Jalan-Jalan Ke Batu Malang Jawa Timur

Keinginan untuk jalan-jalan berdua sudah lama sekali saya dan istri saya rencanakan, tapi apa daya, rejeki belum memihak kepada kami berdua. Ada banyak hal-hal yang perlu diselesaikan terlebih dulu dan ada kebutuhan yang lebih penting.

Akhirnya setelah beberapa urusan sudah diselesaikan dan beberapa tagihan sudah dibayar dan beberapa hutang juga sudah dicicil(#surhat), maka ide jalan-jalan(honeymoon yang tertunda) setelah menunggu 1 tahun serta bertepatan dengan Rabiversary 1 tahun pernikahan kami.

Setelah memilih dan memilah beberapa tempat untuk merayakan perjalanan baru ini, maka dipilihlah kota Batu, Malang Jawa Timur untuk merenungi sambil intropeksi diri selama perjalanan baru yang berumur 1 tahun ini.

PERJALANAN

Perjalanan kami lakukan dari kota tempat saya dan istri saya tinggal, yaitu dari Semarang. Dari Semarang ke Batu Malang kami melakukan perjalanan darat menggunakan kendaraan pribadi cicilan kami. Perjalanan dimulai pukul 21:00 WIB, perjalanan menempuh jarak kurang lebih 300 KM dari kota Semarang dilakukan.

Dari Semarang kami melewati via Magetan, kenapa kok malah via Magetan, ya karena pengen suasana beda, padahal ya perjalanan gelap sekali. Setibanya ke kaki Gunung Lawu kira-kira pukul 00:30 WIB kami putuskan untuk berhenti istirahat, karena kabut yang tiba-tiba turun dan jarak pandang cukup pendek. Suhu saat itu 15┬░C, cukup membuat menggigil. Turun dari kendaraan, berhenti untuk istirahat sekalian mendinginkan mesin kendaraan kami.

Setelah menikmati mie rebus dan kopi panas, kami lanjutkan perjalanan via Magetan. Beugh! Perjalanan yang cukup bikin deg-deg-an, bukan karena kendaraan yang kami kendarai ada masalah, tetapi kami menuju kota Magetan via Sarangan melewati hutan yang gelap sekali. Bayangkan, jam 1:30 kamu melewati hutan yang kabut tipis tipis turun, jadi kendaraan juga pelan-pelan. Deg-degan juga kalau nanti kendaraan ada masalah di tengah jalan, mana partner saya(istri) juga gak tau mesin, wis.. pokok’e deg-degan seru! hahaha.

Setibanya sampai kota Magetan, kami menuju Madiun, sampai Madiun berhenti sejenak di minimarket, kencing, udut dan mimik kopi botolan. Setelah nylonjorin kaki, saya lanjut lagi ke kota tujuan Batu Malang. Melanjutkan perjalanan dari Madiun meluncur via Nganjuk – Pare – dan akhirnya tiba di Kota Batu Malang jam 7 pagi.

TIBA DI BATU MALANG

Kami akhirnya tiba di kota Batu, perjalanan yang seharusnya kami lalui menurut google map 8 jam, tapi kami jalanin selama 10 jam. Ya, karena selama perjalanan saya berhenti di beberapa kota untuk nylonjorke kaki, karena co-pilot(istri) tidak bisa nyetir ­čśÉ

Kami tiba di Lumbung Boutique Hotel Batu Malang pukul 7 pagi. Terlalu cepat untuk check in. Check in yang biasanya dilakuin jam 2 siang, terpaksa kami meminta untuk check in lebih awal, ya karena kami sudah capek. Bayangke, belum istirahat setelah perjalanan jauh disuruh nunggu, ya males.

Kami akhirnya diberikan alternatif oleh pegawai Lumbung Boutique Hotel, yaitu upgrade kelas, tapi harus nambah biaya. Ya wis, gakpapa wis, saya tambah, pengen segera nylonjorin kaki dan rebahan di kasur. Akhirnya dengan saran dari pegawai saya upgrade room.

Nah! ternyata rekomendasi dari pegawai tersebut  TIDAK MENGECEWAKAN SAMA SEKALI! Kami diberikan upgrade dari pemesanan kamar hotel ke cottage. Akhirnya dengan penambahan biaya yang tidak begitu banyak, kami mendapatkan bonus yang well sekali. Yaitu tempat menginap selama 3 hari 2 malam yang sungguh bagussssss. Tulisan tentang Pengalaman Kampung Lumbung Boutique Hotel ada di sini.

Setelah menurunkan barang bawaan dari kendaraan kamipun masih terkagum-kagum dengan upgrade tempatnya, saya dan istri berkali-kali bilang wow dengan tempat yang kami dapatkan. Ya, gimana gak wow, kami dapat pemandangan yang bagus(menurut kami), ruangan yang luas, interior yang serba kayu yang sungguh keren. Wis, jos lah(cek di postingan ini)

JALAN JALAN DI KOTA BATU

Akhirnya setelah cukup istirahat setelah menempuh perjalanan panjang, pada malam pertama tiba di sini, akhirnya kami jalan-jalan, ya kemana? ke alun-alun lah. Tujuan ke sini awalnya pengen ngincip snack yang terkenal di sini, yaitu Pos Ketan Legenda.

Setibanya di Alun-Alun kota Batu, saya kaget, ini adalah kunjungan ke 2 saya ke kota ini, terakhir berkunjung ke sini hampir 8 tahun yang lalu. Banyak perubahan terjadi, alun-alunnya ruame pol! Perasaan saya dulu datang ke sini gak serame ini. Hahaha. Jos!

Setelah bingung cari parkiran karena bertepatan dengan malam minggu, kami meluncur menuju lokasi Pos Ketan Legenda tersebut. Kami datang di waktu yang tepat, karena antrian tidak begitu panjang dan tempat duduk masih tersedia. Misal kami datang agak terlambat 10 menit saja, antriannya sudah mengular dan bakal nungguin tempat duduk untuk makan di sini.

Setelah terpuaskan makan Ketan Legendaris itu, saya kembali lagi ke penginapan untuk istirahat lagi, meski sebenarnya masih pengen jalan-jalan, tapi kami masih kurang istirahat. Daripada ambruk sakit malah gak jadi jalan-jalan, ya wis, balik ae wis.

Pada hari ke-2, kami melanjutkan macak turis ke kota yang cukup dingin saat malam hari ini. Gerrr.. Adem beroooo. Hahaha. Kami menuju Museum Angkut Batu Malang. Saat itu kami tiba juga passs banget, gak terlalu siang, tiba jam 12 siang, jadi antritan di loket Museum Angkut tidak padat sama sekali.

Masuklah kami ke Museum Angkut, ya, saya kagum lah dengan museum ini, kendaraan lawas dari berbagai negara dan jaman tersedia di sini. Dari kendaraan dari luar negeri sampai kendaraan mantan Presiden Soekarno ada. Rekomendet buat yang mau jalan-jalan tambah ilmu di Museum Angkut ini.

Sebenarnya saya ingin ke Batu Secret Zoo, tapi kami sudah terlalu sore, takutnya malah sampai sana tidak bisa menikmati suasana dengan santai, malah buru-buru, ya wis, kami balik saja ke penginapan untuk istirahat karena esok kudu pulang kembali ke Semarang.

PULANG

Setelah kami melewati jarak yang cukup jauh dan menantang. Hahaha. Kami sangat puas dengan perjalan ini. Penginapan yang baik dan menyenangkan. Capek, seru, dan menyenangkan. Batu Malang adalah tempat yang akan kami kunjungi lagi nanti.

Mas Jun

Working In Silence & Move When The Time Is Right. | Live Slow, Die Whenever. | A Motorcycle & A Mission | Lucky Bastard | Drink Too Much Coffee | me@masjun.com