ingin mengejar kata kunci yang tepat sesuai dengan bisnis yang kamu sedang bangun. Namun SEO ini mempunyai kelemahan dibanding dengan SEM.

Proses SEO sendiri biar berada di halaman pertama google lebih lama dibandingkan dengan SEM.

Namun jika website kamu tidak menggunakan SEO dan SEM secara tepat, maka websitemu tidak akan bertahan dengan lama di mesin pencarian. I

tu kenapa SEO dan SEM ini adalah satu keterikatan utuh dalam strategi digital marketing.

Jika kamu mempunyai cukup ‘modal’ untuk mengembangkan website di digital marketing, menggunakan SEM bisa digunakan. Namun jika belum memiliki modal untuk mengembangkan website bisnismu, strategi SEO bisa kamu gunakan.

Kesimpulan

Dari artikel di atas bisa disimpulkan SEO dan SEM ini adalah salah satu strategi yang saling mengikat dan menjadi kebutuhan dasar dalam digital marketing, namun perlu diperhatikan perbedaan antara SEO dan SEM.

Konten website yang tepat dan strategi yang pas akan membuat website kamu akan banyak pengunjung dan bisnis yang sedang kamu jalankan akan mendapatkan hasil yang maksimal.

Baca Juga:  Tips Sederhana SEO (Search Engine Optimization) Untuk Pemula

Jangan sampai saat kamu menjalankan bisnis digital yang menggunakan SEO dan SEM tidak tepat sasaran sehingga tujuan dari bisnismu tidak bisa tercapai dengan baik. Tertarik menggunakan jasa SEM dan SEO atau digital marketing dan digital activation murah? kontak email ya. 🙂

Leave a Reply