Blog Digital Marketing

DIGITAL

Manfaat Sosial Media Marketing Untuk UMKM

Sosial Media Marketing UMKM

SosialĀ  media marketing mungkin buat pelaku UMKM adalah hal yang baru dan mungkin susah untuk dijalankan.

Tapi saat ini memang semua pelaku industri kecil sampai ke besar sudah melakukan strategi digital melalui sosial media.

Sosial Media Untuk UMKM

Sosial media marketing sendiri adalah cara suatu bentuk usaha atau promosi sebuah produk barang atau jasa yang menggunakan sosial media sebagai sarana promosinya.

Berikut manfaat sosial media marketing untuk UMKM yang bisa digunakan untuk meningkatkan penjualan.

Sebagai Sarana Informasi Produk

Sosial media yang biasanya sebagai ajang untuk bersosialisasi dengan orang, sekarang bisa dijadikan ajang untuk mempromosikan produknya. Tentunya dengan platform yang tepat dan konten yang baik nantinya produk tersebut akan diketahui oleh orang banyak.

Lebih Dekat Dengan Konsumen

Salah satu manfaat yang lain jika UMKM menggunakan sosial media sebagai tempat berjualan adalah kedekatan pelaku usaha dengan konsumen atau calon konsumen. Di mana kedekatan tersebut membuat nilai lebih terhadap pelaku usaha UMKM.

Dapat Menjangkau Pasar yang Lebih Luas

Seperti halnya manfaat website bagi UMKM, sosial media ini juga bisa jadi ajang untuk memperluas pasar. Di mana bisa dibilang internet ini tidak ada batasannya. Namun perlu diingat bahwa targeting pasar yang lebih tentunya harus dikemas dengan strategi digital marketing untuk UMKM yang tepat.

Sebagai Katalog Online

Sosial media seperti Instagram, Facebook, Pinterest, bahkan marketplace adalah sosial media yang tepat untuk pelaku UMKM menempatkan produk dan jasanya di sana. Karena di dalam sosial media tersebut pengunjung bisa melihat galeri atau gambar dari produk atau jasa UMKM yang ditawarkan.

Baca Juga:  Kesalahan Blogger Pemula Yang Sering Dilakukan

Sarana Branding dan Promosi Murah

Dengan mudahnya penggunaan produk digital seperti sosial media yang bisa semua orang mampu mengoperasikan lewat gawainya, sosial media untuk UMKM ini juga bisa jadi ajang untuk meningkatkan branding produknya.

Jika dilakukan dengan cara yang tepat dan pas, maka akun sosial media yang digunakan bisa menjadi tempat untuk mencari uang di sosial media.

Berbeda dengan menggunakan website. Penggunaan sosial media tidak perlu memerlukan biaya yang tinggi. Jika kamu menggunakan website untuk UMKM, maka kamu harus membeli domain, membayar hosting, membuat konten website dllnya. Dan itu sangat merepotkan, bukan?~

Kesimpulan

Artikel di atas adalah sebagian dari manfaat sosial media marketing untuk UMKM. Ada banyak manfaat yang bisa diambil jika pelaku usaha kecil menengah tersebut bisa memaksimalkan sosial media sebagai sarana untuk mengembangkan bisnisnya.

Leave a Reply