Blog Digital Marketing

DIGITAL MARKETING

Perbedaan Blog dan Website Yang Perlu Kamu Tahu

Perbedaan Blog dan Website

Perbedaan Blog dan Website buat pebisnis online diketahui untuk menjalanan strategi dalam dunia digitalnya. Jangan sampai salah memilih cara untuk menyampaikan informasi ke konsumen.

Nah, artikel kali ini akan membahas perbedaan blog dan website yang mungkin kamu sendiri belum mengerti dengan jelas perbedaannya. Saya tidak akan menjelaskan secara teknis terkait perbedaan dua jenis platform digital ini ya. So, selamat membaca.

Definisi Blog dan Website

Ada dua perbedaan yang cukup mendasar dari blog dan website ini. Seperti diketahui bahwa Blog adalah singkatan dari Web-Log yang berisikan konten opini, pengalaman pribadi.

Sedangkan Website adalah situs yang terhubung oleh domain yang dikelola oleh institusi/organisasi/bisnis/personal untuk memberikan informasi atau pemerintahan yang dijalankan oleh sebuah tim ahli.

Perbedaan Blog dan Website

Ok, kali ini akan menjelaskan perbedaan blog dan website secara umum sehingga kamu bisa mengerti perbedaannya antara kedua platform ini. Perbedaan blog dan website adalah:

Konten

Dari konten sebenarnya jelas banyak perbedaan antara kedua platform digital ini. Untuk blog lebih berisi pendapat pribadi atau opini personal dari pemilik blog. Semisal video atau artikel tulisan yang dikehendaki oleh pemilik blog.

Sedangkan untuk website lebih ke inti informasi saja yaitu info tentang produk, barang atau jasa sehingga pengunjung akan mendapatkan informasi lebih lengkap terkait hal yang ditawarkan di website tersebut.

Bisa gak sih blog ada dalam website?

Bisa banget! sering sekali pembuat konten digital menyiapkan kategori blog dalam websitenya. Dikarenakan setiap produk yang dijelaskan dalam website akan memerlukan cerita untuk ditulis.

Itu kenapa setiap website kalau bisa menyertakan blog. Selain jadi salah satu cara untuk mendatangkan pengunjung lewat SEO-nya tentu ini jadi strategi SEM yang diterapkan oleh pemilik website.

Pakai WordPress atau Blogspot?

Ada banyak jenis CMS yang digunakan untuk membuat website, namun untuk fitur blog yang ada dalam website kamu bisa memilih mana saja yang menurut kamu bisa dikembangkan. Tentu ada perbedaan WordPress dan Blogspot yang bisa kamu jadikan pertimbangan memasukan kategori blog dalam websitemu.

Update

Dikarenakan ada perbedaan terkait konten dari blog dan website tentunya ada juga yang berbeda antara kedua platform tersebut.

Blog kamu harus terus mengupdate isi dari blog itu sendiri sehingga blog akan banyak pengunjungnya.

Website berbeda dengan blog. Untuk website kamu tidak perlu update terus terkait isi dari konten. Jika blog kamu rutin membuat konten sehari/seminggu sekali. Untuk website bisa jadi kamu hanya perlu update konten tiap beberapa bulan sekali saja.

Komunikasi

Untuk gaya berkomunikasi blog dan website ada banyak perbedaannya. Tentu dengan perbedaan antara blog dan webiste tersebut jadi hal yang menjadi pembeda antara dua platform ini.

Blog untuk gaya komunikasi lebih ke dua arah dengan adanya diskusi dllnya

Untuk Website arah komuniksinya lebih ke satu arah. jadi tidak ada fitur komen. Karena lebih ke arah menjelaskan sebuah produk barang atau jasa.

Gaya Bahasa

Ada perbedaan yang mencolok antara blog dan website terkait gaya bahasanya. Untuk blog gaya bahasa lebih ke santai tidak formal karena blog sendiri lebih ke personal dari pemiliknya dan arah komunikasi juga lebih santai.

Gaya bahasa website pun berbeda jauh dengan bahasa dari blog. Website gaya bahasanya lebih ke formal karena menjelaskan produk barang dan jasa secara detail.

Fitur Berlangganan/Subscribe

Di dalam fitur berlangganan atau subscribe, blog dan website juga berbeda. Di mana para pengunjung akan diberikan fitur ini saat mengunjungi portal digital tersebut.

Karena blog selalu update, maka setiap blog seorang blogger pasti memberikan fitur berlangganan terhadap konten yang dibuatnya. Tentu dengan fitur ini adalah salah satu agar blog banyak pengunjung.

Untuk website, jarang sekali pengunjung diberikan fitur berlangganan/subscribe. Karena konten yang ada adalah konten yang sudah atau fix diberikan. Tapi ada juga kok yang memberikan fitur berlangganan, namun hanya berupa pemberitahuan diskon dllnya saja.

Pengelola

Jika kamu sering mendengar istilah blogger, tentunya sudah tau maksudnya. Blogger sendiri adalah orang yang mengelola web-log atau blog. Di sini blog dikelola oleh satu saja bahkan tidak lebih dari 2 orang untuk mengurus blog tersebut.

Untuk website dikarenakan konten yang digunakan dan dibuat cukup banyak maka pengelola dari website sendiri lebih dari satu orang atau tim. Dari pembuatan design, tampilan tema dllnya. Itu kenapa menjadi perbedaan antara blog dan website.

Kesimpulan

Dari artikel tersebut di atas bisa diketahui perbedaan antara blog dan website. Tentunya jika kamu sebagai seorang pebisnis yang akan masuk ke dunia digital marketing maka mana yang harus kamu buat tentu bisa kamu ketahui.

Jangan malah salah membuat produk yang tidak tepat. Itu akan mempengaruhi dari pengunjung yang akan datang ke produk digital kamu sendiri.  Jika kamu tertarik untuk dibuatkan strategi digital marketing area Semarang, Jogja, Jawa Tengah bisa hubungi email yang ada di blog ini ya~

Leave a Reply