Blog Digital Marketing

DIGITAL MARKETING

WordPress vs Blogspot: Mana Yang Terbaik Untuk Ngeblog?

Perbedaan WordPress dan Blogspot

WordPress vs Blogspot selalu jadi hal yang diperdebatkan antara para blogger. Di mana kedua platfrom untuk ngeblog ini masih jadi platform yang populer di antara para blogger di dunia.

Postingan kali ini saya akan membahas WordPress vs Blogspot untuk blogger pemula, sehingga kamu yang akan ngeblog atau buat website akan mengetahui mana yang tepat untuk kamu.

Saya sendiri tidak akan membahas terlalu dalam mengenai perbedaan WordPress vs Blogspot.

Karena saya sendiri membuat postingan ini menggunakan WordPress, meski saya sendiri mempunyai blog dalam format Blogspot cuman memang saya lebih sering membuat konten di WordPress.

Biar objective saja, saya akan memberikan sedikit perbedaan antara WordPress vs Blogspot sehingga nanti kalau kamu bingung mau ngeblog menggunakan apa, kamu akan tau platform blogging yang pas buat kamu.

Perbedaan WordPress dan Blogspot

Ada beberapa perbedaan WordPress dan Blogspot yang perlu kamu tahu. Berikut perbedaannya:

WordPress

Apa itu WordPress? WordPress adalah aplikasi open source yang  populer digunakan sebagai mesin blog. WordPress dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dan basis data MySQL. PHP dan MySQL.

Perbedaan WordPress.org dan WordPress.com

Di dalam WordPress sendiri sebenarnya ada dua jenis. Ada WordPress.org dan WordPress.com. Perbedaannya adalah sebagai berikut:

WordPress.org: adalah Self-hosted WordPress, di mana kamu menggunakan CMS dari WordPress yang nantinya kamu install WordPress kamu ke server kamu sendiri.

WordPress.com: sendiri adalah Hosted WordPress. Di mana kamu hanya ‘numpang’ nama dan menggunaan .wordpress.com sebagai blog kamu.

Kelebihan WordPress

Nah, saatnya membahas tentang apa saja kelebihan dari WordPress. Berikut kelebihan WordPress:

  • Gratis: WordPress sendiri adalah platform yang menggratiskan penggunanya untuk mendownload software mereka.
  • Sangat Mudah Digunakan:¬†Ini juga jadi kelebihan dari WordPress, user mudah menggunakan WordPress karena navigasi yang ada di dalam dashboard-nya sangat mudah digukanan
  • SEO yang mudah: SEO adalah tujuan dari orang yang ingin membuat website. Di dalam WordPress sendiri banyak plugin rekomendasi SEO serta mudah dalam penggunaannya.
  • Plugin Banyak Tersedia: Di dalam WordPress jika kamu ingin memaksimalkan web, di WordPress banyak sekali rekomendasi plugin WordPress yang bisa kamu gunakan.
  • Theme banyak tersedia: Tema atau Theme di WordPress sendiri bisa dibilang cukup banyak variannya. Banyak rekomendasi theme WordPress baik itu gratisan atau theme yang berbayar yang sesuai dengan kebutuhan kamu.
  • Komunitas yang besar: WordPress bisa dibilang memiliki banyak komunitas. Tentunya bisa dilihat dari banyaknya pengguna dan plugin atau theme yang komunitas atau orang berikan. Jadi gak bakal ada masalah jika nanti menemukan masalah di web WordPress kamu.
Baca Juga:  Cara Mendapatkan Uang Dari Blog Untuk Pemula

Kekurangan WordPress

Setelah ada kelebihan, berikut kekurangan WordPress menurut saya:

  • Biaya yang besar: Jika kamu menggunakan platform WordPress yang Self-Hosted, di sini kamu juga harus mempersiapkan biaya untuk membeli service dari provider hosting.
  • Keamanan: Kalau ngomongin keamanan ini balik lagi ke personal, ini tentang bagaimana kamu menempatkan WordPress kamu. Jika kamu di Self-Hosted WordPress, maka kamu harus ekstra waspada jika mau install sesuatu. Perlu diingat, JANGAN PERNAH menginstall hal yang berbayar tapi kamu dapat gratis atau harga murah. Bisa jadi nanti ada script2 nakal dari orang yang kamu beli jasanya itu.
  • Agak Ribet: Agak ribet ini yang saya maksud, jika kamu mengisntall Theme atau Plugin, akan banyak hal yang perlu kamu ketahui buat para blogger pemula. Jadi sering terjadi masalah saat kamu salah dalam instalasinya.

Blogspot

Blogspot atau Blogger adalah platform blogging buatan Google. Di mana sudah menjadi satu dengan layanan saat membuat email. Seperti halnya WordPress, Blogspot ini juga jadi sebuah platform blogging yang bisa dibilang populer untuk pembuatan website atau blog.

Kelebihan Blogspot

Berikut kelebihan dari Blogspot yang perlu kamu ketahui:

  • Keamanan: Seperti diketahui bahwa blogspot adalah platform buatan Google, di mana secara keamanan ya tentunya web atau blog yang ‘ikut’ ke Blogspot akan lebih aman dibandingkan dengan WordPress.
  • Mudah Monetasi: Ini juga jadi kelebihan di Blogspot. Sebagai platform kepunyaan yang punya Google Adsense, tentunya Blogspot akan mendapatkan kelebihan ini. Baik itu dengan menggunakan nama domain yang ikut ke blogpost atau hosted blog di blogspot.
  • Gratis: Platform blogspot ini gratis digunakan, tentunya saat kamu membuat akun Gmail, sebenarnya kamu sudah bisa menggunakan platform Blogspot.
  • Kepunyaan Google: Nah, siapa yang tidak tau nama Google, kepunyaan Google ini juga jadi sebuah kelebihan dari platftom Blogspot. Di mana kamu bisa mendapatkan kelebihan dari pencarian.
Baca Juga:  Strategi Pemasaran Online Paling Efektif Untuk Pemula

Kekurangan Blogspot

Jika ada kelebihan, tentunya ada kekurangan. Berikut kekurangan dari Blogspot.

  • Aturan Ketat: Di sini perlu diketahui bahwa Google memberikan aturan yang teramat ketat terhadap konten yang kamu buat. Kamu tidak bisa sembarangan untuk membuat konten. Jika kamu melanggar aturan dari Google maka monetasi kamu akan dihilangkan atau bahkan sampai blog kamu dihapus oleh Google.
  • Theme dan Plugin sedikit: Ini juga jadi kekurangan dalam Blogspot. Agak susah untuk mencari Theme dan Plugin yang ssuai dengan keinginan kamu. Di mana memang saat ini Blogspot juga bisa dibilang tidak sebanyak penggunanya seperti WordPress. Meski ada beberapa user yang ‘fanatik’ dengan Blogspot dan menjual Theme yang user inginkan.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas bisa ditarik kesimpulan bahwa cukup banyak mengenai perbedaan WordPress vs Blogspot. Nah, sekarang tinggal kamu ingin membuat blog atau web menggunakan platform yang mana.

Ada kekurangan dan kelebihan antara Blogspot dan WordPress, tapi itu semua kembali ke pengguna. Tentunya dengan resiko yang ada. Ada perbedaan lagi? Coba post di kolom komentar ya!

Leave a Reply