Blog Digital Marketing

DIGITAL MARKETING

Tren Digital Marketing Terbaru Yang Harus Kamu Ketahui

tren digital marketing

Tren digital marketing sekarang sudah beralih, buat kamu yang sedang menjadi digital marketers kamu harus mengetahui tren yang ada. Tentunya kamu harus update terkait tren digital marketing sedang berkembang.

Berikut tren digital marketing yang bisa kamu gunakan untuk mengembangkan bisnis kamu selaku digital marketer.

Tren Digital Marketing Terkini

Ada beberapa update terkini tentang tren digital marketing terbaru. Tentu update ini harus kamu segera kuasai sebagai digital marketers.

Berikut tren digital marketing terkini:

Konten Video

Konten video memang sekarang jadi hal yang setidaknya harus dijalankan dalam sebuah project digital marketing. Di mana pengguna sosial media sekarang sudah mulai beralih dalam menyampaikan sebuah konten dalam bentuk video.

YouTube sebagai platform video dengan pengguna lebih dari 1 milyar pengguna aktif tentunya jadi platform pilihan jika memang kamu ingin menggunakan konten video dalam campaign digitalmu.

Tidak hanya YouTube, Instagram, Facebook bahkan TikTok-pun sudah jadi platform yang seorang konten kreator jadi lebih memikirkan konten selain konten design atau gambar saja.

Chatbot

Hampir semua platform digital bisa dibilang hampir menggunakan fitur chatbot sebagai sarana berhubungan dengan konsumen. Memang chatbot akan menghilangkan unsur ‘manusia’ dalam berhubungan dengan kustomer.

Namun dalam chatbot kamu bisa mengembangkan arah AI dan ML(Machine Learning) lebih baik. Di mana AI dan ML akan lebih mengedepankan pengumpulan data yang lebih tepat.

Influencer akan lebih spesifik

Dalam project digital marketing, seorang influencer memang menjadi salah satu peranan penting untuk suksesnya sebuah campaign. Namun tren saat ini adalah influencer akan menjadi lebih spesifik dan lebih kecil ruang lingkupnya.

Baca Juga:  Manfaat dan Strategi Digital Marketing Untuk UMKM

Jaman dulu jika ada digital activations agency akan memilih influencer dengan jumlah followers yang banyak sebagai sarana promo penyebaran konten. Namun kali ini tren digital marketing semuanya berubah.

Tren yang ada sekarang adalah menggunakan micro influencer sebagai sarana promo. Apa itu micro influencer? Micro Influencer adalah influencer dengan followers tidak begitu banyak namun aktif penggunanya.

Tentu micro influencer ini secara bisnis digital agency akan menjadi lebih ‘murah’ dibandingkan dengan macro influencer.

Dengan biaya yang bisa ditekan lebih tinggi maka enggagement dan impresi yang didapat akan lebih tinggi dan organik dibanding membayar influencer dengan banyak followers tetapi tidak berpengaruh terhadap penjualan atau enggagement dari brand kamu.

User Generated Content

User generate content atau konten dari pengguna adalah cara strategi digital marketing yang terbaru. Memang sebuah portal digital tampak ‘malas’ untuk membuat konten. Namun sekarang polanya sudah berubah.

Di mana pembuat konten akan membuat sebuah tempat agar para penggunanya lebih bebas berkreasi lebih di dalam platform yang dibuat. Tentu dengan batasan batasan yang pembuatnya berikan.

Menggunakan Mesin Cerdas

Machine learning atau Mesin cerdas serta kecerdasan buatan saat ini sudah menjadi hal yang lumrah dalam bisnis digital marketing. Karena dalam mesin cerdas kita bisa mendapatkan banyak insight terhadap konten yang pengguna gunakan atau cari.

Selaku pebisnis online, penggunaan mesin cerdas adalah cara terbaik untuk mengirit SDM yang ada. Karena SDM yang ada di dalam akan lebih spesifik terhadap pengembangan yang lain dan biaya SDM akan lebih bisa dialokasikan ke produk yang lainnya.

Memang secara waktu dan biaya untuk mengembangkan Machine Learning atau AI ini butuh biaya dan riset yang cukup besar, namun untuk kebutuhan di masa depan bahwa Machine Learning dan AI ini jadi hal yang penting, gak ada salahnya jika menggunakan cara pengembangan ini jadi pilihan yang bisa dijalankan sekarang.

Baca Juga:  Meningkatkan Pendapatan Google Adsense lewat nge-Blog

Kesimpulan

Kesimpulan dari artikel di atas bahwa tren digital marketing di masa depan adalah cara mengoptimalkan sebuah konten dan platform yang tepat sehingga campaign dari project digital marketing lebih optimal terkait teknologi dan biayanya.

So, kamu yang lagi ingin mengembangkan project digital marketing, sudah siap dengan tren terkini belum?

Leave a Reply