Blog Digital Marketing

DIGITAL

Rekomendasi Plugin WordPress Terbaik

Rekomendasi Plugin Wordpress

WordPress adalah salah satu media blogging yang sering saya gunakan, meskipun ada yang lain seperti Medium, Blogspot atau yang lain. Selain itu WordPress adalah salah satu media populer dan mudah dioprasikan bahkan Jika kamu ingin ‘serius’ dalam nge-blog dan ingin mendapatkan penghasilan dari sosial media blogging, tentunya ada banyak hal yang harus kamu lakukan untuk blog kamu.

Memilih plugin yang tepat untuk blog wordpress kamu, di sini saya tidak akan membahas bagaimana teknis detailnya tetapi saya hanya membahas rekomendasi plugin wordpress terbaik untuk pemula yang selalu saya install di setiap blog wordpress saya dan ini adalah referensi dari saya pribadi, jadi misal kamu tidak cocok ya gapapa.

Rekomendasi Plugin WordPress Terbaik

Ada beberapa rekomendasi plugin buat kamu yang sedang membuat blog dari WordPress. Nah berikut rekomendasi Plugin Wordress dari saya:

Yoast SEO

Yoast SEO berguna untuk mengoptimalkan SEO(Search Engine Optimization), di dalam Yoast terdapat banyak tips yang nantinya penulis atau blogger diarahkan agar SEO dalam tulisannya dapat dinilai dengan baik.

Meskipun gratis, namun plugin Yoast SEO ini juga ada versi berbayarnya juga mulai dari $ 89 untuk 1 tahun.

Rank Math

Hampir mirip dengan YoastSEO, Rank Math ini salah satu plugin yang jadi rekomendasi untuk kamu install di WordPress kamu. Rank Math adalah plugin untuk mengoptimalisasikan SEO pada website kamu.

Rank Math bisa jadi pilihan jika kamu merasa kurang puas dengan Yoast SEO sebagai plugin SEO di WordPress kamu.  Plugin Rank Math tersedia gratis dan berbayar juga

Baca Juga:  Cara Mudah Meningkatkan Kunjungan di Website

Jetpack

Jetpack adalah plugin yang di-develop oleh WordPress sendiri. Di dalam fitur Jetpack, kamu bisa mengecek beberapa analisa data yang ada dalam web wordpress kamu, antara lain: Traffic, Performa Website, Mengawasi downtime atau uptime Website serta beberapa fitur lainnnya.

Untuk menginstall Jetpack kamu tinggal cari di fitur plugin WordPress kamu, tinggal kamu ikuti saran yang ada di Jetpack tersebut.

Akismet Anti-Spam

Fitur yang ada dalam Akismet Anti-Spam ini bisa dibilang ‘penting’ jika kamu ingin menginstall Website dalam format WordPress. Dalam Akismet Anti  – Spam, WordPress kamu akan dibantu untuk menghalau Spam-Spam yang akan masuk di dalam website kamu, sehingga website kamu akan aman dari serbuan komen sapam.

Smush

Jika website kamu terdapat konten gambar, mungkin plugin Smush ini bisa jadi pertimbangan kamu untuk kamu install di dalam Web WordPress kamu. Dengan plugin ini kamu bisa mengkompress gambar dengan ukuran yang tepat sehingga website kamu bisa cepat di akses pengunjung.

WP Fastest Cache

Seperti namanya, WP Fastest Cache ini berguna untuk menghapus cache dalam website kamu, sehingga website kamu akan lebih cepat untuk diakses. Berbeda dengan Smush, WP Fastest Cache ini lebih ke menghilangkan cache saat pengguna akan mengakses website kamu.

AdSense Integration WP QUADS

Plugin AdSense Integration WP QUADS ini sebenarnya plugin tambahan saja, buat kamu yang ingin mendapatkan placement yang tepat dan settingan Adsense untuk website kamu sehingga pendapatan website kamu dari Adsense meningkat kamu perlu untuk memikirkan plugin ini.

Sebenarnya saat ini Google Adsense sendiri sudah memberikan iklan yang flexibel buat user, kamu tinggal menempelkan kode Adsense saja ke website kamu, tapi kamu tidak bisa memilih format apa. Plugin AdSense Integration WP QUADS, kamu bisa memilih bagaimana format dalam tampilan website, postingan, dlsb-nya sesuai dengan keinginan kamu.

Baca Juga:  Rekomendasi Tools SEO untuk Website Terbaik

NextGen Gallery

NextGen Gallery ini adalah plugin untuk menampilkan gambar di website wordpress kamu agar lebih rapi. Dalam plugin NextGen Gallery ini kamu bisa membuat tampilan foto galeri dalam website tertata dengan baik.

Contact Form 7

Plugin ini sebenarnya penting gak penting sih kalau buat saya, tapi buat kamu yang ingin website wordpress kamu ingin ada kontaknya, sepertinya plugin Contact Form 7 ini bisa kamu pertimbangkan untuk kamu pasang.

Tentunya dengan plugin Contact Form 7 ini buat pengunjung website yang ingin menghubungi kamu, kamu bisa dengan cepat dihubungi. Dengan form yang mudah disetting dan aman, pastinya kamu yang mencari uang dari sosial media lewat blog tentunya akan  mudah jika ada tawaran kerjasama yang kamunya gak mau ada email personal terlihat oleh umum.

Kesimpulan

Semua plugin di atas ada kekurangan dan kelebihannya, bukan berarti plugin yang saya tidak tulis tidak baik, tidak. Karena kembali lagi, kebutuhan plugin dan kesukaan orang beda-beda. Jangan lupa, penggunaan plugin yang berlebihan pada Web WordPress kamu, performa website kamu juga akan berpengaruh. Pakailah plugin seperlunya saja.

Nah, happy blogging lagi ya!

Leave a Reply