Blog Digital Marketing

DIGITAL

Yang Perlu Disiapkan Sebelum Membuat Blog

membuat blog

Dunia blogging bisa dibilang agak tertinggal, tapi buat beberapa orang nge-blog juga masih jadi hal yang bisa jadi tempat mengekspresikan diri lewat curhat lewat tulisan dan juga bisa mendapatkan uang dari blog.

Buat kamu yang baru ada keinginan untuk ngeblog, ada beberapa step atau cara yang perlu kamu persiapkan sebelum kamu membuat blog. Tentunya dengan cara yang sederhana dan singkat.

Hal yang perlu dipersiapkan sebelum membuat blog

Ada  hal yang perlu kamu persiapkan sebelum kamu memulai membuat blog untuk pemula. Hal tersebut adalah:

Tentukan Domain Yang Baik

Dalam membuat blog, domain adalah langkah pertama sebelum memulai membuat blog. Nama domain yang tepat akan mempengaruhi pencarian di mesin pencari.

Jika nama blog kamu kurang bagus dan terlalu ‘ribet’ maka orang juga akan susah untuk mencari nama blog kamu di pencarian. Jadi pastikan kamu sabar saat akan memilih nama domain yang bagus untuk blog website kamu.

Tentukan Platform Blog

Setelah mendapatkan nama domain yang bagus, tentunya kamu harus memilih plaftorm yang sesuai dengan keinginanmu. Ada 2 macam platform blog yang cukup populer saat ini.

WordPressBlog atau Blogspot Blog. Di situ kamu bisa menemukan berbedaan antara kedua platform tersebut. Berhubung saya ini menggunakan WordPress, jadi saya akan merekomendasikan kamu ke WordPress. Namun jika pengen menggunakan Blogspot, tidak ada masalah juga. Blogspot ini juga cukup oke kok.

Pilih Hosted atau Self-Hosted

Jika sudah menentukan nama domain yang tepat dan platform mana yang kamu inginkan, saatnya kamu menentukan apakah domainmu akan ‘dirumahkan’ dengan cara apa. Ada 2 cara untuk ‘merumahkan’ domain kamu.

Baca Juga:  Pengalaman Belanja di AliExpress Bayar via Alfamart Ternyata Gampang!

Kamu bisa memilih hosted atau self-hosted web blog kamu. Kalau kamu masih pemula dan belum ada biaya, hosted web blog bisa jadi alternatif, tapi jika kamu serius dalam ngeblog kamu bisa memilik Self-hosted.

Tentukan Niche atau Tema dari Blog

Niche atau tema dari blog adalah salah satu hal yang wajib kamu tentukan sebelum kamu membuat blog. Karena dari niche atau tema yang akan kamu buat di blog kamu, kamu akan bisa menulis konten dan mendatangkan visitor ke blog kamu.

Dan pastikan, tema yang kamu pilih adalah tema yang kamu kuasai ya. Jangan sampai malah kamu tidak menguasai tema atau niche dari blog yang mau kamu buat, akhirnya malah blog kamu tidak keurus.

Ada banyak niche atau tema untuk ngeblog. Kamu bisa memilih web review game atau tekno, atau kamu bisa memilih web untuk review masakan, atau buku dlsb.

Waktu, Tenaga dan Biaya

Nah, ini yang jadi hal yang penting sebelum kamu membuat blog. Waktu ini adalah di mana kamu diharuskan terus mengupdate konten di blog kamu, di mana menulis blog itu gak secepat itu. Jadi kudu mikir juga.

Tenaga juga diperlukan lho, selain waktu. Di mana tenaga membuat konten 1 hari dan konsisten itu susah. Banyak kesalahan dari blogger pemula yang sering lupa mengatur waktu dan tenaga dalam hal ini adalah konsisten membuat konten. Sehingga blog malah tidak keurus.

Biaya di sini adalah jika kamu membeli domain sendiri dan self-hosting web blog kamu. Tentunya jika kamu ‘serius’ dalam hal ini, kamu harus menyediakan biaya untuk membayar server dan domain untuk blog kamu.

Baca Juga:  Manfaat Memiliki Website Untuk Usaha dan Bisnis, Penting Gak Sih?

Kesimpulan

Di atas adalah hal yang perlu kamu siapkan untuk memulai membuat blog. Di mana membuat blog itu juga gampang-gampang susah. Intinya dari blog yang ramai dari pengunjunga adalah konsisten. Perkara kamu mau buat pakai platform apapun, selama kamu konsisten membuat konten. Kamu akan mendapatkan kunjungan. Penting nulis terus saja. Happy Blogging ya!

 

Leave a Reply