DIGITAL NOTEPAD

DIGITAL

Tips Memilih Nama Domain Yang Bagus Untuk Website Kamu

tips memilih nama domain

Nama domain yang tepat dan unik akan membuat identitas kamu akan mudah diingat, apalagi kamu pengen membuat sebuah usaha di Internet atau ingin membuat sebuah website. Nah, nama domain yang tepat dan bagus tentunya akan membuat brand kamu cukup meyakinkan.

Dengan cara memilih nama domain yang tepat tentunya akan membuat identitas yang ingin kamu bangun di internet akan menjadi lebih baik.

Tips Memilih Nama Domain Yang Tepat Untuk Website Kamu

Di bawah ini adalah artikel tips memilih nama domain yang tepat untuk website kamu sehingga usaha atau brand yang akan kamu bangun di Internet akan lebih baik dan tepat.

Gunakan Nama Domain Yang Mudah Diingat

Pemilihan nama yang mudah diingat tentunya terkait dengan identitas yang nantinya akan kamu pakai. Alangkah baiknya kamu memilih nama atau identitas itu dibarengi dengan memilih kata yang tepat untuk sosmed, website dan hal lain yang berhubungan dengan Digital.

Jadi saat kamu akan membeli nama domain di perusahaan penjual domain, kamu akan dengan mudah menemukan nama yang sesuai dengan brand identity kamu. Jadi pastikan dulu, nama brand kamu itu mudah diingat dan gampang orang mengingatnya. Jangan asal pakai nama ya.

Gunakan Kata Kunci yang Tepat Untuk Domain

Dalam kata kunci ini agak sedikit tricky sebenarnya, namun buat kamu yang akan membeli domain kata kunci yang tepat juga nantinya pencarian di mesin pencarian akan lebih mudah.

Baca Juga:  10 Rekomendasi Tema Blog Agar Banyak Pengunjung

Jika kamu akan membuka toko online, nah, pastikan namanya juga ada unsur online-nya. Contoh: tokobajuonline, atau kamu berjualan properti, maka kamu bisa memilih nama dengan kata kunci properti juga. Contoh: MasjunProperti dan seterusnya.

Dengan kata kunci yang tepat, website kamu akan lebih mudah dalam pencarian di mesin pencarian dan mempunayai SEO yang bagus sehingga tips memilih nama domain buat kamu akan lebih tepat.

Tambahkan Atribut Lain Pada Domain

Penambahan atribut lain seperti lokasi dan atribut lain ini juga tak kalah penting saat kamu mencari nama domain yang cocok untuk indentitas kamu di Internet. Karena saat mencari nama itu di mesin pencarian, orang juga akan mengetik atribut lain tersebut di mesin pencarian.

Contoh: TokoBajuOnlineMurah , MasJunPropertiSolo

Pilih Nama Domain yang Pendek dan Singkat

Nah, kamu juga pasti akan memilih nama domain, ini juga penting sih, karena berhubungan dengan branding kamu nanti di digital.

Jika nama domain kamu terlalu panjang maka nantinya orang juga akan salah dalam mengetik dan saat kamu ingin membuat kartu nama juga karakternya akan terlalu panjang sehingga kurang enak untuk dilihat dan pengguna juga akan terlalu lama mengetiknya. Jadi yang simple-simple saja.

Pilih Ekstensi yang Tepat untuk Domain Kamu

Pemilihan ekstensi ini juga salah satu hal yang perlu kamu pikirkan dalam pemilihan nama domain. Ekstensi domain adalah susunan huruf yang ada di belakang nama domain kamu. Misalnya .com .net .online .id dlsb.

Tiap ekstensi memiki makna yang cukup berarti dalam dunia internet. Misal kamu ingin membuat web perusahaan alangkah baiknya kamu memilih ekstensi .com , .net atau .id sebagai nama domainmu. Akan aneh jika web perusahaan kamu yang gak ada hubungan dengan jual beli online, kamu malah membeli nama dengan ekstensi unsur .store atau .online

Baca Juga:  Manfaat Sosial Media Marketing Untuk UMKM

Dengan memilih susunan yang tepat tentunya target dari market kamu juga akan lebih tepat pastinya. Jangan sampai dengan ekstensi yang kurang tepat atau hanya karena namanya yang lain sudah dipakai malah kamu asal beli domain yang efeknya malah usaha atau brand identity kamu malah tidak sampai pada sasaran calon pengunjung/kustomer dari usaha kamu.

Oh ya! Jangan lupa, gunakan ekstensi yang populer ya, beberapa nama ekstensi yang tidak populer seperti .XYZ itu sering digunakan spammer , sehingga mesin pencarian juga sudah ‘memblacklist’ domain dengan ekstensi seperti itu. Contoh ekstensi domain yang populer adalah: .Com .Net .ID .Info .Me .OrgĀ 

Cek Ketersediaan Nama Domain

Setelah semua hal kamu lakukan di atas, maka langkah selanjutnya adalah cek ketersediaan nama domain yang ada. Banyak cara jika kamu ingin mengecek ketersediaan nama domain ada dengan domain generator atau kamu bisa beli di perusahaan penjual domain murah yang terpercaya seperti Rumah Web dan lain-lainnya.

Oke, sekian dulu artikel tentang tips memilih nama domain yang tepat untuk kamu. Semoga dengan tips dari artikel di atas kamu bisa menemukan nama domain yang tepat untuk kamu, ya!

Leave a Reply